Proses Sistematisasi dalam Pembuktian Matematika
Abstract
Mahasiswa sebagai calon guru harus memiliki kemampuan dalam melakukan pembuktian matematis. Kemampuan tersebut berfungsi untuk meyakinkan seseorang akan suatu rumus ataupun teorema. Semakin tinggi kemampuan mahasiswa dalam melakukan pembuktian akan berdampak pada peningkatan keterampilan pembuktian matematika siswa. Secara umum metode pembuktian yang dikenal oleh siswa adalah pembuktian secara langsung dan tidak langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam melakukan pembuktian ditinjau dari proses sistematisasi. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam melakukan pembuktian matematis. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang dijelaskan secara deskriptif menunjukkan bahwa kemampuan pembuktian mahasiswa ditinjau dari proses sistematisasi masih lemah, mahasiswa belum memahami perbedaan antara rumus, definisi, teorema ataupun sifat. Selain itu, mahasiswa juga belum mengaitkan definisi, sifat, ataupun teorema yang relevan dengan pembuktian yang dilakukan. Akibatnya mahasiswa menyelesaikan soal dengan cara coba-coba. Salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut yaitu kurangnya latihan dalam mengerjakan soal yang berbasis pembuktian matematika.
Full Text:
pdfReferences
Brunner, E., & Reusser, K. (2019). Type of mathematical proof: personal preference or adaptive teaching behavior? ZDM - Mathematics Education, 51(5), 747–758.
Hatip, A. (2019). Pembelajaran Matematika di Era Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 896–906.
Herizal, H., Suhendra, S., & Nurlaelah, E. (2019). The ability of senior high school students in comprehending mathematical proofs. Journal of Physics: Conference Series, 1157(2), 1–6.
Hernadi, J. (2013). Metoda Pembuktian dalam Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1).
Hodiyanto. (2017). Analisis Kesalahan Mahasiswa Semester V dalam Mengerjakan Soal Pengantar Analisis Real. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(1), 33–44.
Machmud, T. (2019). Bukti dan Pembuktian Dalam Pengajaran Matematika di Sekolah Menengah. Jurnal Inovasi, 6(2), 183–193.
Maslahah, F. N. (2019). Analisis Kemampuan Pembuktian, Kemampuan Berfikir Kreatif dan Self-Efficacy Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Aljabar Abstrak Di Yogyakarta. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.
Minggi, I., Paduppai, D., & Assagaf, S. F. (2016). Penyebab Kesulitan Mahasiswa dalam Pembuktian Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, 19(1), 18–2.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics.
Noto, M. S., Priatna, N., & Dahlan, J. A. (2019). Mathematical proof: The learning obstacles of pre-service mathematics teachers on transformation geometry. Journal on Mathematics Education, 10(1), 117–126.
Nurhidayah, N., Rosjanuardi, R., & Nurlaelah, E. (2019). Investigating 10th grade students’ understanding of the structure of deductive proof. Journal of Physics: Conference Series, 1157, 1–5.
Rahman, A. A., & Yunita, A. (2018). Penerapan Modul Pembelajaran PACE untuk Menignkatkan Kemampuan Pembuktian Matematika Siswa di Kelas VII SMP Materi Geometri. Maju, 5(1), 27–38.
Salsabila, E., Ratnaningsih, R., & Hadi, I. (2016). Pembekalan Pemahaman Metode Pembuktian Matematika dan Penerapan Strategi Abduktif-Deduktif Untuk Mengembangkan Kemampuan Membuktikan Konsep Aljabar Abstrak Pada Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNJ. Jurnal Matematika Integratif.
Suyitno, A. (2010). Sistem deduktif aksiomatis dalam matematika dan matematika sekolah. Aksioma, 1(2), 1–13.
Syafri, F. S. (2017). Kemampuan representasi matematis dan kemampuan pembuktian matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 49–55.
Tanisli, D. (2016). How Do Students Prove Their Learning and Teachers Their Teaching? Do Teachers Make a Difference? Eurasian Journal of Educational Research, (66), 47–70.
Thompson, D. R., Senk, S. L., & Johnson, G. J. (2012). Opportunities to learn reasoning and proof in high school mathematics textbooks. Journal for Research in Mathematics Education, 43(3), 253–295.
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v11i1.5207
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika