Keefektifan Metode Mind Map Berbantu Media Konkret Pada Hasil Belajar Matematika Bangun Ruang Kelas VI SD Islam Diponegoro Mranggen

jihan Mitha Rohma

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika dan motivasi belajar siswa yang kurang aktif. Hal tersebut disebabkan kurangnya pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh metode Mind Map berbantu Media Konkret terhadap hasil belajar Matematika kelas VI materi bangun ruang di SD Islam Diponegoro Kecamatan Mranggen Tahun Pelajaran 2019/2020.  Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dalam bentuk True Eksperimental Design dengan desain Non-equivalent Control group Design. Desain ini menggunakan 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VI SD Islam Diponegoro Kecamatan Mranggen Tahun pelajaran 2019/2020. Sampel yang diambil adalah 30 siswa yang terdiri dari 15 siswa kelompok eksperimen dan 15 siswa kelompok kontrol. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, dokumentasi, dan observasi. Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil pretest antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikansi antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Rata-rata hasil belajar kelompok kontrol dari 51,07 menjadi 67,97. Hal tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai saat pembelajaran menggunakan metode konvensional dilakukan. Pada kelompok eksperimen, rata-rata hasil belajar siswa sebesar 51,08 menjadi 77,3. Hal tersebut menunjukkan bahwa saat kelas diberi perlakuan menggunakan metode Mind Map berbantu media konkret mendapatkan nilai rata-rata lebih tinggi daripada sebelum diberi perlakuan. Adapun selisih antara hasil posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yaitu 9,33. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar materi bangun ruang pada siswa kelas VI antara kelompok eksperimen yang diberikan treatment atau perlakuan menggunakan metode Mind Map berbantu media konkret sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan treatment (menggunakan metode konvensional). Kesimpulannya bahwa Metode pembelajaran Mind Map berbantu Media Konkret efektif terhadap hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci: Keefektifan, Mind Map, Media Konkret


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/ltr.v33i1.7535

DOI (PDF): https://doi.org/10.26877/jml.v33i1.7535.g3879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JML (Jurnal Majalah Lontar) Indexed by:

     

________________________________________________________________

Copyright of JML (Jurnal Majalah Lontar) ISSN 0853-0041 (Print), ISSN 2654-458X (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang

Dr. Jafar Sodiq, S.Pd., M.Pd.
Phone. +62 812 2905 0000
Email: [email protected]