Pengembangan Flipped Classroom terintegrasi ICT konteks batik matahari untuk meningkatkan penalaran spasial
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan perangkat flipped classroom terintegrasi ICT konteks batik matahari Kota Mojokerto untuk meningkatkan kemampuan penalaran spasial siswa yang meliputi kelayakan hasil pengembangan, aktivitas siswa ketika pembelajaran, peningkatan kemampuan penalaran spasial siswa, dan respon siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE dan penelitian eksperimen model one pretest-postest design. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran.Subjek implementasi adalah 24 siswa SDN Miji 4 Kota Mojokerto. Hasil implementasi menunjukkan bahwa siswa sangat antusias dan semangat dalam proses pembelajaran flipped classroom terintegrasi ICT konteks batik matahari Kota Mojokerto. Proses pembelajaran flipped classroom menggunakan lima platform ICT yaitu google classroom, desmos, geogebra, kahoot, dan quizizz. Pembelajaran flipped classroom dilaksanakan melalui tiga aktivitas yaitu mempelajari video sebelum pembelajaran, diskusi dan tanya jawab materi ketika pembelajaran tatap muka, dan menyelesaikan tugas tindak lanjut di rumah setelah pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam kategori sangat valid, praktis, dan efektif.Aktivitas siswa ketika pembelajaran adalah 93% (sangat baik). Kemampuan penalaran spasial siswa meningkat dengan rata-rata 0,6 (g-sedang) dan respon siswa sangat baik. Perangkat pembelajaran flipped classroom terintegrasi ICT konteks batik matahari Kota Mojokerto layak sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan penalaran spasial siswa.
Kata kunci: perangkat pembelajaran; flipped classroom; konteks batik; penalaran spasial
Full Text:
PDFReferences
Akker, J. v., Branch, R. M., Gustafson, K., Nieveen, N., & Plomp, T. (1999). Design Approaches and Tools in Education and Training. London: Kluwer Academic Publisher.
Cherif, A. H., Gialamas, S., & Stamati, A. (2017). Developing Mathematical Knowledge and Skills through the Awareness Approach of Teaching and Learning. Journal of Education and Practice, VIII, 108– 132.
Hidayat, K. N., & Fianti, F. R. (2017). Analisis Proses Berfikir Spasial Siswa Pada Materi Geometri Ditinjau Dari Gaya Belajar. Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami (pp. 385–394). Malang: Prosiding SI MaNIs .
Hsieh, J. S., Wu, W.-C. V., & Marek, M. W. (2017). Using the flipped classroom to enhance EFL learning. Computer Assisted Language Classroom, XXX, 1-21.
KBBI, P. (2016, Oktober 28). https://kbbi.kemdikbud.go.id/. Retrieved Juni 10, 2021, from https://kbbi.kemdikbud.go.id/: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/geometri
Muhtadi, D., Sukirwan, S., Warsito, W., & Prahmana, R. C. (2017). Sundanese Ethnomathematics: Mathematical Activities in Estimating, Measuring, and Making Patterns. Journal on Mathematics Education, VIII, 185-198.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Pradana, L. N., Sa'dijah, C., Sulandra, I. M., Sudirman, & Sholikhah, O. H. (2020). Virtual Mathematics Kits (VMK): The Value of Spatial Orientation on It. European Journal of Educational Research, IX, 1105-1114.
Prahmana, R., & D’Ambrosio, U. (2020). Classroom Geometry and Values from Patterns: Ethnomathematics on the Batik Patterns of Yogyakarta, Indonesia. Journal on Mathematics Education, XI, 439-456.
Rofii, A., Sunardi, S., & Irvan, M. (2018). Characteristics of Students’ Metacognition Process At Informal Deduction Thinking Level in Geometry Problems. International Journal on Emerging Mathematics Education, II, 89-104.
Seah, R. (2015). Reasoning with geometric shapes Visualisation as a tool for geometric reasoning. The Australian Mathematics Teacher, LXXI, 4-11.
Siemens, G. (2005). Connectivism:A Learning Theory for the Digital Age. International Journal of Instructional Technology and Distance Learning, 1-9.
Stratton, E., Chitiyo, G., Mathende, A. M., & Davis, K. M. (2020). Evaluating Flipped Versus Face-To-Face Classrooms in Middle School On Science Achievement And Student Perceptions. Contemporary Educational Technology, XI, 131-142.
Supiyati, S., Hanum, F., & Jailani, J. (2019). Ethnomathematics in Sasaknese Architecture. Journal on Mathematics Education, X, 47-58.
Weinhandl, R., Lavicza, Z., Hohenwarter, M., & Schallert, S. (2020). Enhancing Flipped Mathematics Education by Utilising GeoGebra. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, VIII, 1-15.
Wulandari, A. (2011). Batik Nusantara: Makna Filosofis, Cara Pembuatan dan Industri Batik. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v13i2.12494
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika