Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Tema 4 Sub Tema 2 Melalui Media Audio Visual Pada Peserta Didik Kelas V Di SD Negeri Sidasari 01 Kecamatan Cipari
Abstract
Penelitian berjudul Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Tema 4 Sub Tema 2 Melalui Media Audio Visual pada Peserta Didik Kelas V di SDN Sidasari 01 Kec. Cipari .Dengan subyek penelitian berjumlah 30 anak terdiri dari 17 laki laki dan 13 perempuan.Penelitian ini dilakukan karena prestasi belajar siswa rendah pada kondisi prasiklus dengan nilai rata rata 50 %.Penelitian ini dilaksanakan dua siklus ,tiap tiap siklus menggunakan menggunakan model pembelajaran Saintific.Pengumpulan data dilakukan melalui angket,tes,dan observasi .Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika 85 % dari siswa tuntas belajar serta menunjukan keaktifan.Hasil penelitian menunjukan peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa dari siklus 1 dan siklus II yaitu pada siklus I mencapai skor 60 % masuk pada kategori baik meningkat menjadi 85 % masuk pada kategori sangat baik pada siklus II.Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan.Hasil prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan.Hasil prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai rata-rata 60 % dan meningkat pada siklus II menjadi 85.Dari hasil penelitian ketuntasan belajar mengalami peningkatan pada siklus I (10 %) dan pada siklus II ( 100%),terjadi peningkatan ketuntasan belajar sebesar(25%).Penerapan model pembelajaran Saintific dapat meningkatkan aktifitas dan prestasi belajar siswa.
Kata kunci :,Saintific,motivasi, hasil belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/ltr.v32i2.7352
DOI (PDF): https://doi.org/10.26877/jml.v32i2.7352.g3623
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JML (Jurnal Majalah Lontar) Indexed by:
________________________________________________________________
Copyright of JML (Jurnal Majalah Lontar) ISSN 0853-0041 (Print), ISSN 2654-458X (Online)
Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang
Dr. Jafar Sodiq, S.Pd., M.Pd.
Phone. +62 812 2905 0000
Email: [email protected]