Literatur Review: penerapan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar terhadap literasi matematika siswa
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afriansyah, E. A., & Herman, T. (2021). Critical thinking skills in mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1778(1), 012013.
Amaliya, I., & Fathurohman, I. (2022). Analisis kemampuan literasi matematika ditinjau dari gaya belajar siswa SDN Mangunjiwan 1 Demak. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 5(1), 45–56.
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka pada pelajaran matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101.
Ardiyansyah, A. A., Hidayanto, E., & Martianingsih, C. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika pada Materi segitiga Kelas 7.
Brüngel, R., Rückert, J., & Friedrich, C. M. (2020). Project-based learning in a machine learning course with differentiated industrial projects for various computer science master programs. 2020 IEEE 32nd Conference on Software Engineering Education and Training (CSEE&T), 1–5.
Demir, S. (2021). Effects of learning style based differentiated activities on gifted students’ creativity. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 9(1), 47–56.
Fathani, A. H. (2016). Pengembangan literasi matematika sekolah dalam perspektif multiple intelligences. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 4(2).
Fauzi, M. A. R., Azizah, S. A., & Atikah, I. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Implementasi Paradigma Baru Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 10.
Fitra, D. K. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Materi Tata Surya Di Kelas VII SMP. UNJUK AJAR: JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN, 5(2), 278–290.
Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646.
Habibi, H., & Suparman, S. (2020). Literasi Matematika dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 57–64.
Himmah, F. I., & Nugraheni, N. (2023). Analisis Gaya belajar siswa untuk pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(1), 31–39.
Huda, S., & Melindah, V. (2023). Perancangan Pembelajaran Berdiferensiasi di SMK. Postulat: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 190–210.
Jannah, H. I., Susanti, V. D., & Suprapto, E. (2023). Analysis of Student’s Mathematical Literacy Ability on Linear Program Material Reviewed From Cognitive Styles. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(4), 6425–6436.
Kafifah, A., Sugiarti, T., & Oktavianingtyas, E. (2018). Pelevelan kemampuan literasi matematika siswa berdasarkan kemampuan matematika dalam menyelesaikan soal PISA konten change and relationship. KadikmA, 9(3), 75–84.
Malacapay, M. C. (2019). Differentiated Instruction in Relation to Pupils’ Learning Style. International Journal of Instruction, 12(4), 625–638.
Marlina, M. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif.
Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis kemampuan literasi matematis siswa melalui soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300.
Mukti, A. A. B., & Soedjoko, E. (2021). Kemampuan siswa pada aspek berpikir kreatif ditinjau dari gaya belajar melalui pembelajaran problem posing berbasis open-ended problem. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 26–36.
Noviyanti, N., Yuniarti, Y., & Lestari, T. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Computational Thinking Siswa Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 283–293.
Nugraha, H. (2023). Improvement of Mathematical Literacy with Differentiation Learning Model. 7th International Symposium on Mathematics Education and Innovation (ISMEI 2022), 103–113.
Nurfata, A. S. B., & Pujiastuti, H. (2023). Persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika berdiferensiasi pada kurikulum merdeka. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 8(1), 10–19.
Nurjanah, A., & Saputra, D. C. (2023). Mathematical Literacy Skills: A Survey in Secondary Schools. Jambura Journal of Mathematics Education, 4(1), 35–49.
OECD. (2021). PISA 2021 MATHEMATICS FRAMEWORK.
Organization for Economic Cooperation and Development. (2019). PISA 2018 Assesment and Analytical Framework.
Panglipur, I. R. (2023). Analisis Gaya Belajar dan kemampuan Literasi Matematika Pada Tuna Rungu. Math-Edu: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 8(1), 37–46.
Poernomo, E., Kurniawati, L., & Atiqoh, K. S. N. (2021). Studi literasi matematis. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 3(1), 83–100.
Ponirin, P., Suyitno, H., & Ridlo, S. (2022). Mathematics Literacy of Class Ix Students of Smp Pelita 1 Jakarta from Learning Style and English Ability. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 11(1), 55–63.
Pratiwi, R., Waziana, W., & Anggraeni, D. (2022). APPLICATION OF WINDOWS SHOPPING IN DIFFERENTIATED LEARNING TO IMPROVE STUDENTS’MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES IN TERMS OF LEARNING STYLES. JMPA (Jurnal Manajemen Pendidikan Al-Multazam), 4(3), 113–118.
Purba, M., Purnamasari, N., Rahma, I., Elisabet, S., & Susanti, I. (2020). Kurikulum Fleksibel Sebagai Wujud Merdeka Belajar Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) NASKAH AKADEMIK.
Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy, 16(1), 34–54.
Qomari, M. N., Lestari, S. A., & Fauziyah, N. (2022). Learning Trejectory pada Pembelajaran Berdiferensiasi Materi Keliling Bangun Datar Berdasarkan Perbedaan Gaya Belajar. Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28(2), 29–41.
Rismen, S., Putri, W., & Jufri, L. H. (2022). Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 348–364.
Sakinah, M. (2021). An analysis of students’ mathematical literacy skills assessed from students’ learning style. Journal of Physics: Conference Series, 1882(1), 012075.
Samosir, E. (2022). Kemampuan Literasi Matematika: Kaitannya dengan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 4(1), 60–72.
Sari, L. D. K., & Surur, M. (2023). Efektivitas Model Pemeblajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Dengan Strategi Student Facilitator And Explaining Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 1–10.
Selan, M., Daniel, F., & Babys, U. (2020). Analisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pisa konten change and relationship. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 335–344.
Simanjuntak, J., Simangunsong, M. I., & Naibaho, T. (2021). Perkembangan matematika dan pendidikan matematika di Indonesia Berdasarkan Filosofi. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 2(2), 32–39.
Suandito, B. (2017). Bukti informal dalam pembelajaran matematika. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 13–24.
Sulistyowati, F., Istiqomah, I., Kusumaningrum, B., Kuncoro, K. S., Pramudianti, T., & Usman, A. (2021). Kemampuan Literasi Matematika Siswa dengan Gaya Belajar Kinestetik. FRAKTAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 53–62.
Syarifuddin, S., & Nurmi, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(2), 93–102.
Thomson, S., Hillman, K., & De Bortoli, L. (2013). A teacher’s guide to PISA mathematical literacy.
Tomlinson, C. A. (2001). How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms. Ascd.
Umbara, U., & Suryadi, D. (2019). Re-Interpretation of Mathematical Literacy Based on the Teacher’s Perspective. International Journal of Instruction, 12(4), 789–806.
Wahyuni, A. S. (2022). Literature review: pendekatan berdiferensiasi dalam pembelajaran ipa. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 118–126.
Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535.
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v15i2.19111
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika