Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru SD Negeri Gebangsari 01 Kota Semarang
Abstract
Tugas pokok guru adalah merencanakan pembelajaran, menyajikan program pembelajaran, mengevaluasi program pembelajaran, menganalisis hasil evaluasi, mengadakan perbaikan dan pengayaan serta bimbingan dan penyuluhan. Masalah yang muncul di SD Negeri Gebangsari 01 Semarang belum mampu melaksanakan tugas pokok tersebut dengan baik. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa nilai tertinggi 70, terendah 40 dengan rata rata 51,22, Nilai kurang 15 orang (88,2%) nilai cukup 1 orang (5,8%), dan nilai baik 1 orang (5,8%). Maka diadakan penelitiaan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas dengan subjeknya guru-guru di SD Negeri Gebangsari 01 Semarang yang berjumlah 17 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kunjungan kelas, observasi, dan pertemuan individual. Berdasarkan hasil observasi, diperoleh data bahwa siklus 1 sebanyak 9 orang (52,5%) dalam kategori cukup dan 8 orang (47,5%) kategori baik. Pada siklus 2 sebanyak 4 orang (23,5%) kategori cukup, 11 orang (64,7%) kategori baik, dan 2 orang (11,7%) baik sekali. Rerata nilai guru dalam pembelajaran kondisi awal 51,22, naik menjadi 68,8 di siklus I, naik lagi menjadi 79,0 di siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa supervise akademik dapat meningkatkan kemampuan guru dalam pembelajaran.
Kata Kunci: supervisi akademik, pembelajaran, guru
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/ltr.v33i1.7810
DOI (PDF): https://doi.org/10.26877/jml.v33i1.7810.g3883
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JML (Jurnal Majalah Lontar) Indexed by:
________________________________________________________________
Copyright of JML (Jurnal Majalah Lontar) ISSN 0853-0041 (Print), ISSN 2654-458X (Online)
Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang
Dr. Jafar Sodiq, S.Pd., M.Pd.
Phone. +62 812 2905 0000
Email: [email protected]