Analisis kemampuan koneksi matematis siswa smp kelas VIII pada materi pythagoras
Abstract
Salah Satu proses pembelajaran matematika adalah kemampuan koneksi matematis. Kemampuan menghubungkan konsep-konsep matematika merupakan keterampilan yang sangat penting, siswa akan mempertahankan pemahaman mereka untuk waktu yang lebih lama dan pemahaman yang lebih dalam. Kemampuan siswa SMP dalam koneksi matematis merupakan tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. 33 siswa dari salah satu SMP di Karawang dijadikan sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan 3 butir soal instrumen kemampuan koneksi matematis. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa siswa SMP memiliki kemampuan koneksi sedang. Siswa sering melakukan kesalahan konseptual dan pemprosesan pada materi Pythagoras saat menyelesaikan soal kemampuan koneksi matematis.
Kata kunci: matematika; kemampuan koneksi matematis; Pythagoras
Full Text:
PDFReferences
Apipah, S., & AL-Hikmah Karang Asem, M. (2017). Unnes Journal of Mathematics Education Research Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Siswa pada Model Pembelajaran Vak dengan Self Assessment Info Artikel. UJMER, 6(2), 148–156. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer
Astuti, P., Hartono, Y., & Bunayati, H. (n.d.). PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PENDEKATAN PEMODELAN MATEMATIKA UNTUK MELATIH KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII.
Fendrik, M. (2019). PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN HABITS OF MIND PADA SISWA. Media Sahabat Cendekia.
Hanipa, A., Tryana, V., Sari, A., Siliwangi, I., Jenderal, J. T., & Cimahi, S. (n.d.). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL PADA SISWA KELAS VIII MTs DI KABUPATEN BANDUNG BARAT.
Hariyani, S., & Aldita, V. C. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Prosedur Newman. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 39–50. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i1.805
Kusmanto, H., Marliyana, I., Matematika, T., Syekh, I., Cirebon, N., Perjuangan, J., & Cirebon, P. S. (2014). Pengaruh Pemahaman Matematika Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas Vii Semester Genap SMP Negeri 2 Kasokandel Kabupaten Majalengka. In Desember (Vol. 3, Issue 2). www.nctm.org.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah, (2014).
Muchlis, A., Komara, E. S., Kartiwi, W., Hendriana, H., Hidayat, W., Negeri, S., & muchlisabu, C. (2018). MENINGKATKAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED DENGAN SETTING KOOPERATIF TIPE NHT. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 81–92.
Putri, R. I., Santosa, R. H., Matematika, P., Uny, P., & Yogyakarta, U. N. (2015). KEEFEKTIFAN STRATEGI REACT DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR, KEMAMPUAN PENYELESAIAN MASALAH, KONEKSI MATEMATIS, SELF EFFICACY THE EFFECTIVENESS OF REACT STRATEGY VIEWED FROM LEARNING ACHIEVEMENT, PROBLEM SOLVING ABILITY, MATHEMATICAL CONNECTION, SELF EFFICACY. http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/index
Raden Intan, I. (2015a). Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Buku Ajar Elektronik Interaktif (BAEI) yang Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Nanang Supriadi. In Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 6, Issue 1).
Raden Intan, I. (2015b). Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Buku Ajar Elektronik Interaktif (BAEI) yang Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Nanang Supriadi. In Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 6, Issue 1).
Septian, A., Inayah Program Studi Pendidikan matematika, S., Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Suryakancana, F., & Muwardi Kompleks Pasir Gede Raya Cianjur, J. (2020). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa SMK pada materi trigonometri. Jurnal Analisa, 6(1), 28–39. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/index
Setyaningsih, E., Bondan Widjajanti, D., Muhammadiyah Kasuran Sleman Margodadi, S., & Istimewa Yogyakarta, D. (2015). Keefektifan Pendekatan Problem posing Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Koneksi Matematis, dan Disposisi Matematis The Effectiveness of Problem Posing Approach in Terms of Achievement, Mathematical Connection Ability and Mathematical Disposition in Mathematics. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 28–37. http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras
Yadav, A., Gretter, S., Good, J., & McLean, T. (2017). Computational Thinking in Teacher Education. In Emerging Research, Practice, and Policy on Computational Thinking (pp. 205–220). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-52691-1_13
Yudha, A. (2019). Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dengan Scaffolding Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Di Smp Negeri 6 Kota Bengkulu. In JPMR (Vol. 04, Issue 01). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v13i3.13988
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika