Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa melalui model pembelajaran kooperatif Time Token Arends

sastika astridewi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan rasa percaya diri siswa yang dilakukan di SMA di Kota Serang. Diperkuat dari hasil studi lapangan yang menunjukkan rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa dan didukung oleh kepercayaan diri siswa yang sangat kurang. Oleh karena itu, peneliti menerapkan strategi lain dalam pembelajaran, yaitu menerapkan pembelajaran kooperatif Time Token Arends untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan rasa percaya diri siswa. Setelah dilakukan penelitian, mulai dari pengambilan sampel sampai dengan pengolahan data, dengan metode yang digunakan yaitu kuasi eksperimen cluster random sampling, yang dihasilkan berdasarkan tujuan penelitian, antara lain: 1) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif Time Token Arends lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional; 2) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif Time Token Arends pada kelompok siswa berkemampuan tinggi lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional; 3) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif Time Token Arends pada kelompok siswa berkemampuan sedang lebih baik daripada siswa mendapatkan pembelajaran konvensional;4) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif Time Token Arends pada kelompok siswa berkemampuan rendah tidak lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional; 5) peningkatan rasa percaya diri siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arends lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Kata kunci : Kemampuan komunikasi matematis , Percaya diri , Time Token Arends .


Full Text:

PDF

References


Adhi, P. 2010. Meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa SMP melalui model pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write (TTW).

Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta

Anggota IKAPI. 2011. Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional). Fokusmedia: Bandung

Hake. 1999. Analizing Change/Gain Scores. USA: Indiana University

Hidayat, D. 2014. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Efficacy Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Pendekatan Scientific.

Manisha, G. 2012. A Comparative Study Of Self Confidence Of Single Child and Child with Sibling. Jurnal IJRSS. Halaman 89

Maryam, S. 2011. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi UIN

Megawati. 2010. Perbedaan Self Confidence Siswa SMP Yang Aktid Dan Tidak Aktif Dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Di SMPN 1 Perbuangan. Skripsi USU

PISA. 2012. Assessment And Analytical Framework.OECD

Riduwan. 2010. Dasar-dasar Statistika. Alfabeta: Bandung

Ruhimat,T. 2011. Kurikum dan Pembelajaran. Rajawali Pers: Jakarta

Umar,W. 2012. Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Skripsi Universitas Khairun Ternate

Utami, F. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperative Tipe TAI (Teams

Assisted Individualization) Dalam Pembelajaran IPA Materi Gaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Penembahan Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi UNY

Shadiq, F. 2004. Pemecahan Masalah, Penelaran dan Komunikasi. Yogyakarta: PPPG Matematika

Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta: Bandung

Suherman. 2003. Evaluasi Proses Dan Hasil Belajar Matematika. Universitas Terbuka: Jakarta

Wahyuni. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Arends Untuk Meningkatkan Pemahaman Tentang Globalisasi Pada Siswa Kelas IV SD Angkasa Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi Universitas Sebelas Maret.

Walpole, R. 19993. Pengantar Statistika. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Zulaeha, R. 2008. Analisis Soal Scara Manual. Jakarta: PUSPENDIK


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats