Analisis kemampuan numerasi siswa pada materi aljabar

Nanik Hilmaliani

Abstract


Tujuan dari riset ini untuk mengetahui bagaimana kemampuan numerasi siswa SMA Institut Indonesia Semarang pada materi aljabar, khususnya di kelas XI. Metode riset ini memakai metode kualitatif dengan triangulasi teknik. Numerasi harus diingatkan dan didukung oleh sekolah supaya siswa mempunyai kemampuan pendidikan matematika yang maksimal. Jenis soal numerasi bermacam-macam, antara lain: pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, isian singkat, menjodohkan dan esai. Peneliti mengambil subjek dengan mempertimbangkan data tertentu, artinya subjek yang dipilih tidak secara acak namun sesuai kebutuhan. Hasil yang diperoleh 1) Siswa menyelesaikan soal pilihan ganda dengan cepat dan memenuhi tiga indikator numerasi sebesar 92,8% dari 28 siswa; 2) Siswa kurang teliti dalam menganalisis soal pilihan ganda kompleks dan siswa memenuhi dua indikator sebesar 7,1% dari 28 siswa; 3) Siswa bisa menyelesaikan soal bentuk menjodohkan dengan tersusun yang memenuhi dua indikator numerasi sebesar 75% dari 28 siswa; 4) Siswa menyelesaikan soal isian singkat dengan benar dan memenuhi tiga indikator sebesar 50% dari 28 siswa; 5) Siswa memenuhi tiga indikator dan mampu menyelesaikan soal esai dengan baik sebesar 3,5% dari 28 siswa. Kata kunci: numerasi; kemampuan numerasi; SPLTV

Full Text:

PDF

References


Andiani, D., Hajizah, M. N., & Dahlan, J. A. (2020). Analisis Rancangan

Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi Program Merdeka

Belajar. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika,

(1),

–90.

http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamath/article/view/1010/544

Anggraini, K. E., & Setianingsih, R. (2022). Analisis Kemampuan

Numerasi Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Asesmen

Kompetensi Minimum (AKM). MATHEdunesa, 11(3), 837–849.

https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p837-849

Annizar, A. M., Maulyda, M. A., Khairunnisa, G. F., & Hijriani, L. (2020).

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam

Menyelesaikan Soal PISA pada Topik Geometri. Jurnal Elemen, 6(1),

–55. https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1688

Arofa, A. N., & Ismail, I. (2022). Kemampuan Numerasi Siswa MA dalam

Menyelesaikan Soal Setara Asesmen Kompetensi Minimum pada

Konten

Aljabar.

MATHEdunesa,

(3),

https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p779-793

–793.

Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam

Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Cendekia : Jurnal

Pendidikan

Matematika,

https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1041

(1),

–483.

Gufron, A. M. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas XI

Berdasarkan Teori Belajar Sibernetik Pada Materi Sistem Persamaan

Linear Dua Varabel. Prosiding Seminar Nasional Matematika

(Sesiomadika).

Hanifah, H. (2018). Pengembangan Lembar Resitasi Siswa Materi Aljabar

Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII MTS

Ma'arif Al-Mukararrom Kauman Somoroto Ponorogo. (Doctoral

dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

Indra, K., & Rahadyan, A. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa

Kelas XI dalam Penyelesaian Soal Tipe AKM pada Pokok Bahasan

Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Didactical Mathematics, 3(2),

–91. https://doi.org/10.31949/dm.v3i2.1810

Kemendikbud. (2020). Desain Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi

Minimum. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran, Badan Penelitian Dan

Pengembangan Dan Perbukuan, Kementrian Pendidikan Dan

Kebudayaan, 1–125.

Maulidina, A. P., & Hartatik, S. (2017). Profil Kemampuan Numerasi

Siswa Sekolah Dasar Berkemampuan Tinggi Dalam Memecahkan

Masalah Matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 3(2),

–6. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD

Mutmainah, A. L., Ruswana, A. M., & Solihah, S. (2023). Kemampuan

numerasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita dengan

pokok bahasan program linear. 4(1), 191–197.

Nasrullah, Ainol, & Waluyo, E. (2022). Analisis Kemampuan Literasi dan

Numerasi dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum

(AKM) Siswa Kelas V. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(4), 262.

https://doi.org/10.32832/jpg.v3i4.8122

Pasehah, A. M., & Firmansyah, D. (2020). 2480-File Utama Naskah-7129

-10-20191212. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan

Pendidikan Matematika, 1094–1108.

Setianingsih, W. L., Ekayanti, A., & Jumadi, J. (2022). Analisis

Kemampuan Numerasi Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Tipe

Asesmen Kompetensi Minimum (Akm). AKSIOMA: Jurnal Program

Studi

Pendidikan

Matematika,

https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5915

(4),

Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Sri Cacik. (2021). Analisis Kemampuan

Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal

pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan

Science.

Jurnal

Educatio

FKIP UNMA, 7(2), 498–508.

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090

Wulandari, T. A., & Ishartono, N. (2022). Analisis Kemampuan

Representasi Matematika Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal

Geometri Berdasarkan Level Berpikir Van Hiele. JNPM (Jurnal

Nasional

Pendidikan

Matematika),

https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.5330

(1),

Yusuf, R. M. M., & Ratnaningsih, N. (2022). Analisis Kesalahan Numerasi

Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Assesmen Kompetensi

Minimum.

Jurnal

Paedagogy,

https://doi.org/10.33394/jp.v9i1.4507




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v15i2.19315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats