PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL BERBANTU PREZI DAN GEOGEBRA POKOK BAHASAN SEGITIGA DAN SEGIEMPAT DI SMP

Arinda Alicea

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran yang berupa video pembelajaran berbasis kontekstual berbantu prezi dan geogebra pokok bahasan segitiga dan segiempat di SMP, sehingga menghasilkan media pembelajaran yang valid digunakan dalam pembelajaran.Penggunaan video tersebut diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar. Dalam menggunakan video pembelajaran berbasis kontekstual berbantu prezi dan geogebra pokok bahasan segitiga dan segiempat lebih efektif ataukah tidak dibanding dengan pembelajaran konvensional.Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D. Instrumen yang digunakan antaralain lembar review validasi ahli,dan tes. Dalam proses pengembangan, produk divalidasi oleh ahli yang berkompeten, dengan nilai untuk ahli media sebesar 92,5% dan ahli materi 95%. Setelah dinyatakan layak dan valid, produk dieksperimenkan di sekolah untuk melihat keefektifannya. Sampel eksperimen yaitu peserta didik kelas VII-C dan sebagai kelompok eksperimen dan VII-B sebagai kelompok kelas kontrol. Metode analisis data menggunakan uji statistic t-test satu sample pihak kanan dengan analisis mengunakan uji t ini diperoleh H0 ditolak karena thitung > ttabel yaitu 2,3>1,68, artinya hasil belajar siswa yang menggunakan video pembelajaran berbantuan prezi dan geogebra lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.Juga terlihat dari rata-rata kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol yaitu 79, 48 > 71,206. Selain itu untuk menguatkan, dilakukan juga uji ketuntasan yang menyatakan bahwa kelas eksperimen mencapai ketuntasan baik secara individu yaitu dengan uji z dimana Zhitung>Z(1-)= >1,645 dan secara klasikal prosentase 86%. Sehingga penggunaan video pembelajaran matematika layak, valid dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran pada materi segitiga dan segiempat.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Aripin B. 2009. Video Tutorial Menggunakan Camtasia Studio. Bandung : Oase Media

Arsyad, Azhar . 2014. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Press

Aunurrahman.2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Azwar, Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta : PT Pustaka Belajar

Carmen Manning. 2014. Tech Tools for Teachers, By Teachers:BridgingTeachers and Students. Jurnal Internasional, Volume 53, No 24-28

Dame, Rosida. 2009. Matematika Untuk SMP/MtS. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Dimyati, Mudjiono.2006.Belajar dan Pembelajaran.Jakarta ; Rhineka Cipta.

Eko, Ftriyanto. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Kelas X SMK Dengan Model Problem Solving Heuristic Berprinsip Pengelolaan Laboratorium Teenzania. Jurnal Euclid, vol.1, No.2

Hamdani. 2013.Strategi Beljar Mengajar.Bandung:CV Pustaka Setia

Ján Guncaga and Janka Majherová.2012. GeoGebra as a motivational tool for teaching and learning in Slovakia. Jurnal Internasional, Volume 1, No 1

Komalasari, Kokom . 2013. Pembelajaran Konstektual Konsep dan Aplikasi. Bandung ; Refika Aditama

Komara Endang. 2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: Radika Aditama

Luh Ni.2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Berbantuan Geogebra Dalam Upaya Meningkatkan Keterlibatan Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII. Universitas Ganesha

Nuharini, Dewi dan Tri Wahyuni. 2008. Matematika Konsep dan Aplikasinya Untuk SMP/Mts. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar:

Rezema Sitiatava. 2013. Desain Belajar Mengajar Kraetif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press.

Rosadi, Andrian.2012. Media Presentasi Prezi. Online posting http://teknologi.kompasiana.com/ diakses pada tanggal 11 Januari 2015 pukul 2010 WIB.

Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Jakarta : Ghalia

Sadiman, Arif, dkk. .2013. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Depok: Rajawali Press

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta : Reineka Cipta

Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor : Galia Indonesia

Sugiyono. 2014. Metode PenelitianKuantitatif, Kualitataif dan R&d. Bandung : Alfabeta

Sudjana.2005. Metoada Statistika. Bandung : Tarsito.

Sukardi.2008.Evaluasi Pendidikan : Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta : Bumi Aksara

Suprijono Agus. 2013. Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi PAIKEM). Yogyakarta: Putaka Pelajar.

Trianto.2010.Model Pembelajaran Terpadu:konsep, strategi dalam kurikulum KTSP. Jakarta ; Bumi Aksara

Yani Putri.2014. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Online Prezi dalam Pokok Bahasan Alat Optik pada Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 3 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan, Vol.5, No.2, 45-49

Zamrud. 2011. Camtasia Studio 7. Online posting http: //zamrudblog. Blogspot. Com.bdiakses 8 januari 2015 pukul 2010 WIB

Wahyuni Serly dkk. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Handout Matematika Berbasis Konstekstual Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika, Part 3 ,Vol. 1, No. 1, Hal. 84-88

Wibowo, Endro Joyo. 2011. Media Pembelajaran Interaktif Matematika Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v7i2.1417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats