Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMA Kelas XI
Abstract
Penelitian mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Peneliti ini memakai jenis kualitatif bersifat studi kasus. Guna memperoleh nilai, riset memakai teknis angket, tes, serta wawancara. Untuk menganalisis data, peneliti melakukan reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisa data, Siswa dengan gaya belajar visual mendapat kesulitan menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis dengan 3 indikator. Siswa dengan gaya belajar auditorial mengalami kesulitan saamenjawab soal pemecahan masalah matematis dengan 4 indikator. Siswa dengan gaya belajar kinestetik mendapat kesulitan dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis dengan 2 indikator.
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Mulyono. 2009. Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Batubara, J. (2017). Paradigma penelitian kualitatif dan filsafat ilmu pengetahuan dalam konseling. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 95. https://doi.org/10.26638/jtk.387.2099
Baroody, A. J. dan Niskayuna, R. T. C. (1993). Problem solving, reasoning, and communication, K-8. Helping children think mathematically. New York: Merril, an Impirit of MacMilan Publishing Company.
Bjuland, R. (2004). Student teachers reflections on their learning process through collaborative problem solving in geometry. Educational Studies in Mathematics, 55(1/3). 199- 22
Chotimah, N.H. 2014. Pengaruh model pembelajaran generatif (MPG) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa di kelas X pada SMA Negeri 8 Palembang.
Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Haryati, S. (2017). Pendidikan karakter dalam kurikulum 2013 Oleh: Sri Haryati (FKIP-UTM). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013, 19(2), 259–268.
Hudojo, Herman. 1988. Mengajar belajar matematika. Jakarta: Proyek pengembangan lembaga pendidikan tenaga kependidikan direktorat jenderal pendidikan tinggi departemen pendidikan dan kebudayaan.
Jeannotte, D., & Kieran, C. (2017). A conceptual model of mathematical reasoning for school mathematics. Educational Studies in Mathematics, 96(1), 1–16. https://doi.org/10.1007/s10649-017-9761-8
Kumalasari, Ade. 2013. Kesulitan belajar matematika siswa di tinjau dari segi kemampuan koneksi matematika. Yogyakarta.
Kumalasari, A., Prihadini, R. O., & Putri, E. (2013). Kesulitan belajar matematika siswa ditinjau dari segi kemampuan koneksi matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, November, MP-7-14
Kuntarto, E., Sofwan, M., & Mulyani, N. (2021). Analisis mamfaat penggunaan zoom dalam pembelajaran daring bagi guru dan siswa di sekolah dasar. Jurnal pendidikan dasar nusantara, 7(1), 49-62.
La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemampuan komunikasi matematik siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021.
Machmud, T., Pusi, R. A., & Pauweni, K. A. Y. (2022). Deskripsi disposisi matematis mahasiswa pada mata kuliah kalkulus 1 Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. 11(September), 349–358..org/training_
Montague, M. 2007. Math problem solving for middle school students with disabilities. Available : http://www.k8accesssenter
Nasution, R. S., Fauzi, K. M. A., & Syahputra, E. (2020). Pengembangan soal matematika model pisa pada konten space and shape untuk mengukur kemampuan penalaran matematis. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 1–10. https://doi.org/10.24114/paradikma.v13i1.22942
Ningrum, L.S. (2013). Analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika dalam bentuk cerita pokok bahasan barisan dan deret pada siswa kelas XII SMA Al- islam 3 Surakarta.
Nurfitri, R. A., & Jusra, H. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik ditinjau dari resiliensi matematis dan gender. 05(02), 1943–1954.
Pape, S. J. & Wang, C. (2003). Middle school children's strategic behavior: Classification and relation to academic achievement and mathematical problem solving. Instructional Science, 31(6). 419-449.
Pratama, U. (2020). Analisis gaya belajar mahasiswa pendidikan seni pertunjukan berdasarkan modalitas preferensi sensori. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 107–115. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p107
Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari resiliensi matematis siswa SMP. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 187. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3619
Prihatiningsih, R., Studi, P., Matematika, P., & Purworejo, U. M. (n.d.). Kecenderungan siswa dalam memilih bantuan belajar untuk mengatasi kesulitan belajar matematika. 60–65.
Rokhimah, S. (2015). Analisis kesulitan siswa dalam meyelesaikan soal cerita matematika materi aritmatika sosial kelas VII berdasarkan prosedur Newman. Universitas Negeri Semarang.
Rumasoreng, M. I., & Sugiman. (2014). Analisis kesulitan matematika siswa SMA/MA dalam menyelesaikan soal setara UN di Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1 (1), 22-34.
Ruseffendi, E.T. (1991). Pengajaran Matematika Modern dan Masa Kini. Tarsito: Bandung.
Sugiono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Parnayathi, I. G. A. (2020). Penggunaan metode pembelajaran team quiz sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar IPA. Journal of Education Action Research, 4(4), 473. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28642
Sukmadinita, nana syaodih. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sumarmo, U. (1994). Suatu alternatif pengajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada guru dan siswa Sekolah Menengah Atas di Kodya Bandung. Laporan penelitian UPI Bandung.
Susilowati, P. L., & Ratu, N. (2018). Analisis kesalahan siswa berdasarkan Tahapan newman dan scaffolding pada materi aritmatika sosial Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 13–24.
Toyyiba, A. (2018). Perbedaan kemampuan berpikir refleksi matematis siswa setelah diterapkan strategi pemecahan masalah cubes, star, dan rave ccc. 87.
Wardhani, S. 2010. Pembelajaran kemampuan pemecahan masalah matematika.
Wardhani, S. 2010. Pembelajaran kemampuan pemecahan masalah matematika.
Wahidin, U. (2018). Implementasi literasi media dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti. Edukasi islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(02), 229. https://doi.org/10.30868/ei.v7i2.284
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v14i2.16243
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika