Pengembangan E-LKPD berbasis problem based learning pada materi statistika di fase e SMA Negeri 10 Kabupaten Tebo
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemanfaatan teknologi yang masih kurang pada bahan ajar, yang sesuai tuntutan kurikulum merdeka yang menuntut peserta didik berpikir kritis dan belajar mandiri, sehingga membuat peserta didik kesulitan memahami materi pembelajaran matematika, khususnya materi statistika. Penelitian ini betujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis problem based learning pada materi statistika di Fase E SMA Negeri 10 Kabupaten Tebo. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi, lembar praktikalitas dan pedoman wawancara. Hasil uji validitas E-LKPD berbasis problem based learning, diperoleh sebesar 92,9% dengan kategori sangat valid. Nilai praktikalitas yang diujikan kepada guru mata pelajaran matematika sebesar 94,4% dengan kategori sangat praktis dan nilai praktikalitas dengan peserta didik sebesar 87,4% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis problem based learning pada materi statistika di Fase E SMA Negeri 10 Tebo valid dan praktis.
Full Text:
PDFReferences
Aslam, F. (2023). Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Trigonometri Berilustrasi STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. 14(2).
Dari, W. W., Aima, Z., & Mardiyah, A. (2021). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Metode Daring terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Adabiah Padang. AKSIOMA; Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(3), 346–359.
Firma Kholifahtus, Y., & Aguk Wardoyo, A. (2021). Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Pendidikan Dasar E-ISSN:, Volume V, 143–151.
Husni, W., Rismen, S., & Rahmi. (2021). Validitas E-Modul Berbasis Problem Based Learning Materi Ukuran Penempatan. 8, 291–303.
Khoirurrijal, Fadriati, S., Makrufi, A. D., Gandi, S., Muin, A., Tajeri, Fakhrudin, A., Hamdani, & Suprapno. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka.
Kumalasari, O. D., & Julianto. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Ilmu Pengetahuan Alam Berbantu Website Wizer . me Materi Energi Alternatif Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 9(07), 2827–2837.
Masriani, M., HN, W., Fujiandi, S., & Alam, S. (2024). Pengembangan media pembelajaran papan faktorisasi berbasis Braille untuk siswa tunanetra SLB - A Yapti Makassar. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 14(3), 402–416.
Najma, S. (2022). Pengembangan Pocket Book Math Berbasis dengan Pendekatan Matematika Realistik dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(3), 499–511.
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, Volume 2 N.
Rahmi, R., Febriana, R., & Farras Wani, H. (2020). Implementation of Lesson Study and Problem Based Learning Model on Mathematics Learning Independence. Sriwijaya International Journal of Lesson Study, 1(1), 9–18.
Rifa’i, A. (2021). Pengaruh model PBL terhadap kemampuan pemahaman matematis ditinjau dari KAM siswa. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(1), 60–68.
Rohman, R., Syaifudin, S., & Astiswijaya, N. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing Di SMA Negeri 14 Palembang. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 5(2), 165–173.
Safitri, E., & Suherman. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Bebasis Problem Based Learning (PBL) Pada Topik Progran Linear Untuk Kelas XI SMA. Edukasi dan Penelitian Matematika, 10(4), 52–55.
Yolanda, M., B., N. A. Y., & Siagian, T. (2019). Efektivitas Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Konstektual di SMP Negeri 13 Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 3(3), 353–361.
Zulyadaini. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Coop-Coop dengan Konvensional. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 16(1), 153–158.
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v15i2.20042
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika