Hubungan keaktifan siswa dalam permainan tabung bintang dengan hasil belajar matematika siswa kelas 3 SD

Yogi Ageng Sri Legowo, Jupriyanto Jupriyanto, Kusuma Permatasari

Abstract


Pengintegrasian unsur permainan dalam pembelajaran menjadi salah satu kajian yang menarik saat ini. Bermain yang merupakan aktifitas dari dalam siswa dalam perspektif pembelajaran tentu saja harus berdampak positif dalam hasil belajar siswa. Sehingga tujuan dalam penelitian ini adalah menguji hubungan keaktifan siswa dalam permainan Tabung Bintang dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas 3 SD. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional (Correlational Studies). Sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh yaitu menggunakan seluruh populasi sebagai sampel, dengan sampling sebanyak 29 siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis korelasi rank spearman yang tidak membutuhkan asumsi data berdistribusi normal. Berdasarkan uji korelasi Rank Spearman diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 yang dapat diartikan bahwa terdapat hubungan antara keaktifan siswa dalam permainan tabung bintang terhadap hasil belajar matematika siswa.

Full Text:

PDF

References


Abdul Jabbar, A. I., & Felicia, P. (2015). Gameplay Engagement and Learning in Game-Based Learning. Review of Educational Research, 85(4), 740–779. https://doi.org/10.3102/0034654315577210

Act, C. (1970). Serious Games. Viking Press.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Asrori, M. (2009). Psikologi Pembelajaran. CV Wacana Prima.

Baharudin, & Wahyuni. (2010). Baharudin dan Wahyuni. Ar-Ruzz Media .

Balta, N., & Sarac, H. (2016). The Effect of 7E Learning Cycle on Learning in Science Teaching: A meta-Analysis Study. European Journal of Educational Research, 5(2), 61–72. https://doi.org/10.12973/eu-jer.5.2.61

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Depdiknas (2003).

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdiknas (2006).

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdiknas (2007).

Erikson, E. H. (1977). Toys and reasons: Stages in the ritualization of experience. WW Norton & Company.

Granic, I., Lobel, A., & Engels, R. C. M. E. (2014). The benefits of playing video games. American Psychologist, 69(1), 66–78. https://doi.org/10.1037/a0034857

Kourakli, M., Altanis, I., Retalis, S., Boloudakis, M., Zbainos, D., & Antonopoulou, K. (2017). Towards the improvement of the cognitive, motoric and academic skills of students with special educational needs using Kinect learning games. International Journal of Child-Computer Interaction, 11, 28–39. https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2016.10.009

Noemí, P.-M., & Máximo, S. H. (2014). Educational Games for Learning. Universal Journal of Educational Research, 2(3), 230–238. https://doi.org/10.13189/ujer.2014.020305

Pratama, L. D., & Setyaningrum, W. (2018). Game-Based Learning: The effects on student cognitive and affective aspects. Journal of Physics: Conference Series, 1097, 012123. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012123

Rosyid, Z., & Abdullah, A. R. (2018). Reward dan Punishment Dalam Pendidikan. Literasi Indonesia .

Slavin, R. E. (1994). Cooperative Learning: Theory, Research and Practice. Prentice Hall.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.

Suherman, E., Turmudi, S. D., Herman, & et al. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Türkoğlu, B. (2019). The Effect of Educational Board Games Training Programme on the Social Skill Development of the Fourth Graders. İlköğretim Online, 1326–1344. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2019.612180

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society. Harvard University Press.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v13i2.12681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats