Literasi Matematika dan Konstruktivisme Sosial

Maria Rosariona Padmakrisya

Abstract


Peserta didik di Indonesia mempunyai tingkat kemampuan memecahkan masalah yang rendah di bidang matematika. Masalah ini menjadi perhatian dalam bidang pendidikan. Salah satu cara untuk membantu memecahkan masalah adalah peningkatan literasi matematika. Literasi matematika merupakan alat untuk melatih kemampuan matematika dengan berbagai konteks yang dihadapi peserta didik. Konteks dalam kehidupan sehari-hari merupakan bagian dari konstruktivisme sosial. Konstruktivisme sosial dengan interaksi sosial dapat memberikan pengalaman belajar secara nyata, dapat mendorong peserta didik untuk belajar kooperatif, serta dapat meningkatkan potensi peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis literasi matematika, konstruktivisme sosial, serta hubungannya. Metode penelitian yang digunakan kajian literatur yang bersumber dari Google Schoolar dan Francis online dengan rentang waktu 2014 sampai 2023 dan didapat tiga belas artikel. Hasil penelitian dari artikel ini literasi matematika menjadi sarana untuk menghubungkan konsep matematika kontekstual dengan bantuan lingkungan konstruktivisme sosial sehingga mendapatkan pembelajaran yang bermakna dan mendalam. Konstruktivisme sosial diterapkan dalam pembelajaran matematika dalam hal kolaboratif dengan lingkungan belajar sehingga mengakibatkan interaksi dalam membangun pengetahuan. Pembelajaran kolaboratif dapat diterapkan dengan literasi matematika sehingga terbangun koneksi dan pemahaman matematika dengan bantuan interaksi lingkungan sekitar yang dikaitkan dengan aktivitas kehidupan sehari-hari. Menyelesaikan masalah kontekstual mempunyai tujuan untuk mengkonstruksi pengetahuan peserta didik dengan mengembangkan pengalamannya sehingga terbentuk konstruktivisme sosial dalam proses mengkonstruksi pengetahuannya.


Full Text:

PDF

References


Anasrudin, La Misu, and La Ndia. 2014. “Student Team Achievement Division), NHT (Numbered Heads Together) ,.” 2(2):1–18.

Bahasa, Pilih, Bpjs Kesehatan, Kantor Pusat, J. L. Letjen, Suprapto Cempaka, and Putih Po. 2016. “Siaran Pers.” 4212938(5):20–21.

Bolstad, Oda Heidi. 2020. “Secondary Teachers’ Operationalisation of Mathematical Literacy.” European Journal of Science and Mathematics Education 8(3):115–35. doi: 10.30935/scimath/9551.

Geiger, Vince, Helen Forgasz, and Merrilyn Goos. 2015. “A Critical Orientation to Numeracy across the Curriculum.” ZDM 47:611–24. doi: 10.1007/s11858-014-0648-1.

Hamdi, Syahrul, Cepi Triatna, and Nurdin Nurdin. 2022. “Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Pedagogik.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 7(1):10–17. doi: 10.30998/sap.v7i1.13015.

Hartanti, Sri, and Ramlah Ramlah. 2021. “Etnomatematika: Melestarikan Kesenian Dengan Pembelajaraan Matematika.” Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya 7(2):33. doi: 10.32884/ideas.v7i2.347.

Hikmah, A. N., Y. Setiani, and ... 2020. “Model Experience, Language, Pictorial, Symbols, Application (Elpsa) Terhadap Komunikasi Matematis Dan Self Efficacy.” … Pendidikan Matematika 1(2):161–75.

Karahan, Engin, and Gillian Roehrig. 2015. “Constructing Media Artifacts in a Social Constructivist Environment to Enhance Students’ Environmental Awareness and Activism.” Journal of Science Education and Technology 24(1):103–18. doi: 10.1007/s10956-014-9525-5.

Kim, Mi Song. 2014. “Doing Social Constructivist Research Means Making Empathic and Aesthetic Connections with Participants.” European Early Childhood Education Research Journal 22(4):538–53. doi: 10.1080/1350293X.2014.947835.

Kivunja, Charles. 2014. “Do You Want Your Students to Be Job-Ready with 21st Century Skills? Change Pedagogies: A Pedagogical Paradigm Shift from Vygotskyian Social Constructivism to Critical Thinking, Problem Solving and Siemens’ Digital Connectivism.” International Journal of Higher Education 3(3):81–91. doi: 10.5430/ijhe.v3n3p81.

Kolar, Vida Manfreda, and Tatjana Hodnik. 2021. “Mathematical Literacy from the Perspective of Solving Contextual Problems.” European Journal of Educational Research 10(1):467–83. doi: 10.12973/EU-JER.10.1.467.

Komang Trisna Mahartini. 2019. “Pendidikan Berbasis Budaya Lokal Bagi Anak Usia Dini Dalam Mengusung Revolusi Industri 4.0.” Prosiding Seminar Nasional Dharma 357–66.

Maryani, N., and D. B. Widjajanti. 2020. “Mathematical Literacy: How to Improve It Using Contextual Teaching and Learning Method?” Journal of Physics: Conference Series 1581(1). doi: 10.1088/1742-6596/1581/1/012044.

Maslihah, Siti, S. B. Waluya, Rochmad, and Amin Suyitno. 2020. “The Role of Mathematical Literacy to Improve High Order Thinking Skills.” Journal of Physics: Conference Series 1539(1). doi: 10.1088/1742-6596/1539/1/012085.

Mohammed, Saif Husam, and Laszlo Kinyo. 2020. “The Role of Constructivism in the Enhancement of Social Studies Education.” Journal of Critical Reviews 7(7):249–56. doi: 10.31838/jcr.07.07.41.

Purwati, Ni Kadek Rini, and Ni Ketut Erawati. 2021. “Pengembangan Buku Ajar Metode Numerik Berbasis Pembelajaran Kolaboratif.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 10(1):37–48. doi: 10.31980/mosharafa.v10i1.817.

Romadon, Bayu. 2019. “Penguatan Pendidikan Matematika Dala Menunjang Persiapan SDM Yang Unggul Menuju Indonesia Maju.” Seminar Nasional Pendidikan Matematika HIMAPTIKA UMSurabaya (November):15–22.

Sudarsana, I. Ketut. 2018. “Optimalisasi Penggunaan Teknologi Dalam Implementasi Kurikulum Di Sekolah.” 8–15.

Sugrah, Nurfatimah Ugha. 2020. “Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Sains.” Humanika 19(2):121–38. doi: 10.21831/hum.v19i2.29274.

Supardan, H. Dadang. 2016. “Teori Dan Praktik Pendekatan Konstruktivisme Dalam Pembelajaran.”

Ubaidah, N., Z. Zaenuri, I. Junaedi, and ... 2022. “Aktualisasi Mathematical Literacy Berbasis E-Scaffolding Di Era Digital.” Prosiding Seminar … 776–81.

Wahyudi, Wahyudi, Hardi Suyitno, and St. Budi Waluya. 2018. “Dampak Perubahan Paradigma Baru Matematika Terhadap Kurikulum Dan Pembelajaran Matematika Di Indonesia.” INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan 1(1):38–47. doi: 10.24176/jino.v1i1.2315.

Wuryanto, Hadi dan Abduh, Moch. 2022. “Reviewing PISA Results as a Learning Innovation Approach to Improve Literacy and Numeracy Competencies.” Direktorat Guru Pendidikan Dasar. Retrieved (https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/mengkaji-kembali-hasil-pisa-sebagai-pendekatan-inovasi-pembelajaran--untuk-peningkatan-kompetensi-li).




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v15i1.17851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats