Pengaruh pembelajaran PBl berbasis Wordwall terhadap peningkatan kemampuan numerasi siswa kelas III
Abstract
Matematika merupakan keilmuan yang berkutat dengan angka dan hitung-menghitung. Perpaduan antara model dan media pembelajaran yang sesuai dapat memberikan peningkatan pada pemahaman dan keefektifan pelaksanaan pembelajaran matematika itu sendiri. Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui apakah pembelajaran PBL (Problem Based Learning) berbasis wordwall materi pecahan yang penulis teliti berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan numerasi siswa kelas III di UPT SDN Resapombo 1 Kabupaten Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi experimental design. Pretest and Posttest Control Grup Design dipilih sebagai desain ujicoba lapangan yang terdiri atas 2 kelompok, yakni kelompok eksperimen dan kontrol. Adapun instrumen penelitian ini yaitu tes sebagai pengukur kemampuan numerasi siswa terkait materi pecahan. Hasil penelitian ini diperoleh yaitu pada kelas eksperimen (kelompok dengan perlakuan) perolehan thitung lebih besar dari ttabel (2.405 > 2.145). Sedangkan pada kelompok kontrol (kelompok tanpa perlakuan) perolehan thitung lebih kecil dari ttabel (0.473 < 2.145). Berdasarkan ulasan tersebut, diketahui bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, dimana hasil tes kemampuan numerasi siswa terdapat perbedaan antara menggunakan pembelajaran PBL berbasis wordwall dan yang tidak. Kemampuan numerasi siswa dengan pembelajaran PBL berbasis wordwall meningkat lebih baik dibanding dengan siswa dengan pembelajaran secara konvensional.
Full Text:
PDFReferences
Alfi, C., & Perdana, K. R. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran PBL Berbasis Blended Learning Pada Mahasiswa PGSD UNU Blitar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(4), 539. https://doi.org/10.28926/briliant.v4i4.412
Alfi, C., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh pembelajaran geografi berbasis masalah dengan blended learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(4), 597–602.
Amelia, N. P., & Ma’arif, S. (2022). Pengaruh Pengguna Media Sosial Tiktok Terhadap Kemampuan Numerasi Matematika Siswa Kelas Iv Di Sd. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1201–1207. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2885
Fatih, M., & Alfi, C. (2021). Pengembangan Monopoli Karakter Berbasis Permainan Simulasi sebagai Upaya Peningkatan Kecerdasan Sosioemosi Siswa Sekolah Dasar di Kota Blitar. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 5(1), 51–62. http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/315
Han, W., & Dkk. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemdikbud. (2020). Desain Pengembangan Soal AKM (1st ed.). Pusat Asesmen Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kristina, Fatih, M., & Alfi, C. (2023). Pengembangan Media 3D Berbasis Augmented Reality Menggunakan PBL Materi Penggolongan Hewan untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa Kelas V SD. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(1), 59–72. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i1.25677
Nenohai, J. M. H., Garak, S. S., Ekowati, C. K., & Udil, P. A. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Matematika Bagi Guru Kelas Rendah Sekolah Dasar Inpres Maulafa Kota Kupang. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(2), 101–110. https://doi.org/10.47747/jnpm.v2i2.574
Simamora, Y., Simamora, M. I. T. O., & Andriani, K. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning ( Pbl ) Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Matematik Siswa Smp the Effect of Ethnomatematics-Based Problem Based Learning ( Pbl ) Models To Improve the Mathematical Numeracy Literac. 8(2), 532–538.
Sinaga, Y. M., & Soesanto, R. H. (2022). Upaya Membangun Kedisplinan melalui Media Wordwall dalam Pembelajaran Daring pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1845–1857. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.1617
Sofyan, H., & Komariah, K. (2016). Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di Smk. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 260–271. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i3.11275
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (19th ed.). CV Alfabeta.
Sukma, K. I., & Handayani, T. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Quiz Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1020–1028. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2767
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v15i2.19421
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika