Pengembangan e-modul teknik pengintegralan bermuatan video pembelajaran untuk mahasiswa pendidikan matematika

Yesi Franita, Zuida Ratih Hendrastuti, Adi Dwi Kurniawan, Ayu Alifia Widianingrum

Abstract


Kalkulus Integral merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Tidar. Mata kuliah ini dirasa cukup sulit bagi mahasiswa karena memerlukan pemecahan masalah yang cukup tinggi, terutama dalam penggunaan beberapa teknik pengintegralan. Belum adanya bahan ajar yang dapat mengakomodasi keterlibatan mahasiswa dalam membangun konsep materi dalam pembelajaran yang dapat diakses secara mandiri kapan saja dan di mana saja menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan e-modul teknik pengintegralan bermuatan video pembelajaran dan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang didasarkan pada model pengembangan 4D, yang terdiri dari define, desain, develop, dan disseminate. Penelitian dilakukan Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Tidar pada semester genap tahun akademik 2022/2023 dengan subjek penelitian mahasiswa semester II. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket (validasi dan respon siswa) dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh draf bahan ajar yang dikembangkan, yaitu berupa e-modul teknik pengintegralan bermuatan video pembelajaran Tekanan penulisan abstrak terutama pada hasil penelitian. Penilaian tingkat kelayakan atau kualitas e-modul yang dilakukan melalui pengujian kepada validator materi dan media memperoleh nilai sangat baik dan uji coba yang dilakukan mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika UNTIDAR sebagai pengguna memperoleh respon sangat baik, serta aspek keefektifan e-modul berdasarkan pada rata-rata hasil posttest materi teknik pengintegralan berada pada kategori sangat efektif. Dengan demikian, bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. 

Full Text:

PDF

References


Chalkiadaki, A. (2018). A systematic literature review of 21st century skill and competencies in primary education. International Journal of Instruction, 11(3), 1-13.

Efrialinda, A., Yensy, N. A. & Rahimah, D. (2020). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(3), 433-441.

Kosasih, E. (2021). Pengembangan bahan ajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Mutmainnah, M., Aunurrahman, A., & Warneri, W. (2021). Efektivitas penggunaan e-modul terhadap hasil belajar kognitif pada materi sistem pencernaan manusia di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Basicedu, 5(3), 1625-1631.

Prastica, Y., Hidayat, M. T., & Ghufron, S. (2021). Pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa sekolah dasar. Jurnal BASICEDU: Journal of Elementary Education, 5(5), 3260-3269.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099-2104.

Rahmawati, F.D. (2017). Pengembangan bahan ajar berbasis etnomatematika untuk meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa SMP. Thesis. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahmayanti, A., Basir, M. A., & Wijayanti, D. (2020). Pengembangan video pembelajaran fungsi komposisi sebagai alternatif bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 3(2), 57-64.

Ramadhani, R., & Fitri, Y. (2020). Validitas e-modul matematika berbasis EUPB3 menggunakan analisis rasch model. Jurnal Gantang, 5(2), 95-111.

Ratriana, D., Purwoko, R. Y., & Yuzianah, D. (2021). Pengembangan e-modul berbasis etnomatematika yang mengeksplorasi nilai dan budaya islam untuk siswa SMP. AplhaMath: Journal of Mathematics Education, 7(1), 11-19.

Situmorang. (2013). Pengembangan buku ajar kimia SMA melalui inovasi pembelajaran dan integrasi pendidikan karakter untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Medan: Universitas Negeri Medan.

Soesanto, R. H., & Dirgantoro, K. P. S. (2021). Kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada kalkulus integral dilihat dari keyakinan dan pengetahuan awal matematis. Jurnal Elemen, 7(1), 117-129.

Thamsir, T., Silalahi, D. W., & Soesanto, R. H. (2019). Upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah soal non-rutin pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dengan penerapan metode peer tutoring. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(1), 96-107.

Widiantari, N. K. K., Suparta, I. N., & Sariyasa, S. (2022). Meningkatkan literasi numerasi dan pendidikan karakter dengan e-modul bermuatan etnomatematika di era pandemi covid-19. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 331-343.

Wijaya, K. A., Sapti, M., & Pangestika, R. R. (2022). Pengembangan e-modul bangun datar berbasis teori multiple intelligence untuk siswa kelas IV SDN Ngupasan. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 10(1), 96-103.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v15i2.17605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats