Analisis kemampuan literasi numerasi peserta didik smp ditinjau dari pola pikir matematis

Nur Khomariah, Irwani Zawawi, Sri Suryanti

Abstract


Kemampuan literasi numerasi peserta didik merupakan salah satu kemampuan yang perlu ditingkatkan dalam menghadapi tantangan pendidikan abad 21. Salah satu faktor yang mempengaruhi literasi numerasi peserta didik adalah pola pikir matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi numerasi peserta didik dengan pola pikir matematis dalam menyelesaikan soal kontekstual. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif desktiptif yang dilaksanakan di UPT SMPN 18 Gresik pada semester gasal tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Subjek pada penelitian ini adalah 2 peserta didik kelas VIII-I dengan jenis pola pikir matematis yang berbeda. Pengambilan data melalui angket, tes dan wawancara dan dianalisis menggunakan model Milles dan Hubberman meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi dan pengambilan keputusan. Teknik uji keabsahan data yang diperoleh berupa triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang memiliki growth mindset berada pada level 1,2,3,4,5, sedangkan peserta didik yang memiliki fixed mindset berada pada level 1,2,3.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (R. Damayanti (ed.); 3rd ed.). Bumi Aksara.

Boaler, J. (2016). Mathematical Mindset. In jossey-Bass (Issue 1). jossey-Bass. https://eur-lex.europa.eu/legal-content/PT/TXT/PDF/?uri=CELEX:32016R0679&from=PT%0Ahttp://eur-lex.europa.eu/LexUriServ/LexUriServ.do?uri=CELEX:52012PC0011:pt:NOT

Cockcroft, W. (1982). Mathematics counts. http://www.educationengland.org.uk/documents/cockcroft/cockcroft1982.html

Dweck, C. S. (2008). Mindsets and Math/Science Achievement. In The ooportunity Equation (Vol. 4, Issue 2, pp. 122–126). https://doi.org/IJIv4i2A8

Dweck, C. S. (2017). Mindset: Changing the way you think to fulfil your potential. In Robinson (edisi 4). Robinson.

Geiger, V., Goos, M., & Forgasz, H. (2015). A rich interpretation of numeracy for the 21st century: a survey of the state of the field. ZDM - International Journal on Mathematics Education, 47(4), 531–548. https://doi.org/10.1007/s11858-015-0708-1

Habibi, H., & Suparman, S. (2020). Literasi Matematika dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 57. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8177

Hadi, S., & Novaliyosi. (2013). Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). Encyclopedia of Educational Reform and Dissent, 562–569. https://doi.org/10.4135/9781412957403.n438

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. In Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Vol. 8, Issue 9).

Lestari, F. L., Ratnaningsih, N., & Siliwangi, U. (2022). ANALISIS PROBLEMATIKA DAN PENCAPAIAN SISWA DALAM. 3(1), 1–7.

Mahdiansyah, & Rahmawati. (2014). Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 452. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i4.158

Muhazir, A., Hidayati, K., & Retnawati, H. (2021). Literasi matematis dan self-efficacy siswa ditinjau dari perbedaan kebijakan sistem zonasi. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 227–245. https://doi.org/10.21831/pg.v15i2.36255

Muliastrini, N. K. E. (2020). NEW LITERACY SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI ABAD 21. 4(1), 115–125.

OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework Mathematics, Reading, Science, problem Solving and Financial Literacy. In OECD Publishing. https://doi.org/10.4324/9781003090366

Siskawati, F. S., Chandra, F. E., & Tri Novita Irawati. (2020). Profil kemampuan literasi numerasi di masa pandemi cov-19. Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(101), 258. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1673

Su, A., Wan, S., He, W., & Dong, L. (2021). Effect of Intelligence Mindsets on Math Achievement for Chinese Primary School Students: Math Self-Efficacy and Failure Beliefs as Mediators. Frontiers in Psychology, 12(March), 1–10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.640349

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta.

UNESCO. (2014). Strategy Education Strategy. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization, 1–63.

VandeWalle, D. (2012). A Growth and Fixed Mindset Exposition. Industrial and Organizational Psychology, 5(3), 301–305.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v13i3.13632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats