Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa melalui model pembelajaran kooperatif Time Token Arends
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan rasa percaya diri siswa yang dilakukan di SMA di Kota Serang. Diperkuat dari hasil studi lapangan yang menunjukkan rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa dan didukung oleh kepercayaan diri siswa yang sangat kurang. Oleh karena itu, peneliti menerapkan strategi lain dalam pembelajaran, yaitu menerapkan pembelajaran kooperatif Time Token Arends untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan rasa percaya diri siswa. Setelah dilakukan penelitian, mulai dari pengambilan sampel sampai dengan pengolahan data, dengan metode yang digunakan yaitu kuasi eksperimen cluster random sampling, yang dihasilkan berdasarkan tujuan penelitian, antara lain: 1) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif Time Token Arends lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional; 2) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif Time Token Arends pada kelompok siswa berkemampuan tinggi lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional; 3) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif Time Token Arends pada kelompok siswa berkemampuan sedang lebih baik daripada siswa mendapatkan pembelajaran konvensional;4) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif Time Token Arends pada kelompok siswa berkemampuan rendah tidak lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional; 5) peningkatan rasa percaya diri siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arends lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.
Kata kunci : Kemampuan komunikasi matematis , Percaya diri , Time Token Arends .
Full Text:
PDFReferences
Adhi, P. 2010. Meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa SMP melalui model pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write (TTW).
Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta
Anggota IKAPI. 2011. Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional). Fokusmedia: Bandung
Hake. 1999. Analizing Change/Gain Scores. USA: Indiana University
Hidayat, D. 2014. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Efficacy Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Pendekatan Scientific.
Manisha, G. 2012. A Comparative Study Of Self Confidence Of Single Child and Child with Sibling. Jurnal IJRSS. Halaman 89
Maryam, S. 2011. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi UIN
Megawati. 2010. Perbedaan Self Confidence Siswa SMP Yang Aktid Dan Tidak Aktif Dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Di SMPN 1 Perbuangan. Skripsi USU
PISA. 2012. Assessment And Analytical Framework.OECD
Riduwan. 2010. Dasar-dasar Statistika. Alfabeta: Bandung
Ruhimat,T. 2011. Kurikum dan Pembelajaran. Rajawali Pers: Jakarta
Umar,W. 2012. Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Skripsi Universitas Khairun Ternate
Utami, F. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperative Tipe TAI (Teams
Assisted Individualization) Dalam Pembelajaran IPA Materi Gaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Penembahan Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi UNY
Shadiq, F. 2004. Pemecahan Masalah, Penelaran dan Komunikasi. Yogyakarta: PPPG Matematika
Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta: Bandung
Suherman. 2003. Evaluasi Proses Dan Hasil Belajar Matematika. Universitas Terbuka: Jakarta
Wahyuni. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Arends Untuk Meningkatkan Pemahaman Tentang Globalisasi Pada Siswa Kelas IV SD Angkasa Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi Universitas Sebelas Maret.
Walpole, R. 19993. Pengantar Statistika. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
Zulaeha, R. 2008. Analisis Soal Scara Manual. Jakarta: PUSPENDIK
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika