Design Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Stem (Science, Technology, Engineering, Mathematics)

Eva Susanti, Haris Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lintasan belajar siswa pada materi pelajaran matematika pola bilangan berdasarkan pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan STEM (science, Technology, Engineering, mathematics). Penelitian ini merupakan penelitian design research yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu : preliminary design, design experiment,  retrospective analysis. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas VIII.7 SMP Negeri 27 Palembang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi, wawancara, rekaman video, foto, dan lembar aktivitas siswa. Semua data dikumpulkan dan dianalisis secara retrospective yang beracuan pada HLT (Hypothetical Learning Trajectory). Hasil analisis data menyimpulkan bahwa peneltian ini telah menghasilkan lintasan belajar materi pola bilangan kelas VIII yang valid dan reliable. Validitas tergambar dari HLT dan trackability. Dan reabilitas dilihat dari triangulasi data yang dilihat dari catatan lapangan, lembar observasi, dan rekaman video. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa lintasan belajar materi pola bilangan model pembelajaran PjBL pendekatan STEM membuat aktivitas pembelajaran siswa lebih aktif dan antusias, mengajak siswa untuk kreatif dalam berkreasi, aktif dalam berdiskusi, dan siswa memiliki kemampuan komunikasi presentasi atas hasil kerja kelompoknya menyelesaikan tugas proyek.

Full Text:

pdf

References


S. Winarni; Juniaty; Zubaidah, siti ; Koes, “STEM : Apa, Mengapa, dan Bagaimana,” in Prosiding Semnas Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 2016, pp. 976–984.

R. W. Bybee, The Case for STEM Education : Challenges and Opportunities. Arlington: National Science Teachers Association (NSTA) Press, 2013.

B. Hermawan, “Mendikbud : Pelajaran Matematika masih dianggap menakutkan,”diakses 8 mei 2018. Republika.

M. Rais, S. Pd, and I. Pembelajaran, “Project-Based Learning : Inovasi Pembelajaran yang Berorientasi Soft skills Disajikan Sebagai Makalah Pendamping dalam Seminar Nasional Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya Project-Based Learning :,” 2010.

D. L. Rush, “Integrated STEM Education Trough Project BAsed Learning,” Learning.com, 2010.

S. Handayani, R. Ilma, and I. Putri, “Pemanfaatan Lego pada Pembelajaran Pola Bilangan,” no. 2010, pp. 21–32.

A. et all, “Educatin Design Research.” London : Routledge Taylor and Francis Group.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v11i1.5292

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats