Kemampuan komunikasi matematis siswa: studi dengan konteks kearifan lokal

Imaludin Agus, Sri Anandari Safaria, Tri Kurniah Lestari, Samsinar Samsinar

Abstract


Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan yang penting untuk dimiliki siswa agar dapat mengkomunikasikan pemikiran matematika dalam penyelesaian masalah. Namun, faktanya kemampuan siswa masih belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa di MTs Darul Ulum Ahuhu di Konawe dengan konteks kearifan lokal yang terdiri atas 3 aspek yaitu menulis, menggambar, dan mengespresikan matematika. Jenis penelitian ini adalah penilitian deskriptif. Populasi yang digunakan adalah semua siswa kelas VII MTs Darul Ulum Ahuhu tahun pelajaran 2021/2022. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis siwa dalam konteks kearifan lokal. Data yang telah dihimpun dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa 13,33% siswa MTs Darul Ulum Ahuhu memiliki kemampuan komunikasi matematis dalam katogori tinggi, 56,67% (17 siswa) dengan kategori sedang, dan 30% (9 siswa) pada kategori rendah. Pada ketercapaian masing-masing aspek komunikasi matematis, sebanyak 88% siswa pada aspek menulis, 57% siswa pada aspek menggambar dan sebesar 51% siswa pada aspek mengekspresikan matematika. Siswa dengan kategori tinggi telah memenuhi 3 aspek komunikasi matematis, siswa kategori sedang hanya mampu memenuhi 2 aspek (menuliskan dan menggambarkan), dan siswa dengan kategori rendah hanya mampu memenuhi aspek menuliskan.

Full Text:

PDF

References


Afriansyah, E. A. (2016). Makna Realistic dalam RME dan PMRI. Lemma.

Agus, I. (2019). Efektivitas guided discovery menggunakan pendekatan kontekstual ditinjau dari kemampuan berpikir kritis, prestasi, dan self-efficacy. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 120–132. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i2.14517

Alamiah & Afriansyah. (2016). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Antara yang Mendapatkan Model Pembelajaran PBL dengan Pendekatan RME dan Open-ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2).

Dahlan, J. A., & Juandi, D. (2011). Analisis Representasi Matematik Siswa Sekolah Dasar Dalam Penyelesaian Masalah Matematika Kontekstual. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 16(1), 128. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v16i1.273

Dianti, W., Zubaidah, & Hamdani. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Materi Himpunan Di Kelas VII SMP Negeri 7 Kubu Raya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa.

Fahrullisa, R., Putra, F. G., & Supriadi, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 145. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i2.213

Halistin. (2018). Analisis Pengetahuan Dasar Matematika Siswa SMP Negeri di Kota Kendari. Jurnal Al-Ta’dib, 11(2), 37–54.

Hamidy, A., & Jailani, J. (2019). Kemampuan proses matematis siswa Kalimantan Timur dalam menyelesaikan soal matematika model PISA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 133–149. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i2.26679

Hendriana, H. (2017). Hard Skill dan Soft Skill Matematika Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Matematika. AdMathEdu, 7(1).

Huda, U., Musdi, E., & Nari, N. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. Ta’dib, 22(1), 19. https://doi.org/10.31958/jt.v22i1.1226

Ismayanti, S., & D. S. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII di Kampung Cigulawing. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

Maisyarah, S., & Prahmana, R. C. I. (2020). Pembelajaran Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Jurnal Elemen. https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1713

Maslihah, S. (2012). Mengenal Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Phenomenon.

Muhtadi, D., Sukirwan, Warsito, & Prahmana, R. C. I. (2017). Sundanese ethnomathematics: Mathematical activities in estimating, measuring, and making patterns. Journal on Mathematics Education. https://doi.org/10.22342/jme.8.2.4055.185-198

Munawaroh. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Pandu, Y. K., & Suwarsono, S. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Limit Fungsi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 436–445.

Purnama, I. L., & Afriansyah, E. A. (2016). Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Complete Sentence Dan Team Quiz. Jurnal Pendidikan Matematika UNSRI, 10(1), 27–42.

Sritresna. (2017). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Confidence Siswa Melalui Model Pembelajaran Cycle 7E. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3).

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018. Paper of Matematohir.

Trisnani, N. (2022). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar : Antara Kepercayaan Vs Realita, 6(1), 49–67. https://doi.org/10.29240/jpd.v6i1.4034




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v13i3.12296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats