Desain Pembelajaran Jarak Titik ke Garis Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan GeoGebra

Dwi Yulia Ningsih, Lukman Harun, Farida Nursyahidah

Abstract


Studi ini bertujuan untuk menciptakan lintasan pembelajaran yang dapat membuat siswa memahami akan konsep jarak titik ke garis dalam ruang menggunakan konteks cagar budaya little netherlands di kelas XII SMA. Metode RME, yang didukung oleh GeoGebra, digunakan pada topik jarak titik ke garis dalam ruang. Penelitian menggunakan desain penelitian yang terdiri dari tiga tahap: preliminary design, design experiment (pilot experiment dan teaching experiment) serta retrospective  analysis. Siswa kelas XII di SMA N 3 Semarang adalah subjek penelitian ini. Terdapat tiga tahap dalam proses belajar dalam konteks Little Netherlands untuk memahami topik jarak titik ke garis: (1) eksplorasi konsep jarak antara titikjdan garis, (2) menentukanjjarakjantara titik dan  garis dalam dimensi tiga, dan (3) memecahkan masalah kontekstual terkait dengan jarak titik ke garis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan RME dengan dukungan GeoGebra mampu membantu siswa memahami konsep materi dengan baik.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. et al. (2023) ‘Pelatihan Aplikasi GeoGebra pada Materi Persamaan Garis Lurus’, PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 8(3), pp. 477–488. Available at: https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v8i3.4607.

Agung, S. (2019) ‘Pemanfaatan Aplikasi Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika SMP’, Prosiding Seminar Nasional, 03(1), pp. 312–417.

Akker, J. van Den et al. (2006) Educational Design Research. New York: Routledge.

Astuti, B.W. et al. (2022) ‘Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Dimensi Tiga Ditinjau Dari Tingkat Pemahaman Siswa Kelas XII MAN 2 Pesisir Selatan’, Jurnal Tunas Pendidikan, 5(1), pp. 98–109. Available at: https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i1.777.

Ayuningrum, L., Kusuma, A.P. and Rahmawati, N.K. (2019) ‘Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemahaman Belajar serta Penyelesaian Masalah Ruang Dimensi Tiga’, JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), p. 135. Available at: https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5277.

Ernawati, Ikhsan, M. and Saminan (2019) ‘Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pembuktian dengan Strategi Abduktif-Deduktif untuk Meningkatkan Kemampuan Geometri Siswa SMA’, Jurnal Peluang, 7(1), pp. 157–164.

Islamiati, M.P. and Zulkarnaen, R. (2022) ‘Studi Kasus Kemampuan Abstraksi Matematis Siswa Kelas XII’, Jurnal Didactical Mathematics, 4(April), pp. 127–137.

Japa, N., Suarjana, I.M. and Widiana, W. (2017) ‘Media Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika’, International Journal of Natural Science and Engineering, 1(2), p. 40. Available at: https://doi.org/10.23887/ijnse.v1i2.12467.

Lisner Tiurma, H.R. (2014) ‘Keefektifan Pembelajaran Multimedia Materi Dimensi Tiga Ditinjau Dari Prestasi Dan Minat Belajar Matematika Di Sma’, Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 44(2), p. 104845.

Nieveen, N. et al. (2013) Educational Design Research, Netherlands Institute for Curriculum Development: SLO. Enschede. Available at: http://www.eric.ed.gov/ERICWebPortal/recordDetail?accno=EJ815766.

Nursyahidah, F. et al. (2020) ‘Pengembangan Learning Trajectory Based Instruction Materi Kerucut Menggunakan Konteks Megono Gunungan’, Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), pp. 47–58. Available at: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.560.

Nursyahidah, F. and Albab, I.U. (2021) ‘Learning Design on Surface Area and Volume of Cylinder Using Indonesian Ethno-mathematics of Traditional Cookie maker Assisted by GeoGebra’, Mathematics Teaching-Research Journal, 13(4), pp. 79–98.

Nursyahidah, F., Hanum, C. and Aini, A.N. (2022) ‘Learning Design of Set Material in 7th Grade using Demak Bintoro Traditional Market Context’, Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 6(1), p. 1. Available at: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v6i1.1758.

Nursyahidah, F., Putri, R.I.I. and Somakim (2013) ‘Supporting first grade students’ understanding of addition up to 20 using traditional game’, Journal on Mathematics Education, 4(2), pp. 212–223. Available at: https://doi.org/10.22342/jme.4.2.557.212-223.

Plomp, T. and Nieveen, N. (2007) An Introduction to Educational Design Research. Netzodruk, Enschede.

Ramdhani, M.R., Usodo, B. and Subanti, S. (2017) ‘Discovery Learning with Scientific Approach on Geometry’, Journal of Physics: Conference Series, 895(1). Available at: https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012033.

Rofii, A., Sunardi, S. and Irvan, M. (2018) ‘Characteristics of Students’ Metacognition Process At Informal Deduction Thinking Level in Geometry Problems’, International Journal on Emerging Mathematics Education, 2(1), p. 89. Available at: https://doi.org/10.12928/ijeme.v2i1.7684.

Rohendi, D., Septian, S. and Sutarno, H. (2018) ‘The Use of Geometry Learning Media Based on Augmented Reality for Junior High School Students’, IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 306(1). Available at: https://doi.org/10.1088/1757-899X/306/1/012029.

Salmina, M. and Mustafa (2019) ‘Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Dimensi Tiga Dengan Bantuan Video Pembelajaran’, Jurnal Numeracy, 6(2), pp. 247–254. Available at: https://ejournal.bbg.ac.id/numeracy/article/view/482.

Suhady, W., Roza, Y. and Maimunah, M. (2019) ‘Identifikasi Kesalahan Konseptual Dan Prosedural Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Dimensi Tiga’, Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), pp. 494–504. Available at: https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.143.

Sulistyaningsih, D. and Prihaswati, M. (2015) ‘Pembelajaran Matematika Dengan Model REACT Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Materi Dimensi Tiga Kelas X’, Jurnal Karya Pendidikan Matematika (JKPM), 2(2), pp. 8–13.

Suprapto, N.S. (2019) ‘Peningkatan Kompetensi Materi Dimensi Tiga Dengan Metode Resource Based Learning Menggunakan Miniatur Bangun Ruang’, Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 2(2), pp. 47–64. Available at: https://doi.org/10.21043/jpm.v2i2.6360.

Syahrir, S., Kusnadin, K. and Nurhayati, N. (2013) ‘Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Dan Prinsip Materi Pokok Dimensi Tiga Siswa Kelas Xi Smk Keperawatan Yahya Bima’, Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 1(1), p. 89. Available at: https://doi.org/10.33394/j-ps.v1i1.522.

Tanzimah (2019) ‘Pemanfaatan GeoGebra dalam pembelajaran matematika’, Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, pp. 610–616.

Widiyatmono, E. (2021) ‘Peningkatan prestasi belajar materi dimensi tiga menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe NHT bagi siswa kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 8 Purworejo’, Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 7(2), pp. 106–118.

Wondo, M.T.S., Mei, M.F. and Seto, S.B. (2020) ‘Penggunaan Media Geogebra dalam Pembelajaran Geometri Ruang untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Mahasiswa’, Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), p. 163. Available at: https://doi.org/10.36709/jpm.v11i2.12049.

Yuniarti, R. (2022) ‘Desain Pembelajaran Segi Empat dengan Pendekatan RME Pada Siswa SMP’, Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 4(1), pp. 89–101. Available at: https://doi.org/10.21009/jrpmj.v4i1.23028.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v15i1.18633

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats