Persepsi, Keyakinan, dan Kesiapan Guru Sekolah Dasar Terhadap Implementasi STEM

Annisa Dwi Yuniar, Nurina Happy

Abstract


Kehadiran Pendidikan berbasis STEM telah diakui secara luas sebagai pendekatan yang efektif dalam mengembangkan keterampilan dan pemahaman siswa dalam bidang sains, teknologi, rekayasa, dan matematika. Namun, untuk berhasil mengimplementasikan pendekatan ini, guru matematika di sekolah dasar perlu merasa siap dan percaya diri dalam menggunakan metode pembelajaran berbasis STEM. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari persepsi dan kepercayaan guru matematika di sekolah dasar tentang kesiapan mereka dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis STEM. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Triangulasi. Beberapa guru juga diwawancara untuk  melengkapi data yang diperoleh dari questioner. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 21 guru Matematika Sekolah Dasar yang mengikuti kegiatan Regular Course on STEM di SEAQIM. Setelah data dikumpulkan, analisis kualitatif dilakukan. Berdasarkan penelitian ini menunjukan bahwa persepsi dan keyakinan guru berubah setelah mengikuti Regular Course dan guru memiliki percaya diri dan tingkat kesiapan yang tinggi untuk mengimplementasikan STEM di sekolah.


Full Text:

PDF

References


Agustin, I.W., Happy, N., Prayito, M., & Hidayah, M. (2024). STEM Application in Miniature Bridge Making Can Sharpen Children’s Critical Thinking Patterns. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 12(1), 160-172, https://doi.org/10.30738/union.v12i1.17100

Ahmad, S., Andika, R., Hendri, S., Kenedi, A. K., Pamungkas, A. H., Ahmad, S., Andika, R., Hendri, S., & Kenedi, A. K. (2020). Digital Press Social Sciences and Humanities Training Program on Developing HOTS’s Instrument (The Improving Abilities for Elementary School Teachers). Digital Press Social Science and Humanities, 6, 1-8

Ariana, F., Prayito, M., Happy, N., & Wirani W. (2024). Use of teaching props to improve mathematics learning outcomes in number pattern material in STEM Village Yogyakarta. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 12(1), 215-226, https://doi.org/10.30738/union.v12i1.16991

Arianti, A. (2019). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134.

Gunur, B., Ramda, A. H., Riska, A., & Tamur, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 14(2), 221–229. https://doi.org/10.26877/aks.v14i2.16102

Hamimah, Melva Zainil, Y. A., & , Yullys Helsa, A. K. K. (2022). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis STEM Sebagai Solusi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Guru Sekolah Dasar. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 33–42. https://doi.org/10.31537/dedication.v6i1.655

Happy, N., Setyowati, K., & Utami, R. E. (2021). Student s ’ Reflective Thinking Ability i n Solving Mathematics Problems Assessed From Students ’ Learning Style. Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP), 3(1), 1–11.

Ishak, A. M. F., Israwaty, I., & Halik, A. (2021). Penerapan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Lima Di Kabupaten Barru. Pinisi Journal Of Education, 1(1), 38-58..

Muhtarom, M., Happy, N., Nursyahidah, F., & Cassanova, A. (2019). Pres-service Teacher's Belief and Knowledge About Mathematics. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 101-110. http://dx.doi.org/10.24042/ajpm.v10i1.3617

Nanor, E., Hanson, R., & Mahama, A. (2024). Effect of Stad Model of Cooperative Learning o n Students ’ Learning Outcome on Nomenclature of Hydrocarbon.Valley International Journal Digital Library 12(03), 3264–3274. https://doi.org/10.18535/ijsrm/v12i03.el03

Ngafifi, M. (2014). Advances In Technology And Patterns Of Human Life In Socio-Cultural Perspective. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi 2(1), 33–47.

Pangesti, K. I., Yulianti, D., & Sugianto, S. (2017). Bahan ajar berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa SMA. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(3), 53-58.

Putra, R. S. & Murniati A. R. (2017). Strategi peningkatan mutu pendidikan pada SMA Negeri 3 meulaboh kecamatan johan pahlawan kabupaten aceh barat. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasrjana Unsyiah, 5(3), 161–166.

Qonita, Q., Mulyana, E. H., Loita, A., Anggraeni, I., Sakinah, S. A. Z., & Sopiah, N. S. (2023). Persepsi Guru terhadap Pembelajaran STEAM di TK Labschool UPI Kota Tasikmalaya. Magelaran: Jurnal Pendidikan Seni, 6(1), 340-356.

Rahmawati, L., & Juandi, D. (2022). Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Stem: Systematic Literature Review. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 149. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i1.6914

Sari, A. K., & Trisnawati, W. (2019). Integrasi Keterampilan Abad 21 Dalam Modul Sociolinguistics : Keterampilan 4c (Collaboration, Communication, Critical Thinking , Dan Creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 455–466.

Setiawan, H., Fitriani, N., & Sabandar, J. (2022). Development Of Junior High School Mathematics Teaching Materials Assisted By Geogebra Software With A Contextual Approach To Improve Mathematical Creative Thinking. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 10(2), 219-311.

Sholikhah, A. (2016). Statistik Deskriptif, Komunika, 10(2), 342–362.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rustaman, N., & Lufri, M. S. (2016, April). Pembelajaran Masa Depan melalui Stem Education. Seminar Nasional Biologi Edukasi (Vol. 1).

Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., Nurjanah, N. E., & Rasmani, U. E. E. (2019). Efek Metode STEAM pada Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 295-301.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v15i1.17497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats