Keefektifan modul pembelajaran materi segiempat ditinjau dari pemahaman konsep dan kemampuan literasi peserta didik
Abstract
Modul pembelajaran salah satu sumber belajar matematika yang dapat membantu peserta didik untuk memahami suatu konsep dan melatih kemampuan literasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan modul pembelajaran materi segiempat ditinjau dari pemahaman konsep dan kemampuan literasi dari peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen berbentuk posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Yogyakarta, dengan sampel kelas VII G sebagai kelas ekperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan cara berupa wawancara, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang utama menggunakan uji hipotesis dengan statistik uji mann whitney yang diawali dengan uji prasyarat. Hasil prayarat diperoleh data tidak normal namun homogen. Berdasarkan hal tersebut kemudian data diolah menggunakan teknik analisis non-parametrik. Hasil analisis uji Mann Whitney diperoleh Uhitung = 383,5 untuk pemahaman konsep dan Uhitung = 387,0 untuk kemampuan literasi. Hasil tersebut lebih besar dari Utabel yaitu 177. Dengan demikian, kesimpulan hasil dari penelitian ini adalah tidak ada keefektifan penggunaan modul pembelajaran berbasis kontekstual materi segiempat dan bangun gabungan ditinjau dari pemahaman konsep dan kemampuan literasi peserta didik SMP Negeri 2 Yogyakarta. Hasil ini diduga disebabkan faktor lingkungan belajar peserta didik yang kurang mendukung dalam belajar. Peserta didik kurang maksimal dalam bekerja kelompok dan kurang memperhatikan saat presentasi.
Full Text:
PDFReferences
Aditya, M., & Putra, A. (2016). Analisis Kesalahan Siswakelasviismp Al-Azharmandiri Paludalam Menyelesaikan Soal Ceritapada Materi Luas Dan Keliling Bangun Datar. Jurnal Eektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(2013), 1–7. https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/288/300
Alfiriani, A., & Hutabri, E. (2017). Kepraktisan dan keefektifan modul pembelajaran bilingual berbasis komputer. Jurnal Kependidikan, 1(1), 12–23. https://www.researchgate.net/profile/Adlia-Alfiriani/publication/327184910_Module/links/5b7eba7d92851c1e122a378e/Module.pdf
Amani, N. K. (2022). Mengenal Kurikulum Merdeka Belajar, Karakteristik Hingga Kriteria Umum. Www.Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/bisnis/read/5005662/mengenal-kurikulum-merdeka-belajar-karakteristik-hingga-kriteria-umum
Arnidha, Y. (2018). Analisis pemahaman konsep matematika siswa sekolah dasar dalam penyelesaian bangun datar. JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam), 3(1), 53–61.
Depdiknas. (2006). Peraturan menteri pendidikan nasional nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. https://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2009/04/permendiknas-no-22-tahun-2006.pdf
Fatqurhohman, F. (2016). Pemahaman Konsep Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 127–133.
Narut, Y. F., & Supardi, K. (2019). Literasi sains peserta didik dalam pembelajaran ipa di indonesia. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 3(1), 61–69.
Novitasari, D. S. (2019). Efektifitas Penggunaan Modul Fisika Berbasis Kearifan Lokal Materi Tata Surya terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gombong Kebumen [Universitas Islam Negeri Walisongo]. http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12483/1/SKRIPSI_1503066023_DWI SUCI NOVITASARI.pdf
Pratiwi, I. (2019). Efek program PISA terhadap kurikulum di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51–71. http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/1157/482
Putri, D. A., Susanti, V. D., & Apriandi, D. (2020). Pengembangan Modul Berbasis RME Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas XI SMK. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 138–146. http://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/JPM/article/view/470/673
Ramadhani, R., & Amudi, A. (2020). Efektifitas Penggunaan Modul Matematika Dasar Pada Materi Bilangan Terhadap Hasil Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 64. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2443
Sari, R. H. N. (2015). Literasi matematika: apa, mengapa dan bagaimana. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 8, 713–720.
Wulandari, S., Darma, Y., & Susiaty, U. D. (2019). Pengembangan modul berbasis pendekatan realistic mathematics education (RME) terhadap pemahaman konsep. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(1), 143–152.
Yerimadesi, Y., Putra, A., & Ririanti, R. (2017). Efektivitas penggunaan modul larutan penyangga berbasis discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIA SMAN 7 Padang. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 1(1), 17–23.
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v14i3.16777
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika