Adversity Quotient siswa dan guru pada pembelajaran matematika: systematic literature review

Huba Saadah, St Budi Waluya, Isnarto Isnarto

Abstract


Adversity quotient merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan guru ataupun siswa dalam pembelajaran. Seseorang dengan ketahanan yang baik akan memperoleh prestasi yang tinggi. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memberikan informasi terkait adversity quotient yang berpengaruh terhadap pembelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah literature review atau systematic literature review. Tahapan yang digunakan yaitu planning, conducting dan reporting. Peneliti mencari, mengkaji, dan menggabungkan beberapa penelitian yang sesuai dengan topik yang akan dianalisis. Peneliti mendapatkan sebanyak 484 artikel dari jurnal terakreditasi nasional maupun internasional melalui Google Scholar dengan bantuan aplikasi Publish or Perish. Hasil yang didapat yaitu adversity quotient siswa dan guru matematika prajabatan berpengaruh positif terhadap pembelajaran matematika. Inovasi pembelajaran perlu diperhatikan sehingga pada era sekarang dibutuhkan guru kreatif dan juga inovatif dalam mengembangkan strategi, media dan model pembelajaran yang harapannya dapat meningkatkan adversity quotient siswa pada pembelajaran matematika. 

Full Text:

PDF

References


Bangngu, Harini Edgina Mariana. 2019. “Kecerdasan Adversitas Dan Stres Kerja Dalam Menghadapi Era Revolusi Industry 4.0 Pada Guru SMP Swasta Di Kupang.” Jurnal Kreatif Online 7(3):1–10.

Bob Foster, Fitriani Reyta, Susan Purnama, Bernadetha Nadeak, and Elfrida Sormin. 2021. “Peran Pelatihan Ketahanan Dan Motivasi Bagi Peningkatan Kinerja Guru Honorer Di Kabupaten Bandung Barat.” JURNAL Comunità Servizio : Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, Terkhusus Bidang Teknologi, Kewirausahaan Dan Sosial Kemasyarakatan 3(1):508–17. doi: 10.33541/cs.v3i1.2761.

Darmawan, M., B. Budiyono, and H. Pratiwi. 2019. “Mathematics Learning Achievement of Vocational High School Students’ Viewed by Adversity Quotient.” Journal of Physics: Conference Series 1157(4):1–8. doi: 10.1088/1742-6596/1157/4/042121.

Fadillah, S., Muhammad A. Fauzi, and Anita Yus. 2021. “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dan Adversity Quotient.” Educational Journal Of Elementary School 1(2):18–24.

Firdaus, Yocky, Sumardi Sumardi, and Yossa Istiadi. 2019. “Efektivitas Pengajaran Guru Ditinjau Dari Adversity Quotient Dan Integritas.” Jurnal Manajemen Pendidikan 7(1):700–706. doi: 10.33751/jmp.v7i1.954.

Hakim, Fauziah, and Murtafiah Murtafiah. 2020. “Adversity Quotient and Resilience in Mathematical Proof Problem-Solving Ability.” MaPan 8(1):87. doi: 10.24252/mapan.2020v8n1a7.

Handayani, Isnaeni, and Fitria A. Ramadhani. 2020. “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Ditijau Dari Adversity Quotient.” Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika 10(1):43–60. doi: 10.36456/buanamatematika.v10i1.2442.

Hidayat, W., I. Herdiman, U. Aripin, A. Yuliani, and R. Maya. 2018. “Adversity Quotient (AQ) Dan Penalaran Kreatif Matematis Mahasiswa Calon Guru.” Jurnal Elemen 4(2):230. doi: 10.29408/jel.v4i2.701.

Hidayat, W., and H. Husnussalam. 2019. “The Adversity Quotient and Mathematical Understanding Ability of Pre-Service Mathematics Teacher.” Journal of Physics: Conference Series 1315(1). doi: 10.1088/1742-6596/1315/1/012025.

Hidayat, W., Wahyudin, and S. Prabawanto. 2018. “The Mathematical Argumentation Ability and Adversity Quotient (AQ) of Pre-Service Mathematics Teacher.” Journal on Mathematics Education 9(2):239–48. doi: 10.22342/jme.9.2.5385.239-248.

Irfan, Ade, Dwi Juniati, and Agung Lukito. 2018. “Profil Pemecahan Masalah Pecahan Siswa SD Berdasarkan Adversity Quotient.” Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 4(2):5.

Jemina, Judy D., and June Rey S. Sulatra. 2022. “Adversity Quotient and Metacognion as Related to Mathematics Performance.” International Journal on Integrated Education 5(6):173–75.

Mahendra, N. R., Isnarto, and Mulyono. 2020. “Mathematics Representation Ability Viewed from Adversity Quotient in SAVI Learning.” Unnes Journal of Mathematics Education Research 9(2):199–207.

Malik, Ibnu, Mulyono Mulyono, and Scolastika Mariani. 2018. “Ability in Mathematics Problem Solving Based in Adversity Quotient.” Jurnal Profesi Keguruan 4(1):37–41.

Muhtarom, Muhtarom, Adelia Dian Pratiwi, and Yanuar Hery Murtianto. 2021. “Profile of Prospective Teachers’ Mathematical Communication Ability Reviewed From Adversity Quotient.” Infinity Journal 10(1):93. doi: 10.22460/infinity.v10i1.p93-108.

Putra, Aan, and Muthia Roza. 2020. “Systematic Literatur Review: Adversity Quotient Dan Self-Efficacy Dalam Pembelajaran Matematika.” At- Tarbawi 12(2):165–79. doi: 10.32505/tarbawi.v12i2.2065.

Rizta, Amrina, and Luvi Antari. 2018. “Pengembangan Tes Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Sistem Persamaan Linear Untuk Mahasiswa Calon Guru Matematika.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 7(2):291. doi: 10.24127/ajpm.v7i2.1525.

Rosita, D., and Rochmad. 2016. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Adversity Quotient Pada Pembelajaran Creative Problem Solving.” Unnes Journal of Mathematics Education Research (UJMER) 5(2):106–13.

Rustan, Edhy, Muhammad Ihsan, and Nurlindasari Nurlindasari. 2022. “Adversity Quotient and Learning Interests To Mathematics Learning Achievement.” JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 6(1):84–96. doi: 10.33603/jnpm.v6i1.5262.

Sahyar, and R. Y. Fitri. 2017. “The Effect of Problem-Based Learning Model (PBL) and Adversity Quotient (AQ) on Problem-Solving Ability.” American Journal of Educational Research 5(2):179–83. doi: 10.12691/education-5-2-11.

Septianingtyas, Niken, and Hella Jusra. 2020. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Berdasarkan Adversity Quotient.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 4(2):657–72. doi: 10.31004/cendekia.v4i2.263.

Sinambela, Lijan Poltak. 2017. “Profesionalisme Dosen Dan Kualitas Pendidikan Tinggi.” Populis : Jurnal Sosial Dan Humaniora 2(2):579–95. doi: 10.47313/pjsh.v2i2.347.

Stoltz. 2000. “Adversity Quotient: Turning Obstacles into Opportunities.” Technovation 20(7):402. doi: 10.1016/s0166-4972(00)00010-9.

Syafitri, Ely, Sahat Saragih, E. Elvis Napitupulu, K. M. S. Muhammad Amin, Elfira Rahmadani, Syahriani Sirait, and Ismail Hanif Batubara. 2022. “MENINGKATKAN ADVERSITY QUOTIENT SISWA MENGGUNAKAN AUTOGRAPH.” 4307(June):393–97.

Wahono, R. 2016. Systematic Literature Review : Romi Satria Wahono.

Windle, Pamela E. 2010. “The Systematic Review Process: An Overview.” Journal of Perianesthesia Nursing 25(1):40–42. doi: 10.1016/j.jopan.2009.12.001.

Yanda, Okta Nila, Sri Hartini, Rini Siswanti, Program Studi, P. P. G. Prajabatan, Universitas Ahmad Dahlan, and S. M. P. Negeri Sentolo. 2022. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Adversity Quotient Siswa Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6(2):11885–95.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v13i2.12401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats