Penggunaan desmos dalam pembelajaran matematika materi program linier sebagai sarana meningkatkan kemampuan siswa
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengenalkan kepada pembaca tentang apa itu Desmos, apa fungsi dari Desmos itu sendiri dan penggunaan Desmos selama pembelajaran matematika. Adapun yang menjadi latar belakang penulisan ini adalah karena di pembelajaran daring ini siswa sangat membutuhkan suatu aplikasi pembelajaran matematika yang dapat membantu belajar mereka dan di jaman teknologi yang semakin canggih ini sudah seharusnya ada aplikasi matematika yang menjadi sarana belajar untuk siswa. Bahkan Desmos ini juga dapat dijadikan sebagai sarana bagi guru dalam mengajarkan berbagai materi matematika kepada siswa. Oleh karena itu penulis ingin memperkenalkan Desmos untuk dapat digunakan dan diaplikasikan selama pembelajaran matematika.
Kata Kunci: Desmos, Pembelajaran Matematika, Program Linier
Full Text:
PDFReferences
Desmos. (2018). “Desmos | Tentang Kami.” Retrieved January 6, 2022 (https://www.desmos.com/about?lang=id).
Desmos, Aplikasi. (2020). “BLOG GURU SMP SATU ATAP: Aplikasi Desmos.” Retrieved January 5, 2022 (https://novrini-rini.blogspot.com/2020/05/aplikasi-desmos.html).
Desmos, Penggunaan. (2017). “Modul Penggunaan Desmos.”
Dwi Kristanto, Yosep. (2020). Teknologi Dalam Belajar Mengajar Matematika: Bermatematika Dahulu, Teknologi Kemudian.
Dwi Kristanto, Yosep. (2021). “Matematika Digital Dengan Menggunakan Desmos.” (3):192–99.
Faradisa, Miftah, M. Sulistio Z, Astri Ayu, Yeni. (2019). “Penggunaan Aplikasi Geogebra Pada Pembelajaran Matematika Materi Poligon Dan Sudut Sebagai Sarana Meningkatkan Kemampuan Siswa.” Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika 1(2):166. doi: 10.29300/equation.v1i2.2294.
Hasanah, H. (2022). Pengenalan Aplikasi Matematika Desmos di SMP Plus Abu Chamid. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 103-112.
Ishartono, N., Kristanto, Y. D., & Setyawan, F. (2019). “View of Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Matematika SMA Dalam Memvisualisasikan Materi Ajar Dengan Menggunakan Website DESMOS.” Retrieved January 4, 2022 (http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/332/323).
Knight Belnap, Jason, and Parrott, Amy. (2020). “Putting Technology in Its Place.” doi: 10.5951/MTLT.2019.0073.
Mushlihuddin, R., & Panjaitan, S. (2020). Effectiveness of Geogebra Learning With Scientific Approach To Vocational School of Technical Engineering 2 Binjai. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1429, No. 1, p. 012004). IOP Publishing
Rahadi, M. R., Satoto, K. I., & Windasari, I. P. (2016). “Perancangan Game Math Adventure Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android | Rahadi | Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer.” Retrieved January 4, 2022 (https://jtsiskom.undip.ac.id/article/view/12683/12302).
Setiawani, S., & Hussen, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Classflow Berbantuan Web Desmos pada Materi Penerapan Integral Tentu. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 4(1), 37-52.
Silitonga, H., & Irvan, I. (2021). Pembelajaran menyenangkan dengan aplikasi quizizz di tengah pandemi covid-19. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 2(2), 144-150.
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v13i2.11227
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika