Analisis model Realistic Mathematics Education dalam mata pelajaran matematika secara pembelajaran daring via aplikasi video conference Zoom Cloud Meetings

Bayu Rinaldy

Abstract


Penelitian pada penulisan ini bertujuan untuk menganalisis model Realistic Mathematics Education dalam pembelajaran Materatika secara daring menggunakan Zoom di kelas III Sekolah Dasar. Analisis bertujuan untuk mengetahui implementasi, faktor-faktor dan upaya guru dalam menerapkan atau merealisasikan model Realistic Mathematics Education pada pembelajaran Matematika secara daring menggunakan Zoom. Penelitian ini menggunakan metode kualitatis deskriptif dengan teknik analisis data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa dan guru Matematika kelas IIIC SDS Yasporbi III Pasar Minggu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam menerapkan atau merealisasikan model Realistic Mathematics Education dalam pembelajaran Matematika secara daring menggunakan Zoomini terdapat beberapa faktor penting di dalamnya. Faktor-faktor tersebut adalah (1) faktor peran orang tua sebagai pendamping siswa; (2) faktor tanggung jawa siswa; (3) faktor jaringan internet; dan (4) faktor peran guru sebagai stimulan siswa. Berdasarkan temuan faktor tersebut, penelitian ini mengindikasikan bahwa guru mampu bersinergi dengan elemen penting yaitu siswa dan guru.

Full Text:

PDF

References


Armiyanti. (2019). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2, 6.

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Fachrurazi. (2017). Pembelajaran Matematika Realistik Di Sekolah Dasar Pada Materi FPB Dan KPK Dengan Model Penyajian Paket Makanan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1, 10.

Fitriana. (2016). Peningkatan Minat Membaca Menggunakan Media Big Book Pada Siswa Kelas IIIB SD Negeri Jageran, Sewon, Bantul. 191.

Hadi, S. & N. (2019). TIMSS INDONESIA (Trends In International Mathematics and Sciens Study). Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 8.

Haqien, Danin & Rahman, A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Susunan Artikel Pendidikan, 5, 6.

Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi (ed.); 2020th ed.). Pustaka Ilmu.

Hartati, S. (2009). Karakteristik Proses Berpikir Siswa Kelas III Sekolah Dasar Pada Saat Melakukan Aktivitas Membagi. Universitas Negeri Surabaya.

Marta, R. (2018). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD Negeri 018 Langgini. Jurnal Pendidikan Matematika, 1, 9.

Monica, J &Fitriawati, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Universitas ARS Bandung, 9, 11.

Mulbar, U & Zaki, A. (2018). Design of Realistic Mathematics Education on Elementary School Students. IOP Publishing, 9.

Nasution, W. (2017). Strategi Pembelajaran (A. Daulay (ed.); 2017th ed.). Perdana Publishing.

Netriwati, & Lena, M. (2017). Media Pembelajaran Matematika (M. Lena (ed.); 2017th ed.). Permata Net.

Pane, A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3, 20. web: jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/F

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003, (2020).

Putria, Hilna., Maula, LH., & Uswatun, D. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4, 12.

Riyanto, B., Zukardi., Putri, I. & D. (2017). Mathematical Modeling in Realistic Mathematics Education. IOP Publishing, 8.

Rosyadi, W. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Pembagian Pada Siswa Kelas IV SDN di Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Universitas Negeri Semarang, 243.

Septianti, Nevi & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasr di SDN Cikoko 2. Universitas Muhammadiyah Tanggerang, 2, 11.

Siyoto, Sandu. & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup (ed.); 2015th ed.). Literasi Media Publishing.

Solihin, A. (2020). Pembelajaran Online dengan Aplikasi Zoom Meeting di Kelas 5 SDN 1 Selaawi di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kehumasan, 3, 7.

Tafonao, T. (2018). Perananan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2, 13.

Tampubolon, P. T. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Universitas Pendidikan Indonesia, 1, 9.

Wahidmurni. (2017). PEMAPARAN METODE PENELITIAN KUALITATIF Oleh: Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(1).

Wahyuni, ND & Jailani, D. (2017). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SD. Jurnal Prima Edukasia, 5, 9. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jpe.v5i2.7785

Zakaria, E & Syamaun, M. (2017). The Effect of Realistic Mathematics Education Approach on Students Achievements and Attitude Toward Mathematics. ISPACS, 2017(1), 9.

Zulfitria. (2019). Upaya Meningkatkan Hafalan Perkalian Matematika dengan Menggunakan Metode Bernyanyi pada Siswa Kelas 2 SD di Muhammadiyah 12 Pamulang Banten. Jurnal Instruksional, 1, 8.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v13i1.11458

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats