Analisis kemampuan literasi matematika dalam menyelesaikan masalah trigonometri ditinjau dari gaya kognitif
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Dempet. Pemilihan subjek berdasarkan hasil tes gaya kognitif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunkan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa bergaya kognitif reflektif dapat memenuhi ketiga indikator kemampuan literasi matematika diantaranya: merumuskan (formulating), menerapkan (employing), dan menafsirkan (interpreting). Kemampuan literasi matematika siswa bergaya kognitif implusif memenuhi ketiga indikator literasi matematika diantaranya: merumuskan (formulating), menerapkan (employing), dan menafsirkan (interpreting).
Full Text:
PDFReferences
Anggrieni, N., & Putri, R. I. I. (2018). Analisis kemampuan literasi matematika siswa kelompok kecil dalam menyelesaikan soal matematika tipe PISA, In Prosiding Sendikmad 6, Universitas Ahmad Dahlan, 6(1), 472-481.
Ayuningtyas, N. (2017). Profil Literasi Matematis Konten Change and Relationship Siswa Kelas X Ditinjau Dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. Jurnal Edukasi, 3(1), 99–110. http://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/1
Depdiknas. (2006). Buku Saku: Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMP, Ditjen Mandikdasmen, Depdiknas., Rosda, 46.
Firestone, P., & Douglas, V. (1977). The Effects of Verbal and Material Rewards and Punishers on the Performance of Impulsive and Reflective Children. In Child Study Journal, 7(2), 71-77.
Fitria, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Aritmetika Sosial Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 786–792.
Happy, N., Alfin, Z. F., & Handayanto, A. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dengan Gaya Kognitif Reflektif Pada Materi Segiempat Berdasarkan Newman’S Error Analysis (Nea). FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(2), 129. https://doi.org/10.24853/fbc.5.2.129-140
Happy, N., Listyani, E., & Si, M. (2011, July). Improving The Mathematics Critical And Creative Thinking Skills In Grade 10 th SMA Negeri 1 Kasihan Bantul On Mathematics Learning Through Problem-Based Learning (PBL). In Makalah disajikan dalam International Seminar and The Fourth National Conference on Mathematics Education, Departement of Mathematics Education, di Universitas Negeri Yogyakarta.
Jingga, A. A., Mardiyana, & Setiawan, R. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Identitas Trigonometri pada Siswa Kelas X Semester 2 SMA Negeri 1 Kartasutra Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(5), 48–62.
Kariadinata, R. (2018). Buku Trigometri Dasar. Bandung: Pustaka Setia.
Khasmawati, H., Setyawati, R. D., & Happy, N. (2018, September). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Siswa Berkemampuan Tinggi Pada Materi Aritmatika Sosial. In SENATIK 2018.
Masjaya, & Wardono. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningatkan SDM. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 568–574.
Mulyono, A. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka
Cipta,
Novita, N., Mellyzar, M., & Herizal, H. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i1.1568
OECD. (2019). Programme for international student assessment (PISA) results from PISA 2018. PISA 2018 Result Combined Executive Summaries. PISA-OECD Publishing.
Pulungan, D. A. (2014). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Matematika Model PISA (Developing Instrument of Mathematical Literacy Test Based on PISA Model). Journal of Educational Research and Evaluation, 3(2), 2–6.
Purwanti, A. F., Mutrofin, & Alfarisi, R. (2012). Analisis Literasi Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Matematis-Logis Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 131–142.
Rahmawati. (2014). Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 452. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i4.158
Sholekah, A. W. (2020). Diajukan untuk memenuhi kewajiban dan syarat guna memperoleh gelar sarjana pendidikan. Skripsi Publikasi, 259.
Sternberg, R. J., & Gringorenko, E. L. (1997). Are cognitive styles still in style? American Psychologist. American Psychologist, 52(700–712), 700–712.
Sugiyanti, S., Utami, R. E., & Indriana, K. (2018). Profil Metakognisi Mahasiswa Perempuan Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Impulsif. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(1), 91. https://doi.org/10.30734/jpe.v5i1.144
Ulya, H. (2015). Hubungan Gaya Kognitif Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(2). https://doi.org/10.24176/jkg.v1i2.410
Utami, R. E., Ekawati, C., & Handayanto, A. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Aljabar Dalam. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 13–24.
Utami, N., Sukestiyarno, Y. L., & Hidayah, I. (2020). Kemampuan Literasi dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas IX A. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 626-633. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37679
Warli, W. (2013). Kreativitas Siswa SMP Yang Bergaya Kognitif Reflektif Atau Impulsif Dalam Memecahkan Masalah Geometri. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 20(2), 190–201.
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v14i1.15314
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika