EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN THINK-TALK-WRITE (TTW) DENGAN BERBANTU CABRI II PLUS 1.4 DAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGI EMPAT KELAS VII

Iin Handayani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi karena proses pembelajaran matematika, guru masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional yang cenderung membuat suasana kelas monoton, membosankan dan kurang menarik untuk itu model pembelajaran Discovery Learning dengan berbantu Cabri II Plus 1.4 dan alat peraga dan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dengan berbantu Cabri II Plus 1.4 dan alat peraga sangat diperlukan. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Data diperoleh dari uji post-test dengan soal uraian. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment. Berdasarkan analisa dari perhitungan ANAVA diperoleh nilai Fhitung > Ftabel, maka terdapat perbedaan dari hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan berbantu Cabri II Plus 1.4 dan alat peraga, model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dengan berbantu Cabri II Plus 1.4 dan alat peraga dan model pembelajaran konvensional. Dari perhitungan uji t dua pihak diperoleh , jadi tidak ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan berbantu Cabri II Plus 1.4 dan alat peraga dan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dengan berbantu Cabri II Plus 1.4 dan alat peraga. Dari perhitungan uji t satu pihak kanan diperoleh thitung > ttabel, maka hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan berbantu Cabri II Plus 1.4 dan alat peraga dan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dengan berbantu Cabri II Plus 1.4 dan alat peraga lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dengan berbantu Cabri II Plus 1.4 dan alat peraga dan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dengan berbantu Cabri II Plus 1.4 dan alat peraga efektif diterapkan pada materi Segitiga dan Segi Empat siswa kelas VII.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

-----------. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Asyono. 2005. Matematika kelas VII SMP & MTs. Jakarta : Bumi Aksara.

Dwijayanti, Ida. 2014. Efektifitas Kelas Humanistik dalam Pembelajaran Matematika terhadap Karakteristik Peserta Didik. http://e-jurnal.upgrismg.ac.id/index.php/aksi oma/article/download/554/509.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia

Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor : Ghalia Indonesia.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Kustandi, Cecep dan Bambang. 2011. Media Pembelajaran ; Manual dan Digital. Bogor : Ghalia Indonesia.

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Sudjana. 2005.Metode Statistik. Bandung :Tarsito.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung : Alfabeta.

------------. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Thobroni, Muhammad dan Arif. 2012. Belajar dan Pembelajaran : Pengembangan Wacana dan Praktisi Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Yogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Widodo, Supri&Asep. 2007. Pemanfaatan Cabri Geometri II Plus dalam Pembelajaran Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika pada Pokok Bahasan Geometri. http://file.upi.edu/Direktori/jurnal.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v7i2.1418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats