Pengembangan Aplikasi SCRATCH untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi

Saiful - Marom, M Agung Hidayatulloh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi scratch  yang di integrasikan nilai keislaman yang digunakan dalam pembelajaran siswa pada sekolah jenjang dasar untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model 4D yang terdiri dari empat tahapan utama yaitu mendefinisikan (define), mendesain (design), mengembangkan (develop), dan mendesiminasikan (dessiminate). Penelitian ini dilakukan pada kelas 1 Sekolag Dasar dengan menggunakan instrumen penelitian melalui wawancara, menggunakan angket validasi ahli, telah dilakukan evaluasi melalui lembar evaluasi siswa serta mendokumentasikannya. Selanjutnya peneliti melakukan analisis data terkait dengan validasi ahli untuk menguji kelayakan aplikasi scratch dengan menggunakan skala likert dengan lima point skala. Keefektifan aplikasi scratch di lihar dengan menggunakan nilai post-test kemampuan literasi numerasi siswa. Hasil kemampuan literasi numerasi siswa selanjutnyadi lakukan analisis uji beda rata-rata (independent sample test). Berdasarkan hasil uji diperoleh nilai signifikan 0,001 yang kurang dari 0,05 sehingga dapat diartikan bahwa nilai rata-rata kemampuan literasi numerasi siswa dengan menggunakan aplikasi scratch lebih tinggi dan selanjutnya aplikasi scratch yang dikembangkan efektif dan layak untuk digunakan dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa.


Full Text:

PDF

References


Alyousef, H. 2013. “An Investigation of Postgraduate Business Students’ Multimodal Literacy and Numeracy Practices in Finance: A Multidimensional Exploration.” Social Semiotics 23(1):18–46. doi: 10.1080/10350330.2012.740204.

Bean, N. 2015a. “Starting from Scratch: Developing a Pre-Service Teacher Training Program in Computational Thinking.” Proceedings - Frontiers in Education Conference, FIE 2014.

Bean, N. 2015b. “Starting from Scratch: Developing a Pre-Service Teacher Training Program in Computational Thinking.” Proceedings - Frontiers in Education Conference, FIE 2014.

Celik, I. 2023. “Exploring the Determinants of Artificial Intelligence (AI) Literacy: Digital Divide, Computational Thinking, Cognitive Absorption.” Telematics and Informatics 83. doi: 10.1016/j.tele.2023.102026.

Chang, C. 2017. “A Visualization Tool to Support Analyzing and Evaluating Scratch Projects.” Proceedings - 2017 6th IIAI International Congress on Advanced Applied Informatics, IIAI-AAI 2017 498–502.

Dede Fajriadi, Rudi Priyadi, Diar Veni Rahayu. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Geogebra Book Materi Dimensi Tiga.” Teorema: Teori Dan Riset Matematika 7(September):453–66. doi: doi.org/10.25157/teorema.v7i2.8813.

Grasby, K. L. 2020. “Estimating Classroom-Level Influences on Literacy and Numeracy: A Twin Study.” Journal of Educational Psychology 112(6):1154. doi: 10.1037/edu0000418.

Harahap, Muhammad Syahril, and Rahmad Fauzi. 2018. “Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Web.” Jurnal Education and Development 4(5):13. doi: 10.37081/ed.v4i5.153.

Ishaq, K. 2019. “Effectiveness of Literacy Numeracy Drive (LND): A Students’ Perspective.” 3rd International Conference on Innovative Computing, ICIC 2019.

Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Rset dan Teknologi. 2021. “Modul Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar.” Modul Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar 1:22.

Klinovszky, A. 2021. “Building a House of Skills—a Study of Functional Health Literacy and Numeracy among Patients with Type 2 Diabetes in Hungary.” International Journal of Environmental Research and Public Health 18(4):1–14. doi: 10.3390/ijerph18041547.

Lowe, T. A. 2019. “Identifying Computational Thinking in Storytelling Literacy Activities with Scratch Jr. (RTP).” ASEE Annual Conference and Exposition, Conference Proceedings.

Napoli, A. R. 2021. “Characteristics Related to Parent-Child Literacy and Numeracy Practices in Preschool.” Frontiers in Education 6. doi: 10.3389/feduc.2021.535832.

OECD. 2022. “PISA 2022 Mathematics Framework.Pdf.”

Salminen, J. 2021. “Development of Numeracy and Literacy Skills in Early Childhood—A Longitudinal Study on the Roles of Home Environment and Familial Risk for Reading and Math Difficulties.” Frontiers in Education 6. doi: 10.3389/feduc.2021.725337.

Silva, A. R. Da. 2017. “Scratch and the Narrative Tale: Encouraging the Use of Reading and Writing in the Literacy Cycle.” CEUR Workshop Proceedings 2117:21–30.

Susperreguy, M. I. 2022. “Cross-Cultural Comparisons of Home Numeracy and Literacy Environments: Canada, Mexico, and Chile.” Education Sciences 12(2). doi: 10.3390/educsci12020062.

Sutikno, Susilo, and Wahyu Hardiyanto. 2018. “Pelatihan Pemanfaatan Scratch Sebagai Media Pembelajaran.” Rekayasa 16(2):173–78. doi: 10.15294/rekayasa.v16i2.17508.

Sutrisno, Ali Shodiqin Fiqi Annisa Indrawati. 2016. “Pengembangan Modul Pembelajaran Berbantu Wolfram Mathematica Dan Flipbook Maker Dengan Model Time Game Tournament Pada Materi Turunan Kelas Xi Sma.” Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA 6(2):1–9. doi: 10.21580/phen.2016.6.2.1056.

Tegeh, I. Made, I. Nyoman Jampel, and Ketut Pudjawan. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tikva, C. 2021. “Mapping Computational Thinking through Programming in K-12 Education: A Conceptual Model Based on a Systematic Literature Review.” Computers and Education 162. doi: 10.1016/j.compedu.2020.104083.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v15i1.18602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats