PENGEMBANGAN E- MODUL MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI BILANGAN BULAT

Muhamad Syarif Hidayatulloh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan e-modul matematika dengan model problem based learning pada materi bilangan bulat kelas VII. Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas VII MTs Miftahul Huda Kangkung. Penulis menggunakan teknik clusster random sampling untuk menentukan sampel yang digunakan. Diperoleh kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Variabel bebas yang digunakan adalah motivasi peserta didik ( ) yang diobservasi selama proses pembelajaran, sedangkan variabel terikatnya berupa hasil belajar peserta didik ( ̂) yang diperoleh melalui tes. Berdasarkan validator ahli media dan ahli materi diperoleh persentase rata-rata sebesar 80% dan 85,65% hal ini menunjukkan bahwa e-modul matematika berbasis problem based pada materi bilangan bulat kelas VII yang dikembangkan valid dan layak untuk digunakan dalam penelitian. Hasil yang didapatkan menunjukkan rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 82,55 yang berarti hasil belajar peserta didik sangat baik. Hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol.. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan e-modul matematika berbasis problem based learning pada materi bilangan bulat kelas VII valid dan pembelajaran dengan e-modul matematika berbasis berbasis problem based learning pada materi bilangan bulat kelas VII efektif.

Full Text:

PDF

References


Ariawan, I Putu Wisna. 2012. pengembangan Model dan Perangkat Pembelajaran Geometri Bidang Bantuan Open Software Geogebra. Jilid 45, Nomor 2, Juli 2012, 141-150. 24 Desember 2014.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.

Budiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University press.

Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya.

Dimyanti dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rhineka Cipta.

Fadhilah, Nur. 2015. Pengembangan modul matematika berbasis Problem Based Learning berbantuan software Cabri 3D pada pokok bahasan kubus dan balok. Skripsi : UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hosnan. 2014. Pendidikan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Lidinillah, Dindin Abdul Muiz. 2012. Pembelajaran Berbasis Masalah ( Problem Based Learning ). 17 Desember 2014.

Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif membuat bahan ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Pribadi, Benny A. 2010. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Sagala. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Salamah, Ummi. 2014. Pengembangan e-modul menggunakan Flipbook maker pro berbasis saintifik melalui model problem based learning untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa materi eksponen dan logaritma. Skripsi : UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rhineka Cipta.

Sofiana, Dina. 2015. Pengembangan E-modul matematika berbasis Problem Based Learning dengan pendekatan matematika realistik pada pokok bahasan aritmatika sosial. Skripsi :UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukirman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Peagogja.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v7i2.1416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats