Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament(TGT) Berbantuan Kartu Soal terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa

Umi Sya'adah, Sutrisno Sutrisno, Nurina Happy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran TGT berbantuan kartu soal efektif terhadap minat dan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Quasi Eksperimental Design berbentuk Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Pegandon tahun ajaran 2022/2023. Melalui teknik cluster random sampling terpilih sampel yaitu VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas Multivariat, Uji Homogenitas Matriks Kovarian, Uji Hotelling T2 dan Uji t. Pada analisis awal, yang diambil dari nilai ulangan harian dan lembar angket minat belajar siswa, menunjukkan bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan berasal dari populasi yang homogen. Pada analisis data akhir, yang diambil dari nilai posttest dan angket minat belajar siswa, menunjukan hasil bahwa minat belajar dan hasil belajar siswa pada model pembelajaran TGT berbantuan kartu soal lebih baik daripada model pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT berbantuan kartu soal efektif terhadap minat dan hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Adam, F., Budhiarti, Y., & Bahri, S. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kartu Soal dengan Pendekatan Konstrutivistik Pada Mahasiswa PGSD STKIP Melawi. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 5(1), 12–21. http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/12.1.01.05.0063.pdf

Anggraeni, O. D., Sunandar, & Setyawati, R. D. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Jigsaw dan Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Game Jeopardy Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Kesatrian 1 Semarang. Prosiding SENATIK, 478–485. http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/sen_2017/sen_2017/paper/view/1690/0

Ardillah, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran STAD dan NHT Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X-1 dan X-2 Akutansi. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1), 19–23. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v6i1:.373

As’idah, N. (2021). Penggunaan Model Team Game Tournament (TGT) Berbantuan Media LKS dan Kartu Soal Untuk Meningkatkan Keaktivan dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri Mata Pelajaran Matematika Bagi Peserta Didik Klas X TBSM 1 SMK Negeri 1 Tonjong Semester II Tahun. Orbith: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa dan Sosial, 17(1), 46–55. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v17i1.2946

Dewi, P. Y., Sridana, N., Baidowi, & Sripatmi. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kempo. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 254–262. https://doi.org/10.29303/griya.v1i2.47

Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. M A T H L I N E: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113–122. https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.23

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hardiana, Y., Andari, T., & Krisdiana, I. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Menggunakan Media Ular Tangga dan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ) Tahun Ajaran 2014 / 2015. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(1). https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jipm.v4i1.840

Hermanto, F. (2020). Penerapan Model Team Games Turnament (TGT) Berbantuan Media Gambar pada Hasil Belajar dan Minat Peserta Didik Sub Materi Jaringan Pada Tumbuhan kelas VIII SMPN 5 Lahei Kabupaten Barito Utara. Palangka Raya: IAIN Palangka Raya. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/3263/

Hidayat, P. W., & Widjajanti, D. B. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dan Minat Belajar Siswa Dalam Mengerjakan Soal Open Ended Dengan Pendekatan CTL. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 63–75. https://doi.org/10.21831/pg.v13i1.21167

Irawan, A. (2017). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Edumath, 3(2), 164–170. https://doi.org/10.26638/je.461.2064

Irwanti, F., & Widodo, S. A. (2018). Efektivitas STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas VII. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, Yogyakarta, 927–935. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2439

Karim, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Berbantuan Media Gamtahan Docard Terhadap Minat Belajar Matematika (Penelitian terhadap Siswa Kelas IV SD Negeri SUtopati 1 Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang). Magelang: Universitas Muhammadiyah Magelang.

Rahmalina, Lady. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Dengan Bantuan Question Card Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Persamaan Kuadrat Kelas X Di SMA Negeri 6 Kediri. Journal of Personality and Social Psychology, 1–9. http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/12.1.01.05.0063.pdf

Riwahyudin, A. (2015). Pengaruh Sikap Siswa dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kabupaten Lamandau. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 11–23. https://doi.org/10.21009/jpd.061.02

Sahaya, R., Saputri, E. D., & Khoirotunnisa, A. U. (2020). Model Pembelajaran Teams Games Tournament ( TGT ) Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMAN 1 Sugihwaras. Jurnal Pendidikan Edutama, 1–7. http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/887/

Septianni, A. (2019). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa. PEDIAMATIKA: Journal of Mathematical Science and Mathematics Education, 1(1), 189–200. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/pmat/article/view/5080

Seran, E. B., Ladyawati, E., & Susilohadi. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 115–120. https://doi.org/10.36456/buana_matematika.8.2:.1749.115-120

Simbolon, N. (2013). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 1(2), 14–19. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/1323

Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sulistyowati, T. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika di SMPN 2 Sumbergempol Tahun Ajaran 2016/2017. Tulungagung: UIN Satu Tulungagung. http://repo.uinsatu.ac.id/7099/

Sutrisno, Mardiyana, & Usodo, B. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan PTS dengan Pendekatan SAVI Terhadap Prestasi dan Motivasi Belajar Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 1(7), 661–671. http://jurnal.pasca.uns.ac.id

Sutrisno, & Wulandari, D. (2018). Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) untuk Memperkaya Hasil Penelitian Pendidikan. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 37–53. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2472

Wahyu, M., Sukaya, & Thamrin. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 6(2), 22–28. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/voteteknika.v6i2.102068




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v14i2.15073

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats