Profil kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif. Berpikir kreatif merupakan suatu hal yang penting yang harus dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Institut Indonesia tahun ajaran 2020/2021 yang terdiri dari 4 siswa, dua siswa dengan gaya kognitif field dependent dan dua siswa dengan gaya kognitif field independent. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif field independent memiliki kemampuan berpikir kreatif lebih baik daripada siswa dengan gaya kognitif field dependent. Hal ini dikarenakan siswa dengan gaya kognitif dield independent mampu memenuhi semua komponen dalam berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan, sedangkan siswa dengan gaya kognitif field dependent hanya mampu memenuhi 1 dari 3 komponens berpikir kreatif yaitu kefasihan.
Kata kunci: berpikir kreatif; gaya kognitif; pemecahan masalah
Full Text:
PDFReferences
Apriliani, L.R., & Suyitno, H. (2016). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Kecemasan Matematika Pada Pembelajaran Problem Solving Berteknik Scamper. UNNES Journal of Mathematics Education Research.
Argarini, D. F., Budiyono, & Sujadi, I. (2014). Karakteristik Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII SMP N 1 Kragan Dalam Memecahkan Dan Mengajukan Masalah Matematika Materi Perbandingan Ditinjau Dari Gaya Kognitif. JMEE, Volume IV Nomor 2.
Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Harisa, R. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Berdasarkan Gaya Kognitif dalam Pemecahan Masalah Berbasis Pemodelan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika.
Kheng Sun. (2011). Menikmati Belajar Secara Kreatif. Yogyakarta: Samudra Biru.
Mayangsari, A., Nugroho, A. A., & Pramasdyahsari, A. S. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent-Field Independent.
Munandar, U. (1999). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT. Gramedia.
Nasution, S. (2008). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Parwati. (2005, Oktober). Implementasi Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Dalam Rangka Mengefektifkan Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, 46.
Sasongko, D. F., & Siswono, T. Y. (2013). Kreativitas Siswa dalam Pengajuan Soal Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field-Independent (FI) dan Field-Dependent. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan.
Sudiarta, I. G. (2007). Pengembangan Pembelajaran Berpendekatan Tematik Berorientasi Pemecahan Masalah Matematika Terbuka untuk Mengembangkan Kompetensi Berpikir Divergen, Kritis dan Kreatif. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan .
Vendiagrys, L., Junaedi, I., & Masrukan. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Soal Setipe TIMSS Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Model Problem Based Learning. UNNES Journal of Mathematics Education Research.
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v13i2.11884
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika