UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 3 BENDA DI SEKITARKU SISWA KELAS III SD NEGERI 7 DEPOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING
Abstract
Latar belakang penelitian adalah adanya masalah yang dihadapi guru: (1)Rendahnya hasil belajar peserta didik dalam Tema 3 Benda di Sekitarku, (2) Peserta didik kurang aktif, (3) Nilai rata-rata kelas dalam Tema 3 Benda di Sekitarku masih rendahRumusan Permasalahannya adalah Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa Tema 3 Benda di Sekitarku Kelas III SD Negeri 7 Depok?
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran Discovery Learning Tema 3 Benda di Sekitarku yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelas III SD Negeri 7 Depok yang berjumlah 20 siswa.
Peningkatan Hasil belajar siswa Kelas III SD Negeri 7 Depok dapat dilihat dari peningkatan yang signifikan. Data yang diperoleh pada siklus I yang mencapai KKM sebanyak 55,00% dengan rata-rata 68,75, pada siklus II memperoleh ketuntasan mencapai 100% dengan rata-rata 89,50, sedangkan pada siklus III memperoleh ketuntasan maksimal mencapai 100% dengan rata-rata 96,25.
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatan hasil belajar siswa Tema 3 Benda di Sekitarku Kelas III SD Negeri 7 Depok.
Kata kunci : Peserta Didik, Model Pembelajaran Discovery Learning, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/ltr.v32i2.7327
DOI (PDF): https://doi.org/10.26877/jml.v32i2.7327.g3625
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JML (Jurnal Majalah Lontar) Indexed by:
________________________________________________________________
Copyright of JML (Jurnal Majalah Lontar) ISSN 0853-0041 (Print), ISSN 2654-458X (Online)
Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang
Dr. Jafar Sodiq, S.Pd., M.Pd.
Phone. +62 812 2905 0000
Email: [email protected]