PENGARUH PENERAPAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KURIKULUM 2013 TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Keberhasilan dunia pendidikan dipengaruhi oleh beberapa komponen, diantaranya guru, sarana dan prasarana serta lingkungan belajar yang efektif dan menyenangkan. Guru sebagai salah satu komponen di dalamnya memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar. Terealisasinya proses belajar mengajar yang optimal menggunakan kurikulum 2013, guru harus mampu mengembangkan rencana pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013. Oleh karena itu, sebagai guru persiapan secara matang harus dituangkan dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasikan kegiatan belajar mengajar. Guru yang profesional harus memiliki kompetensi dalam melaksanakan program pembelajaran. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki guru adalah kompetensi pedagogik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran matematika berbasis kurikulum 2013 terhadap prestasi belajar matematika peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri se-Kota Tegal tahun pelajaran 2016/2017 yang telah menerapkan kurikulum 2013 yang terdiri dari 6 SMP dengan jumlah kelas sebanyak 45 kelas dan sebanyak 1.354 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Dengan menggunakan rumus formula empiris jumlah sampel yang digunakan sebesar 302 responden yang terbagi dalam 10 kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, ada pengaruh penerapan kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran matematika berbasis kurikulum 2013 terhadap prestasi belajar matematika peserta didik dengan tingkat pengaruhnya sebesar 20,69%.
Kata Kunci: kompetensi pedagogik guru, pembelajaran matematika, kurikulum 2013, prestasi belajar.
Full Text:
PDFReferences
Sevilla, Consuelo G. dkk. 2006. Pengantar Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Indonesia.
Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Pt Bumi Aksara
Sulaiman dkk. 2014. Proses Integrasi Sikap dalam Pembelajaran Matematika SMP Berdasarkan Kurikulum 2013 (Studi Kasus pada Proses Pembelajaran Kelas VII SMP Al Azhar Syifa Budi Solo Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol.2, ISSN 2339-1685.
http://download.portalgaruda.org/article.php?article=157542&val=5816&title=PROSES%20INTEGRASI%20SIKAP%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20%20MATEMATIKA%20SMP%20BERDASARKAN%20KURIKULUM%202013%20(Studi%20Kasus%20pada%20Proses%20Pembelajaran%20Kelas%20VII%20SMP%20Al%20Azhar%20%20Syifa%20Budi%20Solo%20Semester%20Ganjil%20Tahun%20Pelajaran%202013/2014) (11 Desember 2016)
Trianto dan Titik. 2007. Sertifikasi Guru dan Upaya Peningkatan Kualifikasi, Kompetensi Dan Kesejahteraan. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Ummah dkk. 2013. Analisis Kompetensi Guru Matematika Berdasarkan Persepsi Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo. Vol.1, ISSN 2337-8166. http://lppm.stkippgri-sidoarjo.ac.id/files/Analisis-Kompetensi-Guru-Matematika-Berdasarkan-Persepsi-Siswa.pdf (11 Desember 2016)
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1508
Refbacks
- There are currently no refbacks.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika