Pengembangan media pembelajaran ditinjau dari modality effect untuk meningkatkan multipel representasi siswa
Abstract
Modality effect mengacu pada manfaat kognitif yang diperoleh saat informasi disampaikan melalui berbagai saluran sensorik, seperti visual dan auditori, dibandingkan dengan hanya satu saluran saja. Multipel representasi melibatkan penggunaan berbagai bentuk dan format (seperti verbal, visual matematis) yang secara positif mempengaruhi pemahaman dan pembelajaran. Penelitian berjudul "Pengembangan Media Pembelajaran Ditinjau dari Modality Effect untuk Meningkatkan Multipel Representasi Siswa” menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Populasi penelitian ini yaitu salah satu SMP Negeri Kota Semarang, sampelnya ada di kelompok kelas VII A, VII B, dan VII C. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, angket, dan tes. Analisis data melibatkan pengujian normalitas, homogenitas, anova satu arah, ketuntasan belajar dan N-Gain. Penelitian menegaskan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan valid dengan persentase validasi ahli media mencapai 94,44% dan ahli materi mencapai 89,78%, keduanya termasuk dalam kategori sangat baik. Efektivitas media pembelajaran ini terbukti melalui peningkatan signifikan dalam multipel representasi siswa yang menggunakan modality effect, dibuktikan dengan nilai yang signifikan pada uji anova (41,2372 > 3,0882), ketuntasan belajar klasikal sebesar 91,17%, dan peningkatan N-Gain sebesar 0,7162 yang signifikan. Dengan demikian, penggunaan modality effect dalam pembelajaran memiliki dampak yang signifikan terhadap kemampuan multipel representasi siswa, memfasilitasi pemahaman yang lebih baik melalui berbagai macam representasi informasi. Media ini juga dinilai praktis dengan kelayakan menurut angket siswa mencapai 81%. Secara keseluruhan, pengembangan media pembelajaran dengan mempertimbangkan modality effect terbukti valid, efektif, dan praktis dalam meningkatkan kemampuan multipel representasi siswa.
Kata kunci: modality effect; multipel representasi; pengembangan
Full Text:
PDFReferences
Afriyani, D., Sa’dijah, C., Subanji, S., & Muksar, M. (2018). Characteristics of Students’ Mathematical Understanding in Solving Multiple Representation Task based on Solo Taxonomy. International Electronic Journal of Mathematics Education, 13(3), 281–287. https://doi.org/10.12973/iejme/3920
Curry, J. H., Johnson, S., & Peacock, R. (2021). Robert Gagné and the Systematic Design of Instruction. Design for Learning, 281–291. https://edtechbooks.org/id/robert_gagn_and_systematic_design
Gall, J. P., Gall, M. D., & Borg, W. R. (2014). Applying Educational Research: How to Read, Do, and Use Research to Solve Problems of Practice. In lNew York and london. Longman publishing Inc.
Greenberg, K., Zheng, R., Gardner, M., & Orr, M. (2021). Individual differences in visuospatial working memory capacity influence the modality effect. Journal of Computer Assisted Learning, 37(3), 735–744. https://doi.org/10.1111/jcal.12519
Hutagaol, K. (2019). Strategi Multi Representasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. 02(2), 90–100.
Kusumaningsih, W., Darhim, Herman, T., & Turmudi. (2018). Improvement Algebraic Thinking Ability Using Multiple Representation Strategy On Realistic Mathematics Education. Journal on Mathematics Education, 9(2), 281–290. https://doi.org/10.22342/jme.9.2.5404.281-290
Kutbay, E., & Akpınar, Y. (2020). Investigating modality, redundancy and signaling principles with abstract and concrete representation. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 8(1), 131–145. https://doi.org/10.46328/IJEMST.V8I2.710
Lintang, A. C., Masrukan, M., & Wardani, S. (2017). PBL dengan APM untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Percaya Diri. Journal of Primary Education, 6(1), 27–34. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe
Mauliya, A. (2019). Perkembangan Kognitif pada Peserta Didik SMP (Sekolah Menengah Pertama) Menurut Jean Piaget. ScienceEdu, II(2), 86. https://doi.org/10.19184/se.v2i2.15059
Mawarinda, I., & Andayani, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Powerpoint Interaktif Berbasis Realistic Mathematic Education (Rme) Disertai Game. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 219–227. https://mail.scholar.ummetro.ac.id/index.php/emteka/article/view/1325%0Ahttps://mail.scholar.ummetro.ac.id/index.php/emteka/article/download/1325/1245
Murtianto, Y. H., & Zuhri, M. S. (2020). Multipel representasi matematis mahasiswa calon guru matematika dalam memahami konsep integral ditinjau dari kecerdasan verbal linguistik. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 296–305. https://doi.org/10.26877/aks.v11i2.6731
Niko, Wahyuni, R., & Nurhayati; (2018). Analisis Kemampuan Multi Representasi Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Teorema Phytagoras Kelas IX SMP Negeri 12 Singkawang. Journal of Educational Review and Research, 1(2), 92–99.
Nizaruddin, Muhtarom, & Murtianto, Y. H. (2017). Exploring of multi mathematical representation capability in problem solving on senior high school students. Problems of Education in the 21st Century, 75(6), 591–598. https://doi.org/10.33225/pec/17.75.591
Ollesch, J., Grünig, F., Dörfler, T., & Heidelberg, M. (2017). Teaching mathematics with multimedia-based representations-what about teachers’ competencies? Cerme 10, 3976–3983.
Permatasari, P. I., Sadijah, C., & Chandra, T. D. (2021). Analisis Kesalahan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Open-Ended Materi SMP Aritmetika Sosial. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 6(3), 527. https://doi.org/10.28926/briliant.v6i3.670
Richardo, R., & Cahdriyana, R. A. (2021). Strategi meminimalkan beban kognitif eksternal dalam pembelajaran matematika berdasarkan load cognitive theory. Humanika, 21(1), 17–32. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38228
Sari, F. F. (2022). Pembelajaran Dasar-Dasar Statistik Mengacu Pada Teori Beban Kognitif (Cognitive Load Theory) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Media Pendidikan Matematika, 10(2), 31. https://doi.org/10.33394/mpm.v10i2.6531
Sari, N. Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Software Swishmax Pada Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar A . Pendahuluan Pendidikan merupakan salah satu bidang yang terus berkembang seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi , oleh karena itu pem. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 72–83. http://103.98.176.9/index.php/aksioma/article/view/2907/2199
Sholihah, D. A. (2022). Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Cognitive Load Theory untuk Meminimalkan Extraneous Cognitive Load. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 13–23. https://doi.org/10.46918/equals.v5i1.1197
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Widodo, S. A., & Wahyudin. (2018). Selection of Learning Media Mathematics for Junior School Students. Turkish Online Journal of Educational Technology - TOJET, 17(1), 154–160. https://eric.ed.gov/?id=EJ1165728
Winarso, W., & Haqq, A. A. (2019). Psichological disposition of student; Mathematics anxiety vesus happines learning on the level education. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 2(1), 19–25. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v2i1.32
Yuliardi, R. (2017). Analisis Terhadap Kesulitan Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Aspek Psikologi Kognitif. Diponegoro Journal of Accounting, 2(1), 2–6. http://i-lib.ugm.ac.id/jurnal/download.php?dataId=2227%0A???%0Ahttps://ejournal.unisba.ac.id/index.php/kajian_akuntansi/article/view/3307%0Ahttp://publicacoes.cardiol.br/portal/ijcs/portugues/2018/v3103/pdf/3103009.pdf%0Ahttp://www.scielo.org.co/scielo.ph
Zakaria, M. H., Rakhmawati, N. D., Endahwuri, D., & Wibisono, A. (2023). Numeracy Literacy Skills of Introverted and Extroverted Students in Solving Linear Program Problems. Hipotenusa : Journal of Mathematical Society, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v5i1.9029
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v15i2.19800
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika