Pengembangan pocket book math berbasis dengan pendekatan matematika realistik dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa

Surya Najma, Irvan Irvan

Abstract


Penelitian dilakukan dengan tujuan mengembangkan sebuah media pembelajaran yaitu pocket book yang berbasis pendekatan matematika realistik (PMR) materi teorema pythagoras dengan menilai tingkat kevalidan dan keefektifan ditinjau dari aspek kemampuan pemahaman matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode research and development dengan model 4-D: define, design, develop, and dessiminate. Subjek penelitian merupakan siswa di kelas VIII MTs Pondok Pesantren tahun ajar 2021/2022 dengan berjumlah 27 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu lembar penilaian pocket book yang dilakukan oleh dosen ahli media, ahli materi, teman sejawat, guru matematika, angket respon siswa, dan tes kemampuan pemahaman matematis siswa. Data tersebut dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari temuan penelitian menunjukkan kualitas kevalidan pocket book telah memenuhi kriteria valid perolehan rata-rata skor kevalidan 4,24 yang menunjukkan klasifikasi yang sangat baik. Dan tingkat keefektifan dari pocket book dilihat melalui tes kemampuan pemahaman matematis yang telah memenuhi kriteria efektif dengan ditunjukkan oleh peningkatan persentase dari ketuntasan belajar siswa yaitu pretest ke post test sebanyak 67% yang menunjukkan kategori baik serta dihitung kesignifikanannya dengan melalui uji t dengan hasil t hitung = 10,965 dan t tabel 2,056, dimana t hitung > t tabel sehingga menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikansi.

Full Text:

PDF

References


Agustina, P. A., & Handhika, J. (2019). Pengembangan MEPE KEBO (Media Pembelajaran PocketBook) Berbasis PjBL (Project Based Learning) untuk siswaSMP. SNPF (Seminar Nasional …, 244–249. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNPF/article/view/732

Armelia, D., Prihatin, I., & Susiaty, U. D. (2019). Pengembangan Media Pocket Book Berbasis Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(3). https://doi.org/10.30998/sap.v3i3.3586

Basir, M. A., Alif Hazira, K. V., & Kusmaryono, I. (2020). Pengembangan Media Islamic Math Comics Dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis Dan Karakter Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 842. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2539

DR. HJ. Binti Maunah, M. P. I. (2017). Sosiologi Pendidikan.pdf.

Friansah, D., Adha, I., & Refianti, R. (2018). Pengembangkan Pocket Book Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31539/judika.v1i1.243

Mailani, E., Sihombing, S. W., & Siregar, B. H. (2017). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp Negeri 18 Medan. 205–212. https://doi.org/10.31227/osf.io/9kmaz

Mardianto. (2018). Psikologi Pendidikan. Perdana Publishing.

Marta, R. (2018). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Sd Negeri 018 Langgini. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 7–14. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.28

Puspitasari, F. D. (2018). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN POP UP BOOK PADA MATERI TRIGONOMETRI. In Skripsi (p. 75383). Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Rahmi, F., Iltavia, I., & Zarista, R. H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Berorientasi Matematika Realistik untuk Membangun Pemahaman Relasional pada Materi Peluang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2869–2877. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.673

Rohaeti, E. E., Hendriana, H., & Sumarmo, U. (2019). Pembelajaran Inovatif Matematika Bernuansa Pendidikan Nilai dan Karakter. PT. Refika Aditama.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenadamedia Grup.

Sari, W. R. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang Di Smp Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 109. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.10407

Sukmadinata, N. S. (2017). Nana Syaodih. In Metode Penelitian Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.

Syarifudin dkk. (2018). Administrasi Pendidikan. Perdana Publishing.

Vitantri, C. A. (2020). Pengembangan Lks Untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Aljabar. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 21–32. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v7i1.733

Yanti, W., Hartono, Y., Somakin, &, Pascasarjana, M., Sriwijaya, U., Pascasarjana, D., & Sriwijaya, U. (2016). DESAIN PEMBELAJARAN PELUANG DENGAN PENDEKATAN PMRI MENGGUNAKAN KUPON UNDIAN UNTUK SISWA KELAS VII. In Jurnal Elemen (Vol. 2, Issue 1).

Yanti, W., Hartono, Y., Somakin, &, Pascasarjana, M., Sriwijaya, U. U., Pascasarjana, D., Sriwijaya, U. U., Rahmi, F., Iltavia, I., Zarista, R. H., Vitantri, C. A., Basir, M. A., Alif Hazira, K. V., Kusmaryono, I., Sari, W. R., Mahfudhah, C., Yunus, J., Ellianti, E., Friansah, D., … Refianti, R. (2020). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik pada Materi Statistika di SMAN Kota Bahagia Aceh Selatan. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 5(1), 1–11. https://doi.org/10.31539/judika.v1i1.243




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v13i3.11358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats