Kemampuan berpikir kreatif pada Model Learning Cycle 5E ditinjau dari metakognisi siswa
Abstract
Salah satu tujuan dalam pembelajaran merupakan mengembangkan keterampilan berpikir kreatif pada siswa. Berpikir kreatif merupakan kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki siswa karena berpikir kreatif sebagai kunci dari proses berpikir baik dari merancang, memecahkan masalah, melakukan perubahan maupun melakukan perbaikan serta memperoleh gagasan baru. Anak yang kreatif ditandai dengan selalu ada rasa ingin tahu, memiliki minat yang luas atau besar, cukup mandiri dan anak tersebut memiliki rasa percaya diri. Sifat tersebut juga dimiliki oleh seseorang yang memiliki metakognisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif ditinjau dari metakognisi siswa pada model pembelajaran learning cycle 5E. Metode yang digunakan adalah metode campuran. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-postest only. Hasil peneltian adalah model pembelajaran learning cycle 5E meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif relatif tinggi, ia akan menemukan beberapa cara atau alternatif untuk menyelesaikan jawaban dari masalah yang di cari dan berbeda dengan siswa lain. Jika siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif relatif sedang, siswa akan menemukan cara mirip dengan apa yang sudah dijelaskan oleh guru atau teman sebayanya. Berbeda halnya jika siswa yang memiliki kemampuan berpikir relatif kurang, siswa akan mengikuti cara yang telah dijelaskan atau alternatif yang telah ada atau tersedia dalam buku.
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Z., dkk. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Poirtofolio (PMBP) Pada Siswa Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan atematika, Vol 2(1), 79- 102.
Agustiana, I. G. A. T., Agustini, R., Ibrahim, M., & Tika, I. N. (2020). Efektivitas Model OPPEMEI untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Journal of Education Technology, 4(2), 150-160.
Alfian, M. H., & Dwijanto, S. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Probing- Prompting Dengan Strategi Scaffolding Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Rasa Ingin Tahu. UJME., 6, 2.
Arifah, N., Asikin, M., & Dwijanto, D. (2021). Students’ Mathematics Creative T hinking Skills Reviewed by Habits of Mind on Probing-Prompting Learning with Open-Ended Approach. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 10(A), 42-47.
Arista, E. D. W., & Mahmudi, A. (2020). Kemampuan berpikir kreatif matematis dalam penyelesaian soal open-ended jenis PISA berdasarkan level sekolah. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1).
Arvianto, I. R., & Ginting, M. (2020). Bahan ajar berbasis keunggulan lokal untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 6(2), 204-214.
Asmara, A. S., & Junaedi, I. (2018). Trend Paradigma dalam Pendidikan Matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 309-314.
Busyairi, A., & Sinaga, P. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Model IdeationExplanation Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Pemecahan Masalah. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 57-63.
Faturohman, I., & Afriansyah, E. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Creative Problem Solving. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 107- 118.
Gisbtarani, J. I., & Rianasari, V. F. (2021). Analysis of Creative Thinking Abilities of Prospective Mathematics Teachers in Solving and Posing Quadrilateral Open-ended Problems. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 4(1), 26-37.
Hasanah, M., & Haerudin, H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII SMP Pada Materi Statistika.MAJU:Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1).
Heriyanto, H., Zaenuri, Z., & Walid, W. (2020, February). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah menegah pertama. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 3, pp. 587-590).
Hidayat, R. A., Abidin, Z., & Fuady, A. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat ditinjau dari Metakognitif Peserta Didik di SMKN 1 Kraksaan. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 15(33).
Juniarso, T. (2020). Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan BerpikirKreatif Mahasiswa. ELSE (Elementary School Education Journal):Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 36-43.
Kolin, M., Krusack, E.B., Stombaugh, A., Stow, R., and Brenner, G.H. (2011).“Designing “Learning” Lessons for the University Classroom.”Diunduh dari
www.worcestes.edu/Currents/Archieves/Volume_4_Number_1/CUR RENTSV4N 1KolisP34.pdf. pada tanggal 3 Juni 2018
Magelo, C., Hulukati, E., & Djakaria, I. (2020). Pengaruh model pembelajaran open- ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik ditinjau dari motivasi belajar. Jambura Journal of Mathematics, 2(1), 15-21.
Novianti, D., & Hidayat, W. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa MTS Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(6), 595- 604. DOI 10.22460/jpmi.v3i6.595-604.
Noviyana, Nurhadiah. (2017). Analisis Kesulitan Memahami KonsepMatematis ditinjau dari Metakognisi Siswa. Lampung : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika.
Nugroho, A. A., Nizaruddin, N., Dwijayanti, I., & Tristianti, A. (2020). Exploring students' creative thinking in the use of representations in solving mathematical problems based on cognitive style. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 5(2), 202-217.
Nugroho, A. M., Wardono, W., Waluyo, S. B., & Cahyono, A. N. (2019, February). Kemampuan Berpikir Kreatif ditinjau dari Adversity Quotient pada Pembelajaran TPACK. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 40-45).
Nurhikmayati, I., & Sunendar, A. (2020). Pengembangan Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1- 12.
Noviyani Florentina, Leonard, 2017, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Teknik, atematika, dan IPA, Universitas Indraprasta PGRI, Jurnal Formatif 7(2): 96-106, 2017, ISSN: 2088-351X, hal. 98.
Sanusi, A. M., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Menggunakan Education Game Berbantuan Android pada Barisan dan Deret. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 511-520.
Setiyani, S. (2020). Pendekatan Problem Posing Terhadap Kemampuan BerpikirMatematis Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 1-12.
Sholihah, U. (2016). Membangun Metakognitif Siswa dalam Memecahkan Masalah. Dalam Ta’allum [Online], Vol 4(1), 18 Halaman. Tersedia: https://media.neliti.com [21 Juni 2020]
Siregar, R. N., Mujib, A., Siregar, H., & Karnasih, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 56-62.
Suciati, R. D., Maulida, D., Tartilah, T. N., & Iskandar, R. S. F. (2021). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Saintika Unpam: Jurnal Sains dan Matematika Unpam, 3(2), 136- 149.
Sugiharto, B., Malinda, E. R., Rosyadi, I., Anggini, M. D., Padmi, N. R. C., & Evendi, R. (2021). Differences in Creative Thinking Abilities of High School Students from Village and City. Jurnal Penelitian Pendidikan PA, 7(1), 21-25.
Susanti, E. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Mamtematis Ditinjau Dari Self-regulation Dalam Pembelajaran Model Elicting Activities Asesmen Unjuk Kinerja (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Trowbridge, L. W., & Bybee, R. W. (1996). Teaching secondary school science: Strategies for developing scientific literacy. Simon & Schuster Books For Young Readers.
Widana, I. W., & Septiari, K. L. (2021). Kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar matematikasi swa menggunakan model pembelajaran Project-Based Learning berbasis pendekatan STEM. Jurnal Elemen, 7(1), 209-220.
Zakiah, N. E., Fatimah, A. T., & Sunaryo, Y. (2020). Implementasi roject-Based Learning Untuk Mengeksplorasi Kreativitas Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 285-293.
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v12i3.8462
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika