Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Bedilius Gunur, Apolonia Hendrice Ramda, Anjelina Riska, Maximus Tamur

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran Problem solving berbantuan Geogebra dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan desain Posttest Only Control Group Design. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri yang berjumlah 54 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan dengan teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving berbantuan geogebra lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional

Full Text:

PDF

References


Ariyanto, M., Kristin, F., & Anugeraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Guru Kita, 2(3), 106-115.

Fuadi, I., Minarni, A., & Banjarnahor, H. (2017). Analysis of students’ mathematical problem solving ability in IX grade at Junior High School Ar-Rahman Percut. International Journal of Novel Research in Education and Learning, 4(2), 153–159.

Gunur, B., Makur, A. P., & Ramda, A. H. (2018). Hubungan antara Kemampuan Numerik dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Pedesaan. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(2), 148-160.

Hadi, S., & Radiyatul. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya Untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematis Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53-61.

Indriana, L., & Maryati, I. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Segiempat Dan Segitiga Di Kampung Sukagalih. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 541-552.

Karimah, W. (2018). Penerapan Model Flipped Classroom Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 25-32.

Maarif, S. (2015). Integrasi Matematika Dan Islam Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika, 4(2), 223-236.

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Nopiyani , D., Turmudi, T., & Prabawanto, S. (2016). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 45-52.

Pratiwi, D. D. (2016). Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 191-202.

Purnomo, B. W., & Sari, A. F. (2021). Literasi Matematika Siswa IPS Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konteks Saintifik. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 357-368.

Ramadhani, R. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra. Jurnal Ilmiah "INTEGRITAS", 2(1), 67-82.

Reski, R., Hutapea, N., & Saragih, S. (2019). Peranan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa. Journal For Research In Mathematicslearning, 2(1), 49-57.

Ridwan, M., Nawawi, Z. M., & Asrizal, A. (2014). Konferensi Nasional Pengembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Prosiding.

Saragih, S., & Habeahan, W. L. (2014). The improving of problem solving ability and students’ creativity mathematical by using problem based learning in SMP Negeri 2 Siantar. Journal of Education and Practice, 5(35), 123–133.

Sari, P. C., Eriani, N. D., Audina, T., & Setiawan, W. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 411-416.

Siswanto, R. D., Dadan, D., Akbar, P., & Bernard, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Auditorial, Intelectually, Repetition (Air) Untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Siswa SMK Kelas XI. Journal On Education, 1(1), 66-74.

Sutarmi, K., & Suarjana, I. M. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Problem Solving Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 75-82.

Syahbana, A. (2016). Belajar Menguasai Geogebra (Program Aplikasi Pembelajaran Matematika). Palembang: Noer Fikri Offset.

Tampubolon, T., & Sitindaon, S. F. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Medan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 1(3), 260-268.

Wulandari, R., Suwarto, S., & Novaliyosi, N. (2021). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri Ruang Pada Pembelajaran Daring Dengan Model Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 197-206.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v14i2.16102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats