Pengembangan media pembelajaran papan faktorisasi berbasis Braille untuk siswa tunanetra SLB - A Yapti Makassar

Masriani Masriani, Wahyudi HN, Sri Fujiandi, Sahrul Alam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran dalam hal ini media pembelajaran Papan Faktorisasi Berbasis Braille untuk Siswa Tunanetra SLB-A Yapti Makassar untuk memudahkan dalam proses pembelajaran materi Faktorisasi. Pengembangan media pembelajaran papan faktorisasi  ini dipilih karena melihat kesulitan siswa dalam memahami pelajaran matematika khususnya pada materi faktorisasi karena untuk materi faktorisasi cukup sulit untuk dipahami tanpa alat atau media pembelajaran selain buku yang menjadi perantara untuk siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yakni define, design, development, dan desimination. Namun dalam penelitian ini tim peneliti hanya mengadaptasi tiga tahapan dan untuk tahap desimination tidak dapat dilaksanakan karena keterbatasan waktu oleh tim peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu observasi sebagai bentuk langkah awal dari tim peneliti untuk mengambil data awal penelitian dan angket digunakan dalam penelitian berupa kuesioner untuk menilai kelayakan media serta analisis kepuasan pengguna. Hasil penelitian ini telah melalui uji coba serta hasil analisis data yang diperoleh sesuai dengan apa yang diharapkan oleh tim peneliti yakni peneliti berharap bahwa media yang dikembangkan layak untuk digunakan. Hasil pengujian oleh validator ahli atau expert di bidang pengembangan media pembelajaran untuk siswa tunanetra yakni layak untuk di uji coba kepada pengguna dan untuk hasil pengujian pengguna dari tujuh orang responden diperoleh rata-rata nilai persentase sebesar 83% (Sangat Setuju/Sangat Layak) untuk di gunakan.


Full Text:

PDF

References


Agustina, I. (2020). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika di era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan Indonesia, 08, 1-9.

Azizah, A. N., & Fitrianawati, M. (2020). Pengembangan Media Ludo Math Pada Materi Pecahan Sederhana Bagi Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 28-35.

Fardani, Z., & Surya, E. (2017). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika untuk membangun karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Matematika (online), 2(2), 1-6.

Gurubagi. (28 Maret 2021). Klasifikasi Tunanetra Anak Berkebutuhan Khusus dan Karakteristiknya. Dikutip dari https://gurubagi.com/klasifikasi-tunanetraanak-berkebutuhan-khusus-dan-karakteristiknya/

Hartatok, H. (2021). Peningkatan kemampuan siswa menentukan faktor persekutuan terbesar (fpb) dengan teknik pohon faktor kelas iv (empat) sdn jepara 1/90 kecamatan bubutan kota surabaya. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 5(11), 771-782.

Indriani, R., Ummah, U. S., Sihkabuden. (2019). Pembelajaran Berbasis Teori van Hiele terhadap Pemahaman Bangun geometri Tunanetra. Jurnal Ortopedagogia, 5(1), 33-38.

Kemendikbud. (2018). Senang Belajar Matematika Untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Marhani. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Tunanetra Melalui Pembelajaran Teknik Polamatika di SLB-A Yapti Makassar. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Pendidikan, 5(2), 129-137.

Nisa, L. S. (2019). Pemenuhan Kebutuhan pendidikan bagi penyandang disabilitas di Kalimantan Selatan. Jurnal Kebijakan Pembangunan, 14(1), 47–55.

Putri, F. Z., Putra, Z. H., & Munijatun. (2021). Pengembangan Media Kartu Domino Materi Pecahan untuk Belajar Mandiri Peserta didik Kelas IV SDN 147 Pekanbaru di Masa New Normal. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 113-126.

Rahmayani, S. A. (2018). Pemikiran Pendidikan Bagi Penyandang Disabilitas Menurut Akhmad Soleh. Skripsi. Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Rumantiningsih, D. K., Astuti, P. J., Purwoko, R. Y. (2020). Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Tunanetra Melalui Pengembangan Media Pandikar Barkode Braille. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 105-114.

Saputro, Budiyono. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Sugiyono. (2016). Metode Pendidikan Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Setyawan, R. A., & Atapukan, W. F. (2018). Pengukuran Usability Website ECommerce Sambal Nyoss Menggunakan Metode Skala Likert. Compiler, 7(1).

Thiagarajan, S. dkk. (1974). Intructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Minnesota: Central for Innovation on Teaching the Handicaped.

Yudhiastuti, A., & Azizah, N. (2019). Pembelajaran program khusus orientasi mobilitas. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 3(1), 1–8.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v14i3.17301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats