Implementasi Model Direct Instruction dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Prestasi dan Minat Belajar Siswa

Hanung Unggul Prastawa, Sutrisno Sutrisno, Sri Hastuti

Abstract


Tujuan utama seorang guru saat mengajar di kelas adalah mencapai prestasi belajar siswa yang optimal, namun berdasarkan hasil observasi di kelas X-J MAN 2 Kota Semarang pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 prestasi belajar hanya 54,29% siswa yang nilai matematikanya ≥75 dari total 35 siswa, serta minat belajar matematika yang rendah dengan persentase 54,79%. Salah satu faktornya adalah penggunaan model pembelajaran ekspositori oleh guru yang masih menjadi penyebab, sehingga diperlukan adanya inovasi dalam model pembelajaran guna meningkatkan prestasi dan minat belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi dan minat belajar matematika siswa melalui model Direct Instruction (DI) dengan pendekatan inkuiri terbimbing. Tahapan penelitian ini yaitu (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Pengamatan atau observasi, dan (4) Refleksi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu (1) Tes prestasi belajar, (2) Angket minat belajar matematika, dan (3) observasi pelaksanaan pembelajaran. Hasil analisis pada penelitian ini ditemukan bahwa ketuntasan tes prestasi belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 65,71% dan pada siklus II sebesar 77,14% artinya terjadi peningkatan prestasi belajar dengan persentase 11,43%. Persentase angket minat belajar pada siklus I yaitu 65,07% dan pada siklus II yaitu 70,57% sehingga terjadi peningkatan 5,5% pada minat belajar matematika. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran DI dengan pendekatan inkuiri terbimbing dapat meningkatkan prestasi dan minat belajar matematika siswa.

Kata kunci: Direct Instruction; Inkuiri Terbimbing; Prestasi Belajar; Minat Belajar


Full Text:

PDF

References


Amani, R. A. D. S. S., Mawarsari, V. D., & Suprayitno, I. J. (2021). Implementasi Model Problem Based Learning Dipadu Pendekatan Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Statistika Siswa Kelas VIII. Inovasi Riset dan Pengabdian Masyarakat Post Pandemi Covid-19 Menuju Indonesia Tangguh dan Tumbuh, Diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Unimus, 25 November 2021 (hal. 585-591). Kota Semarang: Prosiding Seminar Nasional Unimus. Diakses dari https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/view/828

Apriyanto, M. T., & Herlina, L. (2020). Analisis Prestasi Belajar Matematika pada Masa Pandemi Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, Diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Unindra, 2020 (hal 135–144). Jakarta Selatan. Diakses dari https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4774

Azmi, A. (2019). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Banda Aceh. Diakses dari https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10655/

Boxer, A. (2020). Guide to Explicit & Direct Instruction: An Evidence-informed Guide for Teachers. Suffolk, John Catt Educational.

Falah, B. N., & Fatimah, S. (2019). Pengaruh Gaya Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Euclid, 6(1), 25–34. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/e.v6i1.1226

Fu’ad, S. N., Khoir, N., F, D. J. N., Setiawan, S., & Rohmawati, A. (2019). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa melalui Metode Reward and Punishment di MTs. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(2), 160–178. https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i2.1617

Hanipah, H., & Sumartini, T. S. (2021). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Problem Based Learning dan Direct Instruction. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 83–96. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1028

Haryati, N. (2015). Hubungan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Se-gugus Wonokerto Turi Sleman Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta. Diakses dari https://eprints.uny.ac.id/23029/

Isrok’atun, & Rosmala, A. (2019). Model-Model Pembelajaran Matematika. Semarang, Bumi Aksara.

Iswara, E., & Sundayana, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dan Direct Instruction dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 223–234. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1258

Jakni. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bandung, Alfabeta.

Mashuri, S., Djidu, H., & Ningrum, R. K. (2019). Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika: Upaya Guru untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 112-125. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.25034

Meliana, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Mata Kuliah Matematika Dasar Materi Relasi dan Fungsi Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Berbasis Website. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, UIN Raden Intan. Lampung. Diakses dari https://repository.radenintan.ac.id/10125/

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Unsika, 2020 (hal. 659-663). Karawang: Prosiding Sesiomadika Unsika. Diakses dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685

Nurbaiti, N. (2020). Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas IX SMP LPMD Suka Maju Rambah. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(1), 240–249. https://journal.upp.ac.id/index.php/absis/article/view/576/341

Prastawa, H. U. (2022). Implementasi Lesson study Melalui Model Pembelajaran CORE Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self-Efficacy Materi Pola bilangan Kelas VIII. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Semarang. Kota Semarang. Diakses dari http://repository.unimus.ac.id/5953

Purnomo, J. (2021). Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CORE pada Siswa Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Baureno Bojonegoro. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 3(2), 149–160. https://doi.org/10.30762/factor-m.v3i2.3290

Sadiyyah, R., Gustiana, M., Panuluh, S. D., & Sugiarni, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Berbasis Mobile Learning untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Prisma, 8(1), 80–95. https://doi.org/https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.616

Sidik, M. I., & Winata, H. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction. Jurnal Manajemen Pendidikan Perkantoran, 1(1), 49–60. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3262

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750

Syamsudin, A. (2020). Analisis Kesalahan Coding Pemrograman Java pada Matakuliah Algoritma Pemrograman Mahasiswa Tadris Matematika IAIN Kediri. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 2(2), 102–114. https://doi.org/https://doi.org/10.30762/factor_m.v2i2.1711

Thabroni, G. (2022). Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction). Diakses dari https://serupa.id/model-pembelajaran-langsung-direct-instruction/

Warniti, G. A. (2020). Model Pembelajaran Direct Instruction dengan Metode Study Kasus untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Mimbar Pendidikan Indonesia. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(2). 95-100. https://doi.org/10.23887/mpi.v1i2.30197

Zetriuslita, Z., Nofriyandi, N., & Istikomah, E. (2020). The Effect Of Geogebra-Assisted Direct Instruction On Students’self-Efficacy And Self-Regulation. Infinity Journal, 9(1), 41–48. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/infinity.v9i1.p41-48




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v14i2.15900

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats