Analisis kebutuhan siswa terhadap media video animasi dalam pembelajaran matematika
Abstract
Abstrak
Suasana pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan adalah hal yang diharapkan oleh siswa dalam pembelajaran. Guru dapat menggunakan bantuan teknologi untuk membuat media pembelajaran yang menarik. Media pembelajaran inovatif salah satunya yaitu video animasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan siswa terhadap media video animasi pembelajaran matematika. Analisis kebutuhan merupakan tahapan awal dalam model pengembangan ADDIE. Instrumen yang digunakan yaitu angket menggunakan google form dan wawancara. Subjek penelitian yaitu guru matematika dan siswa kelas IX di SMP IT Bina Insan Cendikia Muntok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 73,9% siswa lebih mudah memahami materi matematika dengan animasi dan 87% siswa menyatakan bahwa media video animasi dibutuhkan dalam pembelajaran matematika. Dari hasil wawancara diperoleh bahwa video animasi yang diinginkan siswa yaitu (1) video dengan durasi 3-15 menit karena jika video tersebut terlalu lama akan membosankan, (2) tampilan gambar yang menarik dan bergerak seperti gambar kartun, gambar hewan yang berbicara, dan karakter manusia yang bergerak, (3) berisi penjelasan inti materi yang singkat dan jelas, (4) materi yang dapat dibuat seperti pada materi bangun datar, bangun ruang, dan transformasi, dan (5) di akhir video terdapat contoh soal dari tingkat yang mudah hingga sulit 1-5 soal. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa siswa membutuhkan media video animasi pada pembelajaran matematika.
Kata kunci: analisis kebutuhan, media pembelajaran, video animasi
Abstract
An interesting and not boring learning atmosphere is what students expect in learning. Teachers can use the help of technology to create interesting learning media. One of the innovative learning media is an animated video. The purpose of study is to analyze the students' needs for animation video media for mathematics learning. Needs analysis is the initial stage in the development of the ADDIE model. The instrument used is a questionnaire using a google form and interviews. The research subjects were mathematics teachers and grade IX students at SMP IT Bina Insan Cendikia Muntok. The results showed that 73.9% of students found it easier to understand mathematics with animation and 87% of students stated that animated video media was needed in learning mathematics. From the interviews, it was found that the animated videos that students wanted were (1) videos with a duration of 3-15 minutes because if the video was too long it would be boring, (2) the display of interesting and moving images such as cartoon images, talking animal images, and human characters who moves, (3) contains a brief and clear explanation of the core material, (4) material that can be made, such as the material on flat shapes, building spaces, and transformations, and (5) at the end of the video there are examples of questions from easy level to 1-5 questions. Based on the results of Key's research that students need animated video media in learning mathematics.
Keywords: needs analysis, learning media, animated video
Full Text:
PDFReferences
Ardiansyah, M. A. M., & Nugraha, M. L. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Youtube Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik. In Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi) (Vol.6,No.1). Diakses dari http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/semnasristek/article/view/5828
Arnold, R. B. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Powtoon Pada Mata Pelajaran Pelayanan Penjualan di SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(3). Diakses dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/25565
Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181-190. Diakses dari https://www.jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/download/47/41
Hariati, P. N. S., Rohanita, L., & Safitri, I. (2020). Pengaruh penggunaan media video animasi terhadap respon siswa dalam pembelajaran matematika pada materi operasi bilangan bulat. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS), 6(1), 18-22. https://doi.org/10.36987/jpms.v6i1.1657
Hasibuan, F., & Napitupulu, S. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berrbasis Powtoon Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 102019 Firdaus. Education Achievement: Journal of Science and Research, 10-20. https://doi.org/10.51178/jsr.v2i1.332
Hapsari, G. P. P. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva pada Pembelajaran IPA. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 6(1), 22-29. https://doi.org/10.24905/psej.v6i1.43
Hidayat, W. N., Sutikno, T. A., Patmanthara, P., Kartikasari, C. D. I., & Firdaus, A. F. (2019). Peningkatan Keterampilan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Untuk Guru Smk. Jurnal Graha Pengabdian, 1(2), 93-103. http://dx.doi.org/10.17977/um078v1i22019p93-103
Irawan, V., & Ermawaty, I. R. (2020). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Video Animasi 3d Pada Mata Pelajaran Fisika Sma. In Prosiding Seminar Pendidikan Fisika FITK UNSIQ (Vol. 2, No. 1, pp. 101-106). Diakses dari https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/semnaspf/article/view/1381
KP dan Kebudayaan (2014). Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Pedoman Evaluasi Kurikulum.
Kusria, J., & Deswita, H. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Aplikasi Geogebra pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(1), 203-211. https://doi.org/10.30606/absis.v3i1.497
Mailani, E. (2015). Penerapan Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(1). https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v1i1.1286
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. Diakses dari https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/423559/mod_resource/content/2/Bahan%20bacaan.pdf
Nasikhah, A. D., Yuliyani, M., Khikmah, N., & Safitri, W. D. (2021). Analisis Kebutuhan Terhadap Video Pembelajaran Matematika Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smk N 1 Batang. Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1(1), 121-126. Diakses dari https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip/article/view/712
Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020, October). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1). Diakses dari https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/8793
Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271-6279. Diakses dari https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1717/pdf
Rejeki, L. S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Media Digital pada Mata Pelajaran Matematika. Bina Manfaat Ilmu: Jurnal Pendidikan, 4(1), 1–12.
Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335-343. http://dx.doi.org/10.22460/as.v4i2p%25p.6859
Sakiah, N. A., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Berbasis PowerPoint Materi Aljabar Pada Pembelajaran Matematika SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 39-48. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2623
Seftiana, D., & Delia, B. A. (2021). Analisis Kelayakan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Powtoon dan Game Interaktif Menggunakan Webside Oodlu Materi Pecahan Sederhana Kelas 3 Sekolah Dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 51-59. https://doi.org/10.26740/eds.v5n1.p51-59
Setiyana, F. N., & Kusuma, A. B. (2021). Potensi Pemanfaatan Youtube dalam Pembelajaran Matematika. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 6(1), 71-90. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v6i1.2945
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Video Animasi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 48-56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347
Sunami, M. A., & Aslam, A. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi berbasis zoom meeting terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940-1945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129
Wicaksono, A. B., & Saufi, M. (2013). Mengelola kecemasan siswa dalam pembelajaran matematika. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 9, No. 4, pp. 89-94). Diakses dari https://eprints.uny.ac.id/10735/1/P%20-%2012.pdf
Wijayanti, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Berbantuan Youtube Dengan Model Peer Teaching Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Algoritma: Journal of Mathematics Education, 3(1), 41-57. Diakses dari https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2120803
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v13i2.12498
Refbacks
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika