PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBANTUAN MIND MAPPING DAN GEOGEBRA DENGAN PENDEKATAN RME PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aini, Annisa, dkk. (2012). Metode Mind MappingUntuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. 1 (1), 125 – 137.
Andarwati, Dian dan Kuswari Hernawati. (2013). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Penemuan TerbimbingBerbantuanGeogebra Untuk MembelajarkanTopik Trigonometri Pada Siswa Kelas X SMA. ISBN : 978 – 979 – 16353 – 9 – 4.
Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdaka.
Azikin, (2013). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP dalam Setting Pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education.Unnes Journal of Mathematics Education Research. Vol 2 no 1. http://journal.unnes.ac.id/sju/inde x.php/ujmer.
Artianningsih, dkk. (2013). Penerapan Mind Mapping Dengan Media Prezi Untuk Meningkatkan Prestasi Dan Partisipasi Belajar Akuntansi. Jurnal Penelitian UNS. 2 (1), 39 – 48.
Fathurrohman, Muhammad dan Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia
Ismawati, N dan Hindarto. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Struktural Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan HasilBelajar Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 7 (2011), 38-41. http://journal.unnes.ac.id.
Jamalong, Ahmad. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Kooperatifnumbered Heads Together (NHT) Di Kelas X SMA Negeri 1 Beduai Kabupaten Sanggau. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 18 (4), 394 – 411.
Jaya, S. (2012). Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar FisikaPeserta Didik Kelas X Semester 2Di SMK Negeri 3 Singaraja. 1 (2).
Kusumaningtyas, W.K, dkk. (2013). Penerapan PMRI Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berbantuan Alat Peraga Materi Pecahan. Unnes Journalof Mathematics Education. 1 (2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme.
Latif, Yajid, dkk. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Camtasia pada pokok Bahasan Lingkaran melalui Edmodo untuk Siswa MTs. Jurnal Kreano. 4 (2), 105 – 114..
Misdalina, dkk. (2009). Pengembangan Materi Integral Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Di Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika. 3 (2), 61 – 74. http://eprints.unsri.ac.id/791/1/6_GANJIL_MISDALINA.
Mahmudi, A. 2010. Membelajarkan geometri dengan program geogebra. UNY
Mappeasse, M.Y. (2009). Pengaruh Cara Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal MEDTEK. 1(2).
Mulyanto, Respaty.(2007) Pendekatan rme untuk meningkatkanPemahaman operasi pengurangan bilangan bulatNegatif pada pembelajaran matematika di sdnSukalerang i kabupaten sumedang.“JURNAL, Pendidikan Dasar “ Nomor: 8 - Oktober 2007.
Novikasari, Ifada. (2007). Realistic Mathematics Education (RME): Pendekatan Pendidikan Matematika dalam Konsep dan Realitas.jurnal pemikiran alternatif pendidikan. 12 (1), 93-106.
Nuriani, N.R. (2014). Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Inquiry Berbantuan Pendekatan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Derivat. 1 (1), 8 – 18.
Priantini, Okta, dkk. (2013). Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Prestasi Belajar IPS. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3.
Pribadi. 2010. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Dian Rakyat
Rhosyida, Nelly dan Jailani. (2014). Pengembangan Modul Matematika SMK Bidang Seni, Kerajinan, Dan Pariwisata Berbasis Open-Ended Problem Sebagai Implementasi KTSP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 1 (1), 35 – 47.
Rohman, Moch Fatkoer. 2013. Panduan Penggunaan GeoGebra Software Alat Bantu Pembelajaran Matematika.http://www.mathzone.web.id
Sani, Ridwan Addullah. 2013. Inovasi pembelajaran. Yogyakarta : Bumi Aksara
Sanjaya, Wina. 2011. Perencanaan Desain Sistem Pembelajaran.Jakarta: Kencana.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Susanti, Dian Susi, Dkk .Model pembelajaran rme (realistics mathematic education) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD negeri krapyak 2 tahun ajaran 2011/2012. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/1700.
Supardi U.S. (2012) Pengaruh pembelajaran matematika realistik terhadapHasil belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar. Cakrawala Pendidikan, Juni 2012, Th. XXXI, No. 2. http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/download/1560/pdf.
Sutarni, Melania. (2011). Penerapan Metode Mind Mappingdalam Meningkatkan Kemampuan Mengerjakan Soal Cerita Bilangan Pecahan.Jurnal Pendidikan Penabur. No. 16/ Tahun ke-10, 26 – 33.
Tee, T. K, dkk. 2014. Buzan Mind Mapping: An Efficient Technique for Note-Taking. International Journal of Social, Education, Economics and Management Engineering. 8 (1).
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v7i2.1414
Refbacks
- There are currently no refbacks.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika