PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBANTUAN MIND MAPPING DAN GEOGEBRA DENGAN PENDEKATAN RME PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS

Nila Amrina

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan video pembelajaran berbantuan mind mapping dan geogebra dengan pendekatan RME mencapai valid dan dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Satu Atap Gajah Demak pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII A sebagai kelas eksperimen. Sebelum diuji cobakan di lapangan, bahan ajar terlebih dahulu dilakukan uji validasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil dari validasi ahli materi adalah 85,83% dan hasil dari validasi media sebesar 86,32%, maka menunjukan kriteria baik. sehingga perangkat tersebut layak untuk di gunakan. Hasil uji coba lapangan menunjukkan thitung> ttabel yaitu . maka, hipotesis H0 ditolak artinya rata-rata prestasi belajar pada kelas eksperimen lebih baik dari pada rata-rata pada kelas kontrol dengan rata-rata kelas eksperimen sebesar 79,08 dan kelas kontrol 73,5, sehingga dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan video pembelajaran berbantuan mind mapping dan geogebra dengan pendekatan RME mencapai valid dan prestasi belajar siswa yang menggunakan video pembelajaran berbantuan mind mapping dan geogebra dengan pendekatan RME lebih baik dari pada pembelajaran konvensional.

Full Text:

PDF

References


Aini, Annisa, dkk. (2012). Metode Mind MappingUntuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. 1 (1), 125 – 137.

Andarwati, Dian dan Kuswari Hernawati. (2013). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Penemuan TerbimbingBerbantuanGeogebra Untuk MembelajarkanTopik Trigonometri Pada Siswa Kelas X SMA. ISBN : 978 – 979 – 16353 – 9 – 4.

Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdaka.

Azikin, (2013). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP dalam Setting Pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education.Unnes Journal of Mathematics Education Research. Vol 2 no 1. http://journal.unnes.ac.id/sju/inde x.php/ujmer.

Artianningsih, dkk. (2013). Penerapan Mind Mapping Dengan Media Prezi Untuk Meningkatkan Prestasi Dan Partisipasi Belajar Akuntansi. Jurnal Penelitian UNS. 2 (1), 39 – 48.

Fathurrohman, Muhammad dan Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia

Ismawati, N dan Hindarto. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Struktural Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan HasilBelajar Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 7 (2011), 38-41. http://journal.unnes.ac.id.

Jamalong, Ahmad. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Kooperatifnumbered Heads Together (NHT) Di Kelas X SMA Negeri 1 Beduai Kabupaten Sanggau. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 18 (4), 394 – 411.

Jaya, S. (2012). Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar FisikaPeserta Didik Kelas X Semester 2Di SMK Negeri 3 Singaraja. 1 (2).

Kusumaningtyas, W.K, dkk. (2013). Penerapan PMRI Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berbantuan Alat Peraga Materi Pecahan. Unnes Journalof Mathematics Education. 1 (2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme.

Latif, Yajid, dkk. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Camtasia pada pokok Bahasan Lingkaran melalui Edmodo untuk Siswa MTs. Jurnal Kreano. 4 (2), 105 – 114..

Misdalina, dkk. (2009). Pengembangan Materi Integral Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Di Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika. 3 (2), 61 – 74. http://eprints.unsri.ac.id/791/1/6_GANJIL_MISDALINA.

Mahmudi, A. 2010. Membelajarkan geometri dengan program geogebra. UNY

Mappeasse, M.Y. (2009). Pengaruh Cara Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal MEDTEK. 1(2).

Mulyanto, Respaty.(2007) Pendekatan rme untuk meningkatkanPemahaman operasi pengurangan bilangan bulatNegatif pada pembelajaran matematika di sdnSukalerang i kabupaten sumedang.“JURNAL, Pendidikan Dasar “ Nomor: 8 - Oktober 2007.

Novikasari, Ifada. (2007). Realistic Mathematics Education (RME): Pendekatan Pendidikan Matematika dalam Konsep dan Realitas.jurnal pemikiran alternatif pendidikan. 12 (1), 93-106.

Nuriani, N.R. (2014). Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Inquiry Berbantuan Pendekatan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Derivat. 1 (1), 8 – 18.

Priantini, Okta, dkk. (2013). Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Prestasi Belajar IPS. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3.

Pribadi. 2010. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Dian Rakyat

Rhosyida, Nelly dan Jailani. (2014). Pengembangan Modul Matematika SMK Bidang Seni, Kerajinan, Dan Pariwisata Berbasis Open-Ended Problem Sebagai Implementasi KTSP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 1 (1), 35 – 47.

Rohman, Moch Fatkoer. 2013. Panduan Penggunaan GeoGebra Software Alat Bantu Pembelajaran Matematika.http://www.mathzone.web.id

Sani, Ridwan Addullah. 2013. Inovasi pembelajaran. Yogyakarta : Bumi Aksara

Sanjaya, Wina. 2011. Perencanaan Desain Sistem Pembelajaran.Jakarta: Kencana.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Susanti, Dian Susi, Dkk .Model pembelajaran rme (realistics mathematic education) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD negeri krapyak 2 tahun ajaran 2011/2012. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/1700.

Supardi U.S. (2012) Pengaruh pembelajaran matematika realistik terhadapHasil belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar. Cakrawala Pendidikan, Juni 2012, Th. XXXI, No. 2. http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/download/1560/pdf.

Sutarni, Melania. (2011). Penerapan Metode Mind Mappingdalam Meningkatkan Kemampuan Mengerjakan Soal Cerita Bilangan Pecahan.Jurnal Pendidikan Penabur. No. 16/ Tahun ke-10, 26 – 33.

Tee, T. K, dkk. 2014. Buzan Mind Mapping: An Efficient Technique for Note-Taking. International Journal of Social, Education, Economics and Management Engineering. 8 (1).




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v7i2.1414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats