Hasil belajar siswa pada materi integral tak tentu dengan model flipped classroom
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu masalah yaitu masih rendahnya hasil belajar siswa. Penggunaan model pembelajaran menjadi salah satu solusi dalam keberhasilan belajar. Model Flipped Classroom merupakan model yang mampu memberi peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui model flipped classroom pada materi integral tak tentu fungsi aljabar di kelas XI SMA mencapai KKM serta untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran melalui model flipped classroom pada materi integral tak tentu fungsi aljabar di kelas XI SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Pre-Experimental Desain dengan desain one shot case study. Populasi penelitian ini ialah siswa kelas XI SMA Negeri 4 Banda Aceh dan sampel siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 4 Banda Aceh yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil analisis data diperoleh yaitu 1,77 > 1,69. Sehingga disimpulkan bahwa hasil belajar siswa melalui penerapan model flipped classroom pada materi integral tak tentu fungsi aljabar di kelas XI SMA Negeri 4 Banda Aceh mencapai KKM. Hasil analisis respon siswa mendapatkan persentase 86,17% dengan kategori sangat baik.
Kata kunci: hasil belajar; model flipped classroom; integral tak tentu
This research is motivated by a problem, namely the low student learning outcomes. The use of learning models is one of the solutions for successful learning. The Flipped Classroom model is a learning model that can be used to improve student learning outcomes. This study aims to see student learning outcomes through the flipped classroom model on indeterminate integral algebraic functions in class XI SMAN achieving KKM and to determine student responses to learning through the flipped classroom model on indeterminate integral algebraic functions in class XI SMA. This study uses a quantitative approach and the type of research is Pre-Experimental Design with a one shot case study design. The study population was students of class XI SMAN 4 Banda Aceh and a sample of students of class XI IPA 3 SMAN 4 Banda Aceh were taken by purposive sampling technique. Data collection uses tests and questionnaires. Data analysis techniques using the t-test. The results of data analysis obtained , that is 1.77 > 1.69. So it can be concluded that student learning outcomes through the application of the flipped classroom model on indeterminate integral material on algebraic functions in class XI SMA Negeri 4 Banda Aceh achieve KKM. The results of the analysis of student responses get a percentage of 86.17% in the very good category.
Keywords: learning outcomes; flipped classroom; indefinite integral
Full Text:
PDFReferences
Agustina, A., & Fuadiah, N. F. (2018). Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII dalam penerapan model penemuan terbimbing. Jurnal LEMMA: Letters of Mathematics Education, 5(1), 52–60. https://doi.org/10.22202/jl.2018.v5i1.3006
Amelia, S., & Yadrika, G. (2019). Analisis kesalahan siswa SMA dalam menyelesaikan soal integral. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 124–131. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.132
Ario, M., & Asra, A. (2019). Pengembangan video pembelajaran materi integral pada pembelajaran flipped classroom. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 20–31. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1709
Baktiyar, Y., Afghohani, A., & Farahsanti, I. (2020). Hubungan pembelajaran berbasis e-learning menggunakan aplikasi google classroom dengan prestasi belajar matematika.” AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 11(2), 267–73.
Drake, L., Kayser, M., & Jacobowitz, R. (2016). A 2020 vision for public education in Ulster County the flipped classroom. An approach to teaching and learning. In The Benjamin Center, SUNY New Paltz.
Fedistia, R., & Musdi, E. (2020). Efektivitas perangkat pembelajaran berbasis flipped classroom untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik. Jurnal Didaktik Matematika, 7(1), 45–59. https://doi.org/10.24815/jdm.v7i1.14371
Hayati, N., & Rastini. (2023). Analisis kesulitan belajar matematika materi integral siswa SMAN 2 Aikmel. Notasi: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 10–18. https://doi.org/00.0000/notasi.v1i1.xxxx
Kurniawati, M., Santanapurba, H., & Kusumawati, E. (2019). Penerapan blended learning menggunakan model flipped classroom berbantuan google classroom dalam pembelajaran matematika SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 8–19. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i1.6827
Kurniawati, R., Nur’aini, N. F., Nurtsaniyah, S., Devitasari, D., & Oktaviani, R. M. (2020). Problematika siswa pada penyelesaian permasalahan integral tak tentu. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan, 233–240
Limbong, K. (2021). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif matematika dalam meningkatkan prestasi belajar siswa SMA Negeri 9 Kota Jambi. TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 1(1), 72–79. https://doi.org/10.51878/teacher.v1i1.532
Masitoh, S. I., Maharani, A., & Lubis, Y. (2021). Peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran turunan fungsi melalui model pembelajaran flipped classroom. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 29–36. https://dx.doi.org/10.24853/fbc.7.1.29-36
Mulyani, S. (2021). Peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Karangwuni 03 dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.52060/pti.v2i01.451
Patandean, Y. R., & Indrajit, R. E. (2021). Flipped classroom membuat peserta didik berpikir kritis, kreatif, mandiri, dan mampu berkolaborasi dalam pembelajaran yang responsif (M. Kika (ed.)). Penerbit ANDI.
Pratiwi, K. A. M. (2021). Efektivitas flipped classroom learning terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 12(2), 73–82. https://doi.org/10.23887/jjpm.v12i2.37320
Rahman, S. (2021). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, Diselenggarakan olehPendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, 25 November 2021 (hal. 289–302) Diakses dari https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/viewFile/1076/773
Rahmayani, A. (2020). Pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar kognitif siswa SMA pada konsep gerak parabola. [Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah], Jakarta.
Ridho’i, M. (2022). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa MTs Miftahul Ulum Pandanwangi. E-DuMath, 8(2), 118–128. https://doi.org/https://doi.org/10.52657/je.v8i2.1809
Rival, S., & Rahmat, A. (2023). Pelatihan pembuatan media pembelajaran matematika untuk pemahaman konsep dasar matematika bagi mahasiswa jurusan S1 pendidikan guru sekolah dasar. DIKMAS Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1–23. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.1.57-68.2023
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. In Alfabeta Bandung (2nd ed.).
Triaji, A. H., Fitrianna, A. Y., & Zanthy, L. S. (2022). Penerapan model flipped learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi pertidaksamaan irasional. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3), 813–820. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.813-820
Walidah, Z., Wijayanti, R., & Affaf, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran flipped classroom (FC) terhadap hasil belajar. Edumatica | Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 71–77. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i2.10546
Widyaningsih, K., Siswono, T. Y. E., & Wiryanto. (2022). Pengembangan flipped classroom terintegrasi ICT konteks batik matahari untuk meningkatkan penalaran spasial. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(2), 264–77. https://doi.org/10.26877/aks.v13i2.12494
Yuliana, Wijayanti, S., & Yuwono. M. R., (2022). Tantangan pembelajaran matematika mobile problem based learning (Mpbl) pada flipped classroom untuk membangun kemampuan berpikir kritis siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(1), 101–18.
Zahrah, N. A., & Pujiastuti. H., (2021). Efektivitas pembelajaran daring menggunakan google classroom pada mata pelajaran matematika di SMA. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(2), 279–86. https://doi.org/10.26877/aks.v12i2.8567
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v15i1.16915
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika