Menumbuhkan mathematical creativity mahasiswa berdasarkan modifikasi bahar & maker’s theory melalui penerapan pembelajaran DBL

mujiasih mujiasih

Abstract


Tumbuhnya mathematical creativity mahasiswa, diawali dengan tumbuhnya kemampuan dalam berpikir dan menemukan (discovery) suatu solusi soal matematika. Dengan demikian, model pembelajaran Discovery Based Learning (DBL) yang disesuaikan dengan kondisi kelas, merupakan model pembelajaran yang dipandang tepat untuk mendukung tumbuhnya mathematical creativity mahasiswa. Mathematical creativity juga perlu ditumbuhkan melalui open ended problems yang bersifat fluency dan flexibility. Namun demikian, belum banyak perkuliahan yang secara khusus dilakukan untuk menumbuhkan mathematical creativity berdasarkan modifikasi Bahar & Maker’s theory, sehingga perlu dilakukan penelitian dengan tujuan mengetahui : (1) tahapan dan penerapan modifikasi Bahar & Maker’s theory untuk menumbuhkan mathematical creativity, (2) sintaks model DBL sebagai penunjang tumbuhnya mathematical creativity, dan (3) bentuk soal open ended sebagai pengungkap dalam menumbuhkan mathematical creativity mahasiswa berdasarkan Bahar & Maker’s theory. Penelitian ini dilakukan melalui metode kualitatif dengan analisis data meliputi : reduksi data, penyajian data, interpretasi data, dan penarikan kesimpulan, dengan hasil sebagai berikut : (1) tahapan dan penerapan modifikasi Bahar & Maker’s theory untuk menumbuhkan mathematical creativity  yaitu : menerapkan DBL, membiasakan mahasiswa mengerjakan soal open ended, pemberian tes, dan analisis hasil tes. (2) tahapan sintaks DBL sebagai penunjang tumbuhnya mathematical creativity, adalah dengan melaksanakan materi perkuliahan, diskusi dalam kegiatan penemuan melalui soal open ended, dan paparan hasil diskusi. (3) soal open ended yang digunakan sebagai pengungkap dalam menumbuhkan mathematical creativity mahasiswa berdasarkan modifikasi Bahar & Maker’s theory adalah soal open ended yang bersifat fluency dan flexibility yang dikerjakan secara terperinci/elaborasi.

Full Text:

PDF

References


Bahar, A. Kadir. & Maker, C. June. (2011). Exploring the Relationship between Mathematical Creativity and Mathematical Achievement. Asia-Pacific Journal of Gifted and Talented Education, 3(1), 33 – 48.

Daeka, Dalud., Budiyono, & Sujadi, Imam. (2014). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS) ditinjau dari Kreativitas Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Pacitan. Jurnal Pembelajaran Matematika, 2(3), 301 – 311.

Mahmudi, Ali. (2008). Mengembangkan Soal Terbuka (Open Ended Problem) dalam Pembelajaran Matematika. Presented at the National Seminar of Mathematics and Mathematics Education that Conducted by Department of Mathematics Education – FMIPA UNY Yogyakarta, November 28, 2008

Mann, Eric L. (2005). Mathematical Creativity and School Mathematics : Indicators of Mathematical Creativity in the Middle School Students. Diakses dari https://opencommons.uconn.edu/dissertations/AAI3205573/

Mann, Eric L. (2006). Creativity : The Essence of Mathematics. Journal for the Education of the Gifted, 30(2), 236 – 260.

Miles, Matthew. & Huberman, A. Michael. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta : UI Press.

Moleong, Lexy L. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Silver, E. (1997). Fostering Creativity through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Problem Possing. Diakses dari https://www.emis.de/journals/ZDM/zdm973a3.pdf

Suyitno, Hardi., & Suyitno, Amin. (2015). The Emergence of Student Mathematical Creativity through Graph Theory Learning Based on NEA (a case study on student at Unnes-Indonesia). Presented at the International Seminar at Sanata Dharma University, Yogyakarta, September 15, 2015

Takashi, A. (2006). Communication as Process for Students to Learn Mathematical. Diakses dari http://www.criced.tsukuba.ac.jp/math/apec/apec2008/papers/PDF/14.Akihiko_Takashi_USA.pdf.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats