Efektifitas Media Plastisin Terhadap Pemahaman Konsep Materi Pecahan Kelas II SDIT Makarimal Akhlaq

Achmad Nazarudin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika, disebabkan karena kurangnya variasi strategi pembelajaran dalam mengajar berupa media pembelajaran. Proses pembelajaran tanpa menggunakan media pembelajaran sehingga kurangnya partisipati siswa dalam belajar, sehingga mengakibatkan pemahaman konsep siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas media plastisin terhadap pemahaman konsep materi pecahan kelas II SDIT Makarimal Akhlaq. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDIT Makarimal Akhlak yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling. Jadi, sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDIT Makarimal Akhlaq yang berjumlah 17 siswa atau diperoleh sejumlah dengan populasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis data yang mencakup uji hipotesis dan uji t. Diperoleh thitung> ttabel dengan diperoleh hasil 6,503 > 1,746, maka menunjukan terdapat perbedaan pemahaman konsep antara sebelum dan sesudah menggunakan media plastisin. Diperoleh hasil sig= 0,000 yang berarti lebih 0,000 < 0.05, maka dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, maka diperoleh hasil bahwa penggunaan media plastisin efektif  terhadap pada pemahaman konsep siswa materi pecahan di kelas II SDIT Makarimal Akhlaq.


Full Text:

PDF

References


Amelia, E., Attalina, S. N. C., & Widiyono, A. (2022). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 542–548. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Badriah, S. N., Erik, E., & Amini, U. (2022). Efektivitas Bermain Playdough dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Kelompok A RA An-Najah Cantilan Desa Karangmangu Kecamatan Susukan Lebak Kabupaten Cirebon. Hadlonah : Jurnal Pendidikan Dan Pengasuhan Anak, 3(1), 80. https://doi.org/10.47453/hadlonah.v3i1.705

Diana, P. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa : Ditinjau Dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24–32.

Een Unaenah, M. S. S. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siwa Kelas 5 Sekolah Dasar pada Materi Pecahan. Jurnal Basicedu, 3(1).

Hayati, S. I., & Marlina, R. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP pada Materi Bentuk Aljabar Di SMP IT Nurul Huda Batujaya. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 827–834. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.827-834

Ifadah, N. (2021). Diajukan untuk memenuhi kewajiban dan syarat guna memperoleh gelar sarjana pendidikan. In Skripsi Publikasi.

Kholbu, M. R. (2023). Penggunaan Media Plastisin dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6. Journal of Classroom Action Reserach, 5(2).

Magdalena, I., Nadya, R., Prahastiwi, W., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2021). Analisis Penggunaan Jenis-Jenis Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sd Negeri Bunder Iii. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(2), 377–386. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Grup Penerbit CV BUDI UTAMA.

Mukrimatin, N. A., Murtono, M., & Wanabuliandari, S. (2018). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Rau Kedung Jepara Pada Materi Perkalian Pecahan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 67–71. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2277

Nurdyansayh. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. UMSIDA Press.

Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran di Jenjang SD. CV Jejak, Anggota IKAPI.

Oktaviani, S., Priyantoro, D. E., & Hasanah, U. (2021). Penggunaan Media Plastisin dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak di KB Nurul Arif. Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education (IJIGAEd), 2(1), 35–37. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/IJIGAEd/

Radiusman. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(01).

Rosmawati, R. R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Self-Confidence Siswa pada Materi Aljabar dengan Menggunakan Pembelajaran Daring. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 275–290. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1261

Ruhama, R, W. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 1.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Alfabeta.CV.

Wirastania, A. (2019). Efektivitas Layanan Bimbingan Teknik Permainan terhadap Kreativitas pada Siswa Sekolah Dasar An Nur Surabaya. Jurnal Fokus Konseling, 5(2).




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v14i2.16108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats