PENGEMBANGAN COMIC MATH DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA PADA METERI KUBUS DAN BALOK DI SMP
Abstract
Era teknologi dan informasi yang semakin pesat akan membuat terkikisnya nilai budaya. Budaya yang berkaitan dengan konsep-konsep matematika biasa disebut etnomatematika. Proses pembelajaran tidak akan efektif dan menarik apabila guru hanya ceramah tentang hal-hal yang terjadi. Untuk itulah diperlukan suatu media yang dapat dilihat, dapat didengar dan dapat dibaca oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berbasis comic math dengan pendekatan etnomatematika yang valid dan efektif pada materi kubus dan balok. Penelitian ini dilaksanakan di SMP IT Assa’idiyyah Kirig Mejobo Kudus pada tanggal 29 April sampai 16 Mei 2017. Desain penelitian ini menggunakan model pengembangan yang dimodifikasi oleh Sukmadinata yaitu: (1) Studi Pendahuluan (2) Pengembangan Model (3) Uji Model. Tetapi pada penelitian ini hanya sampai pengembangan model. Pada tahap pertama yaitu studi pendahuluan terdiri dari studi kepustakaan tentang komik dan etnomatematika. Selanjutnya survei lapangan dilakukan untuk mengetahui kemampuan dan minat belajar siswa. Lalu penyusunan produk awal meliputi (1) Menentukan karakter dalam comic math (2) Menyusun alur cerita dalam comic math (3) Membuat desain media comic math. Pada tahap kedua yaitu pengembangan model yaitu uji coba terbatas yang mengambil 2 buah kelas, kelas VIII A sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional dan kelas VIII Tahfidz sebagai kelas eksperimen menggunakan media comic math dengan pendekatan etnomatematika. Uji keefektifan produk ditunjukkan dari hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol menggunakan uji t pihak kanan, dengan analisis menggunakan uji t didapatkan hasil thitung>ttabel yaitu 2,68>1,67722, artinya pembelajaran dengan menggunakan comic math dengan pendekatan etnomatematika lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
Kata kunci: Komik, Comic Math, Pendekatan Etnomatematika
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, DI dkk. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII. Unnes Journal of Mathematics Education. Vol 4. No 3. Hal 285-291. ISSN 2252-6927
Anitah, Sri. 2012. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka
Buchori, Achmad and Rina Dwi Setyawati. (2015). Development Learning Model of Charactereducation Through E-Comic In Elementary School. International Journal of Education and Research. Vol. 3. No. 9. Pages 369-386. ISSN: 2411-5681
Graham, Steven. (2011). Comics in the Classroom: Something to Be Taken Seriously. Language Education in Asia. Volume 2. Issue 1. Pages 92-102
Gumelar, M. S. 2011. Comic Making. Jakarta: Indeks
Ismawanto. (2014). Pengembangan CD Interaktif Berbantuan Swishmax Dengan Model Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII Semester II. Prosiding Mathematics And Sciences Forum 2014. Vol 2. No. 2. Hal 527-534. ISBN 978-602-0960-00-5
Massarwe, Khayriah etc. 2010. An Ethnomathematics Exercise in Analyzing and Constructing Ornaments in a Geometry Class. Journal of Mathematics & Culture. Vol. 5. No. 1. Hal 1-20. ISSN 1558-5336
Murtianto, Yanuar Hery dan Lukman Harun. (2014). Pengembangan Strategi Pembelajaran Matematika SMP Berbasis Pendekatan Metakognitif Ditinjau dari Regulasi Diri Siswa. AKSIOMA. Vol 5. No 2. Hal 76-92
Rasiman dan Noviana Dini Rahmawati. (2014). Pengembangan Media E-Comic Berbasis Flip Book Maker dengan Pendekatan Scientific Learning Pada Siswa Kelas VIII SMP N 15 Semarang. Prosiding Mathematics and Sciences Forum 2014. Vol 3. No 1. Hal 643-650. ISBN 978-602-0960-00-5
Reilly, Edel M. (2014). Superheroes in Math Class: Using Comics to Teach Diversity Awareness. International Journal work and days Vol. 32. No. 1&2. Hal 61-74
Septy, Liana dkk. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Komik pada Materi Peluang di Kelas VIII. Jurnal Didaktik Matematika. Vol. 2. No. 2. Hal 16-26
Sirate, Sitti Fatimah S. (2015). Menggagas Integrasi Multikultur Pembelajaran Matematika: Suatu Telaah Etnomatematika. Auladuna. Vol. 2. No. 2. Hal 246-263
Tse-Kian, Ken Neo. (2003). Using Multimedia in a Constructivist Learning Environment in the Malaysian Classroom . Australian Journal of Educational Technology. Vol. 19. No 3. Pages 293-310
Tuncel, Gül and Özge Ayva. (2010). The utilization of comics in the teaching of the“human rights”concept. Procedia Social and Behavioral Sciences 2. Volume 2. Issue 2. Pages 1447–1451
Zhang, Weizhong and Qinqiong Zhang. (2010). Ethnomathematics and Its Integration within the Mathematics Curriculum, Journal of Mathematics Education. Vol. 3. No. 1. pp.151-157
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1531
Refbacks
- There are currently no refbacks.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika