Analisis proses berpikir reflektif matematis peserta didik ditinjau dari tipe kepribadian guardian, artisan, rational, dan idealist

Risma Nurmalasari, Nani Ratnaningsih, Puji Lestari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan proses berpikir reflektif matematis peserta didik ditinjau dari tipe kepribadian guardian, artisan, rational dan idealist. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Instrumen utama penelitian yaitu peneliti sendiri, dengan intrumen pendukung angket the keirsey temperament sorter, soal tes berpikir reflektif, dan pedoman wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Sukahening. Subjek dalam penelitian ini yaitu 4 peserta didik kelas VII yang terdiri dari 1 subjek tipe kepribadian guardian, 1 subjek kepribadian artisan, 1 subjek kepribadian rational, dan 1 subjek kepribadian idealist. Teknik analisis data yang digunkaan dalam penelitian ini meliputi data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Penelitian dianalisis berdasarkan tahapan reacting, elaborating, dan contemplating. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peserta didik tipe kepribadian guardian dapat memenuhi indikator proses berpikir reflektif matematis pada tahap reacting, elaborating, dan contemplating. 2) Peserta didik tipe kepribadian artisan hanya memenuhi tahap reacting dan elaborating, pada tahap contemplating subjek tidak dapat memenuhi indikator memeriksa kembali jawaban, tidak dapat memperbaiki dan menjelaskan kesalahan dari jawaban yang telah dibuat, serta tidak membuat kesimpulan dengan benar. 3) Peserta didik tipe kepribadian rational dapat memenuhi indikator proses berpikir reflektif matematis pada tahap reacting, elaborating, dan contemplating. 4) Peserta didik tipe kepribadian idealist dapat memenuhi indikator proses berpikir reflektif yaitu reacting, elaborating, dan contemplating. Pada tahap contemplating subjek tidak memenuhi indikator memeriksa kembali jawaban yang telah diperoleh dengan cara yang berbeda.

Kata kunci: proses berpikir reflektif matematis; tipe kepribadian


Full Text:

PDF

References


Adha, S. M., & Rahaju, E. B. (2020). Profil berpikir reflektif siswa sma dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari kecerdasan logis-matematis. Jurnal penelitian pendidikan matematika dan sains, 4(2), 61-71.

Agustin, M. D. A. (2019). Proses Berfikir Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Keirsey. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 2(2), 29-38.

Aryanto, E. W., Suharto, S., Setiawan, T. B., Hobri, H., & Oktavianingtyas, E. (2018). Profil Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah MAtematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Menurut David Keirsey. KadikmA, 9(2), 185-193.

Awi, A., Mulbar, U., & Sahriani, S. (2021). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Tipe Kepribadian Menurut Keirsey. Issues in Mathematics Education (IMED), 5(1), 18-31.

Barhaghtalab, E. Y., & Sharafi, M. (2016). The relationship between personality traits and critical thinking among female administrative officers in four districts and department of education in shiraz. Research Journal of Pharmaceutical, Biological and Chemical Sciences, 7(1), 790-795.

Dewi, I. R. S., Chandra, T. D., & Susanto, H. (2019). Proses Berpikir Mahasiswa Field Dependent Berdasarkan Kerangka Berpikir Mason. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(7), 960-970.

Fuady, A. (2017). Berfikir Reflektif dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 104-112.

Funny, R. A., Ghofur, M. A., Oktiningrum, W., & Nuraini, N. L. S. (2019). Reflective thinking skills of engineering students in learning statistics. Journal on Mathematics Education, 10(3), 445-458.

Hajar, Y., Yanwar, R., & Fitrianna, A. Y. (2018). Analisis kemampuan berpikir reflektif siswa smp ditinjau dari disposisi matematis siswa. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(1), 79-92.

Muyassaroh, H. F., Yuwono, I., & Sudirman, S. (2021). Proses berpikir siswa tipe kepribadian idealist dalam menyelesaikan masalah matematika. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 5(1), 35-41.

Nindiasari, H., Kusumah, Y., Sumarmo, U., & Sabandar, J. (2014). Pendekatan metakognitif untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa SMA. Edusentris Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 80-90.

Qomariah, N. (2016). Profil pemahaman siswa sma dalam memecahkan masalah persamaan kuadrat ditinjau dari perbedaan kepribadian extrovert dan introvert. Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 2(1), 87-85.

Ratnaningsih, N., & Hidayat, E. (2020). Reflective mathematical thinking process and student errors: an analysis in learning style. In Journal of Physics: Conference Series, 163(1), 1-7.

Sunarto, M. J. D., Budayasa, I. K., & Juniati, D. (2017). Profil Proses Berpikir Mahasiswa Tipe Kepribadian Sensing dalam Pemecahan Masalah Logika Matematika. Cakrawala Pendidikan, (2), 299-308.

Supratman, S., Ratnaningsih, N., & Ryane, S. (2017). Conjecturing via analogical reasoning constructs ordinary students into like gifted student. In Journal of Physics: Conference Series, 943(1), 1-9.

Surbeck, E., Han, E. P., & Moyer, J. E. (1991). Assessing Reflective Responses in Journals. Educational Leadership, 48(6), 25-27.

Susanti, V. D., & Maharani, S. (2016). Profil berpikir mahasiswa dalam memecahkan masalah numerical analysis ditinjau dari tipe kepribadian. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 62-72.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v13i1.11448

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats