Deskripsi kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 1 Kemangkon berdasarkan dominasi otak

Afrina Kartika Wulandari

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 1 Kemangkon berdasarkan dominasi otak. Subjek penelitian yaitu kelas VIII G, subjek dikelompokkan menjadi 2 kategori yaitu : kategori dominasi otak kanan dan otak kiri. Peneliti mengambil 3 sampel pada setiap kategori untuk dijadikan responden dan dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengambilan data menggunakan observasi, angket, tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa 1) siswa dominasi otak kiri mampu menyajikan suatu masalah matematika yang diberikan dalam bentuk model matematika kedalam berbagai bentuk representasi dengan tepat, menjabarkan ide/gagasan dari suatu permasalahan kedalam bahasa matematika melalui bahasa sendiri dalam bentuk tertulis, dan menjelaskan konsep matematika secara runtut. 2) siswa dominasi otak kanan sudah menyajikan suatu masalah matematika yang diberikan dalam bentuk model matematika kedalam berbagai bentuk representasi dengan baik, sudah dapat menjabarkan ide/gagasan dari suatu permasalahan kedalam bahasa matematika melalui bahasa sendiri dalam bentuk tertulis dan masih lemah dalam menjelaskan konsep matematika secara runtut.

Kata kunci: Kemampuan komunikasi matematis, dominasi otak


Full Text:

PDF

References


Asmana, A. T. (2018). Profil Komunikasi Matematika Tertulis dalam Pemecahan Masalah Matematika di SMP Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 4(1). 1-12.

Crismayanty, R., & Simanjutak, E. (2021). Pengaruh Media Video Animasi terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Guru Kita, 5(2), 84-89.

Harahap, A. R., & Harahap, M. S. (2018). Evektifitas Penggunaan Construktivism Approach terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di Kelas XI SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu, 1(2), 1-6.

Harahap, M. S., Nasution, F. H., & Nasution, N. F. (2021). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Science Technology Engineering Art Mathematic (STEAM) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Aksioma, 10(2), 1053-1062.

Mansour, E. A., El-Araby, M., Pandaan, I. N., & Gemeay, E. M. (2017). Hemispherical Brain Dominance and Academic Achievement among Nursing Students. IOSR : Journal of Nursing and Health Science, 6(3), 32-36. https://doi.org/10.9790/1959-0603083236

Nurlaila, S., Sariningsih, R., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP terhadap Soal-soal Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 1(6), 1113-1120. Doi: https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1113-1120.

Nursupiamin. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematika Mahasiswa Ditinjau dari Cara Kerja Otak yang Dominan. Koordinat : Jurnal Pembelajaran Matematika dan Sains, 1(1), 11-17.

Presiden RI. (2006). Peraturan Pemerintah RI Nomor 22 Tahun 2006, tentang Standar Isi.

Subekti, F. E., Untarti, R., Muhammad, M. (2016). Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistik Pendidikan. Jurnal Euclid, 2(2), 263-274.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumardi. (2014). Perbandingan Kinerja Otak Kiri dan Otak Kanan dalam Perkuliahan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makasar. Skripsi pada UIN Alaudin Makasar: tidak diterbitkan.

Wigati, & Sutriyono. (2018). Deskripsi Penggunaan Otak Kiri dan Otak Kanan pada Pembelajaran Matematika Materi Pola bagi Siswa SMP. Jurnal Mitra Pendidikan 2(1), 11-22.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v14i1.13036

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats