Penerapan teori Bruner dalam pembelajaran menentukan gradien garis lurus berbantuan PhET simulation
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Atiaturrahmaniah, dkk., (2017). Pengembangan Pendidikan Matematika SD. Lombok Timur: Universitas Hamzanwadi Press.
Deliana, T. (2019). Penerapan Model Discovery Learning Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII A SMP Negeri 2 Rengat Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 3(10), 1331-1343. Diakses dari https://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/download/631/413
Ifan, A. (2018). Efektivitas Pembelajaran Kerucut Berbasis Teori Bruner. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 106-124. Diakses dari https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/alkhawarizmi/article/download/4501/2956
Muzana, S. R., Lubis, S. P. W., & Wirda. (2021). Penggunaan Simulasi PhET terhadap Efektivitas Belajar IPA. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(1), 227-236. Diakses dari http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi/article/download/1587/815
Nuharini, D. & Wahyuni, T. (2008). Matematika Konsep dan Aplikasinya untuk SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Nurjan, S. (2016). Psikologi Belajar. Ponorogo: CV. Wade Group.
Prawiyogy, A. G. (2017). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa SD. Jurnal Sekolah Dasar, 2(1), 1-9. Diakses dari https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/PGSD/article/view/197/175
Putra, A. P. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sifat-sifat Gradien Bab Persamaan Garis Lurus pada Siswa SMP PGRI Arjosari Kabupaten Pacitan. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 44-67. Diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/269963-analisis-kesulitan-siswa-dalam-penyelesa-e38db882.pdf
Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamal. (2020). PhET: Simulasi Interaktif dalam Proses Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 10-14. doi:10.29303/jipp.v5i1.103.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematika dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), 58-67. Diakses dari https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/117/94
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sundari & Fauziati, E. (2021). Implikasi Teori Belajar Bruner dalam Model Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Papeda, 3(2), 128-136. Diakses dari https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/download/1206/677/
Sylviani, S., Permana, F. C., & Utomo, R. G. (2020). PhET Simulation sebagai Alat Bantu Siswa Sekolah Dasar dalam Proses Belajar Mengajar Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(1), 1-10. doi:https://doi.org/10.17509/edsence.v2i1.25184
Umam, K., Suryawati, S., & Septiana, E. (2017). Identifikasi Kesulitan Siswa dalam Memahami Persamaan Garis Lurus di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Serambi Akademica, 5(2), 1-6. Diakses dari http://ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-akademika/article/view/325/300
Umam, M. K. (2020). Implementasi Teori Bruner untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas V MI Tholibin pada Operasi Hitung Bilangan Bulat. el MUBTADA: Journal Of Elementary Islamic Education, 11-24. Diakses dari https://jurnal.staiba.ac.id/index.php/el-Mubtada/article/download/011/180
Wahyusi, E. & Sinaga, B. (2021). Penerapan Teori Bruner untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII-Alrusyd di SMP Swasta Islam Terpadu Khairul Imam Medan. Jurnal Fibonaci, 2(1), 1-12. Diakses dari https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/JFi/article/download/28663/pdf
Wiradintana, R. (2018). Revolusi Kognitif Melalui Penerapan Pembelajaran Teori Bruner dalam Menyempurnakan Pendekatan Perilaku (Behavioural Approach). Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 47-51. Diakses dari https://journal.unpas.ac.id/index.php/oikos/article/download/919/543
Yayuk, E., dkk. (2018). Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Malang: Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang.
Yudha, F. (2019). Peran Pendidikan Matematika dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia Guna Membangun Masyarakat Islam Modern. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 87-94. Diakses dari http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/download/2725/2742
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v13i1.10764
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika