Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) matematika materi bangun datar dengan pengintegrasian budaya lokal permainan Cenge’-Cenge’
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD Matematika SD/MI yang valid, praktis dan efektif. Kearifan lokal yang dimaksud dalam penelitian ini adalah permainan tradisional Cenge’-Cenge’ yang ditemui pada kota Manado. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari dua tahap pengembangan yaitu tahap analisis pendahuluan dan tahap evaluasi formatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 2 Manado. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, hasil belajar, observasi, dan wawancara. Ahli telah melakukan validasi pengembangan LKPD dengan menggunakan konteks kearifan permainan tradisional lokal dengan hasil penilaian dari ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Divalidasi oleh Ahli, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika termasuk dalam kategori sangat baik dan hasil uji coba menunjukkan bahwa SW memenuhi kriteria praktis dan berpotensi berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan dan hasil belajar matematika siswa MI/SD.
Full Text:
PDFReferences
Amsikan, S., Yohanis, ), & Deda, N. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Motif Kain Tenun Insana Strengthening Of Character Education In Mathematics Learning Using Insana Motif Of Woven Fabric 1). 4(1).
Arisetyawan, A. (2019). Pentingnya Pembelajaran Etnomatematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Dan Bagaimana Mendisain Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Basicedu, 3(2), 621–626.
Bishop, J. A. (1994). Cultural conflicts in the mathematics education of indigenous people. Clyton, Viktoria: Monash University.
Deda, Y. N., & Maifa, T. (2021). Development of Student Worksheets Using the Context of Local Wisdom on Integers and Fractions. In JPM : Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 15, Issue 1).
Fairuz, F. R., Fajriah, N., & Danaryanti, A. (2020). Pengembangan lkpd materi pola bilangan berbasis etnomatematika sasirangan di kelas VIII sekolah menengah pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1).
Gaol, R. L., & Simarmata, E. J. (2019). Efektivitas bahan ajar tematik sekolah dasar berbasis budaya lokal melalui penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap aktivitas belajar siswa. JGK (Jurnal Guru Kita), 3(4), 342–348.
Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Matematika yang Bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3).
Kurniawan, H., Putri, R. I. I., & Hartono, Y. (2018). Developing Open-Ended Questions for Surface Area and Volume of Beam. Journal on Mathematics Education, 9(1), 157–168.
Murdiani. (2018). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Menjumlahkan Pecahan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Siswa Kelas IV SDN Hariang Kecamatan Banua Lawas Kabupaten Tabalong. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial, 4(2). www.jurnalsagacious.net
Ningsih, S. (2014). Realistic mathematics education: model alternatif pembelajaran matematika sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 73–94.
Nugraha, Y. A., Rahmawati, S., & Rohim, D. C. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa dengan Model Project Based Learning (PJBL) Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Edukapreneur Sains Dan Humaniora, 1(1).
Rahmawati, F. (2013). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Realistik Matematika dalamMeningkatkanKemampuan Komunikasi MatematisSiswa Sekolah Dasar. Kumpulan Makalah Seminar Semirata , 225–238.
Ramadhani, R., & Narpila, S. D. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Menggunakan Model Problem-Based Learning Berbasis Budaya Lokal pada Siswa Kelas XI SMA YPK Medan. Jurnal Akrab Juara, 3(3), 44–54.
Ramdani, E. (2018). Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial. -Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 1–10. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jupiis
Rosa, M., & Orey, D. (2011). Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatemática: Perspectivas Socioculturales de La Educación Matemática, 4(2), 32–54.
Saputri, N. W., & Zulkardi, Z. (2019). Pengembangan Lkpd Pemodelan Matematika Siswa Smp Menggunakan Konteks Ojek Online. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 1–14. https://doi.org/10.22342/jpm.14.1.6825.1-14
Setiana, D. S., & Ayuningtyas, A. D. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) matematika berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta. Science Tech: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 4(2), 67–74.
Setyaningsih, N., Rejeki, S., & Ishartono, N. (2019). Developing Realistic and Child-friendly Learning Model for Teaching Mathematics. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 4(2), 79–88. http://journals.ums.ac.id/index.php/jramathedu
Sintawati, M., Berliana, L., & Supriyanto, S. (2020). Real Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran), 3(1), 26–33. https://doi.org/10.31604/ptk.v3i1.26-33
Suherman. (2015). Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Pola Bilangan dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 81–90.
Sulistyawati, E. (2020). Keefektifan pendekatan kontekstual berbasis budaya lokal ditinjau dari prestasi, minat belajar, dan apresiasi terhadap matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 6(1), 27–42.
Sumiyati, W. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis (Critical Thinking) Siswa SMP.
Tessmer, M. (2013). Planning and conducting formative evaluations. Routledge.
Wahyudin, W. (2018). Etnomatematika Dan Pendidikan Matematika Multikultural. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.
Wandari, A., & Jambi, U. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Materi Geometri Berbasis Budaya Jambi untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa (Vol. 1, Issue 2).
Widiyaningrum, P., & Irsadi, A. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Cerita Bergambar Materi Sistem Pencernaan dI SMP. Journal of Biology Education, 2(3).
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v14i3.17503
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika