Pengembangan mobile edukasi dengan pendekatan kontekstual pada materi aljabar untuk meningkatkan berpikir kritis siswa MTs
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran, yaitu Mobile edukasi pada materi aljabar menggunakan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan berpikir kritis siwa dengan mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian yang digunakan Research and Development. Dalam penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE, dengan lima tahap: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas VII MTs Negeri 1 Semarang. Hasil yang didapatkan yaitu, Mobile Edukasi dinyatakan: (1) Valid dalam penggunaan menurut ahli media dengan persentase 87% sedangkan untuk ahli materi, pada materi pembelajaran mendapatkan persentase 97,43%, modul ajar mendapatkan persentase 93,45%, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) mendapatkan persentase 95,58%, dan soal pre-test dan post-test mendapatkan persentase 92,5% masuk pada kategori “sangat Baik”. (2) Praktis digunakan menurut respond siswa dengan persentase 81,48% sedangkan hasil respon guru pelajaran, mendapatkan persentase 80% masuk dalam kategori “Sangat Baik”. (3) Efektif digunakan dengan rerata hasil belajar siswa dalam kemampuan berpikir kritis di kelas eksperimen berada pada persentase 73.81% dan terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis.
Kata kunci: mobile edukasi, pengembangan, media pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Agustan, S. 2016. “Usage of Contextual Approach to Increase Student’s Understanding in Learning Mathematics.” 118–22.
Andriani, Parhaini. 2015. “PENALARAN ALJABAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA.” 5(2):124–48.
Anggoro, Bambang Sri. 2015. “Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solvin Guntuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa.” Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika 6(2):121–30. doi: 10.24042/ajpm.v6i2.25.
Borg, Walter R dan Gall, Meredith D. 2014. “Educational Research, Fourth Edition. Longman Inc.”
Budiana. 2019. “PEMANFAATAN MOBILE EDUKASI SEBAGAI STRATEGI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.” 3(1):249–70.
Cahyadi, Rahmat Arofah Hari. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model.” Halaqa: Islamic Education Journal 3(1):35–42. doi: 10.21070/halaqa.v3i1.2124.
Fadliani, Citra, Nahot Frastian, and Eddy Saputra. 2020. “Perancangan Aplikasi Sistem Inventori Produk Fast Moving Consumer Goods ( FMCG ) Pada Pt . Cipta Niaga Semesta Tebet – Jakarta Selatan Berbasis Java.” JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Managenemt, Accounting and Research) 4(3):60–66.
Jawale, Damini S., Dkk. 2015. Android Based PC Remote Control Using Wi-Fi. International Journal of Computer Science and Mobile Computing.
Jumaida, Jumaida, Supriadi Supriadi, Hari Antoni Musri, and Riri Okra. 2022. “Perancangan Media Pembelajaran Menggunakan APP Inventor Pada Mata Pelajaran Pemograman Dasar Kelas X SMKN 4 Payakumbuh.” Intellect : Indonesian Journal of Learning and Technological Innovation 1(2):187–204. doi: 10.57255/intellect.v1i2.170.
Kaleiloglu, F., & Gulbahar, Y. 2014. “The Effect of Instructional Techniques on Critical Thinking Disposition in Online Discussion. Educational Technology & Society.” 17(1):248—258.
Komariah, Siti, Huri Suhendri, and Arif Rahman Hakim. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Siswa SMP Berbasis Android.” JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) 4(1):43. doi: 10.30998/jkpm.v4i1.2805.
Kurnia, Tia Dwi, Cica Lati, Habibah Fauziah, and Agus Trihanton. 2019. “Model ADDIE Untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D.” Seminar Nasional Pendidikan Matematika 1(1):516–25.
Lintang, Anggit Cahya, Masrukan, and Sri Wardani. 2017. “PBL Dengan APM Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Sikap Percaya Diri.” Journal of Primary Education 6(1):27–34.
M.Ardiansyah. 2020. “Pemanfaatan Aplikasi KAHOOT! Sebagai Media Pembelajaran Matematika Kreatif.” Malaysian Palm Oil Council (MPOC) 21(1):1–9.
Marsuki, Muhammad Fajar, Nassa Amrilizia, and Habiddin. 2021. “Literature Study: E-Modules Based on Contextual Teaching and Learning (Ctl) As the Main Solution To Improving Critical Thinking Ability.” Jurnal Pembelajaran Sains VOLUME 5(2).
Nisa, Annisa, Zubaidah Amir MZ, and Rian Vebrianto. 2021. “Problematika Pembelajaran Matematika Di SD Muhammadiyah Kampa Full Day School.” El-Ibtidaiy:Journal of Primary Education 4(1):95. doi: 10.24014/ejpe.v4i1.11655.
Novayani, Wenda, Heni Rachmawati, and Irwan Hasbi. 2023. “Jurnal Politeknik Caltex Riau Design Game Mobile Edukasi Bina Diri Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita.” 9(1):1–10.
Octavyanti, Ni Putu Liana, and I. Gusti Agung Ayu Wulandari. 2021. “Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD.” Jurnal Edutech Undiksha 9(1):66–74. doi: 10.23887/jeu.v9i1.32223.
Pramuditya, Lalu Calvian, Supandi Supandi, and Aryo Andri Nugroho. 2019. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Aljabar.” Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 1(6):279–86. doi: 10.26877/imajiner.v1i6.4854.
Prof. Dr. Sugiyono. 2015. METODE PENELITIAN PENDIIDKAN (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&d). Bandung: ALFABETA, CV.
Sari, Novi Yulya. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Software Swishmax Pada Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar A . Pendahuluan Pendidikan Merupakan Salah Satu Bidang Yang Terus Berkembang Seiring Dengan Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi , Oleh Karena Itu Pem.” AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 9(2):72–83.
Septyani, Ratri, Agus Salim, Rosida Rakhmawati, and Rubhan Masykur. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Modul Bilingual Bergambar Berbasis Kewirausahaan Pada Aritmetik Sosial.” Journal of Mathematics Education and Science 2(1):1–9. doi: 10.32665/james.v2i1.46.
Seung, Y. C. 2008. Foundations of Instructional and Performance Technology.
Sirait, J. V., Bukit, N., & Sirait, M. 2016. “DEVELOPMENT SCIENTIFIC INQUIRY BASED TEACHING MATERIALS ON DYNAMIC FLUIDS TO IMPROVE OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 5(1), Juni 2021 33 STUDENTS ACHIEVEMENT.” 5(1):7.
Suarniati, N. W., Hidayah, N., & Handarini, M. D. 2018. “The Development of Learning Tools to Improve Students’ Critical Thinking Skills in Vocational High School. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science.” 175 (1).
Sugandi, Asep Ikin, and Martin Bernard. 2018. “Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa Smp.” Jurnal Analisa 4(1):172–78. doi: 10.15575/ja.v4i1.2364.
Suprihatiningsih, Siti, and Pradipta Annurwanda. 2019. “Pengembangan Modul Matematika Berbasis Masalah Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.” Jurnal Karya Pendidikan Matematika 6(1):57. doi: 10.26714/jkpm.6.1.2019.57-63.
Syafira, Dina, Nurina Happy, Lilik Ariyanto, and Gusnandar Yoga. 2024. “Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Pembelajaran Matematika Berbasis STEM Melalui Kegiatan STEM Camp.” AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 15(1):39–54.
Wartono, et al. 2018. “2018. How Are The Physics Critical Thinking Skills of The Students Taught by Using Inquiry-Discovery Through Empirical and Theorithical PRISMA 2019, Vol. Error! Unknown Document Property Name., 854-861 Dian Nafisa, Wardono 861 Overview?. Eurasia Journal O.” 14(2):691–97.
Wasahua, S. 2021. “Konsep Pengembangan Berpikir Kritis Dan Berpikir Kreatif Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” Horizon Pendidikan 16(2):72–82.
Widyatiningtyas, R., Kusumah, Y. S., Sumarmo, U., & Sabandar, J. 2015. “The Impact of Problem-Based Learning Approach to Senior High School Students’ Mathematics Critical Thinking Ability. Indonesian Mathematical Society Journal on Mathematics Education,.” 6(2):30–38.
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v15i2.19863
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika